Baca

Yeremia 21:1-14

Allah Menolak Permohonan Raja Zedekia

21:1 Firman yang datang kepada Yeremia dari TUHAN ketika Raja Zedekia mengutus Pasyhur, anak Malkia dan Imam Zefanya, anak Maaseya, kepada Yeremia, katanya,

21:2 “Tolong tanyakan petunjuk TUHAN bagi kami karena Nebukadnezar, raja Babel, berperang melawan kami. Mungkin TUHAN akan bertindak bagi kami menurut seluruh perbuatan-Nya yang ajaib sehingga Nebukadnezar akan mundur dari kita.”

21:3 Kata Yeremia kepada mereka, “Katakanlah kepada Zedekia seperti ini:

21:4 beginilah firman TUHAN, Allah Israel, ‘Ketahuilah, Aku akan membalikkan senjata-senjata perang yang ada di tanganmu, yang kamu gunakan untuk berperang melawan Raja Babel dan melawan orang-orang Kasdim, yang mengepungmu di luar tembok, dan Aku akan mengumpulkan mereka ke tengah-tengah kota ini.

21:5 Aku sendiri akan berperang melawan kamu dengan tangan terentang dan lengan yang kuat, bahkan dalam kemarahan dan kegeraman, dan dalam murka yang sangat besar.

21:6 Aku akan memukul penghuni kota ini, baik manusia maupun binatang. Mereka akan mati karena penyakit sampar yang mengerikan.

21:7 Sesudah itu,’ firman TUHAN, ‘Aku akan menyerahkan Zedekia, raja Yehuda, dan para pelayannya, dan rakyatnya, dan orang-orang yang terluput dari penyakit itu, pedang, dan kelaparan di kota ini ke tangan Nebukadnezar, raja Babel, dan ke tangan musuh-musuh mereka dan ke tangan orang-orang yang ingin membunuh mereka, dan dia akan memukul mereka dengan mata pedang. Dia tidak akan menyayangkan mereka, berbelas kasihan, ataupun merasa iba.’

21:8 Sementara kepada bangsa ini, kamu harus berkata, ‘beginilah firman TUHAN: Ketahuilah, Aku menempatkan di hadapanmu jalan kehidupan dan jalan kematian.

21:9 Dia yang tetap tinggal di kota ini akan mati oleh pedang, oleh kelaparan, dan oleh penyakit sampar. Akan tetapi, dia yang keluar dan menyerah kepada orang-orang Kasdim yang mengepungmu akan hidup, dan hidupnya akan menjadi seperti barang jarahan baginya.

21:10 Sebab, Aku telah menghadapkan wajah-Ku terhadap kota ini untuk mencelakakan, dan bukan untuk kebaikan,’ firman TUHAN. ‘Kota ini akan diberikan ke tangan Raja Babel, dan dia akan membakarnya dengan api.’

21:11 Kepada keluarga Raja Yehuda katakan, ‘Dengarkanlah firman TUHAN,

21:12 hai keluarga Daud, beginilah firman TUHAN, lakukanlah keadilan setiap pagi, dan lepaskanlah dari tangan penindasnya orang yang telah dirampok, jika tidak, murka-Ku akan meluap seperti api dan membakar tanpa seorang pun dapat memadamkannya karena jahatnya perbuatan-perbuatanmu.’”

21:13 “Lihatlah, Aku melawanmu, hai penghuni lembah, gunung batu di dataran,” firman TUHAN, “hai kamu yang berkata, ‘Siapa yang akan turun menyerang kami, atau siapa yang akan memasuki tempat tinggal kami?’

21:14 Namun, Aku akan menghukummu menurut buah dari perbuatan-perbuatanmu,” firman TUHAN, “dan Aku akan menyalakan api di hutannya, yang akan menghabiskan semua yang ada di sekitarnya.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Perang Nebukadnezar

Isi Pasal

Pesan untuk Raja Zedekia. Pembuangan Babel diramalkan.

Garis Besar

21:1 Zedekia mengirim orang kepada Yeremia untuk menanyakan perihal perang dengan Nebukadnezar.
21:3 Yeremia meramalkan penyerbuan yang keras dan pembuangan yang menyedihkan.
21:8 Dia menasihati orang-orang untuk menyerahkan diri kepada Kasdim;
21:11 dan mencela keluarga Raja.

Judul Perikop

Pembuangan raja Zedekia diberitahukan (21:1-10)
Nubuat melawan raja Yehuda (21:11--22:9)

Tokoh

Allah, Yeremia, Zedekia, Pasyhur, Zefanya, Nebukadnezar.

Nama dan Tempat

Allah, Babel, Daud, Israel, Kasdim, Maaseya, Malkia, Nebukadnezar, Pasyhur, TUHAN, Yehuda, Yeremia, Zedekia, Zefanya

Kesimpulan

Jika Allah di pihak kita, tidak akan ada yang bisa melawan kita, namun jika Dia melawan kita, siapa yang bisa memihak kita? Allah kita adalah api yang menghanguskan, dan sekali Dia marah karena dosa manusia, tidak seorang pun yang dapat bertahan terhadap tatapan-Nya.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Yeremia 20-21 (Yeremia 20:1--21:14)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Yeremia (Yeremia)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!