Baca

1 Tawarikh 19:1-19

Peperangan Melawan Keturunan Amon dan Orang Aram

19:1 Sesudah itu, Nahas, raja keturunan Amon, mati dan anaknya memerintah sebagai penggantinya.

19:2 Daud berkata, “Aku akan menunjukkan kebaikan kepada Hanun, anak Nahas, sebab ayahnya telah menunjukkan kebaikannya kepadaku.” Daud mengirim utusan untuk menghibur Hanun karena kematian ayahnya. Pegawai-pegawai Daud sampai di negeri keturunan Amon, lalu menghadap Hanun untuk menghiburnya.

19:3 Namun, pemuka-pemuka keturunan Amon berkata kepada Hanun, “Apakah menurut anggapanmu Daud hendak menghormati ayahmu karena dia mengirim penghibur kepadamu? Bukankah para pegawainya datang kepadamu untuk menyelidiki, mengintai, dan menghancurkan negeri ini?”

19:4 Hanun menangkap pegawai-pegawai Daud dan mencukur janggut mereka. Hanun juga memotong pakaian mereka di bagian tengah sampai pangkal paha, lalu mengusir mereka.

19:5 Beberapa orang pergi dan memberi tahu Daud mengenai orang-orang itu. Daud mengutus orang untuk menemui mereka, sebab orang-orang itu merasa sangat malu. Raja berkata, “Tinggallah di Yerikho sampai janggutmu tumbuh lagi, lalu kembalilah.”

19:6 Ketika orang Amon menyadari bahwa mereka telah membuat diri mereka dibenci oleh Daud, Hanun dan orang Amon mengirim seribu talenta perak untuk menyewa kereta dan pasukan berkuda dari Aram-Mesopotamia, dari Aram-Maakha, dan dari Zoba.

19:7 Mereka menyewa 32.000 kereta dan raja negeri Maakha dengan tentaranya yang datang dan berkemah di dekat Medeba. Orang-orang Amon berkumpul dari kota-kota mereka dan datang untuk berperang.

19:8 Ketika Daud mendengar hal ini, dia mengirim Yoab dan seluruh tentara pahlawannya.

19:9 Keturunan Amon maju dan mengatur barisan perangnya di depan pintu gerbang kota, sementara raja-raja yang telah datang berada terpisah di tanah terbuka.

19:10 Yoab melihat bahwa medan pertempuran itu ada di depan dan di belakangnya. Jadi, dia memilih beberapa orang terbaik Israel dan mengatur barisan mereka untuk melawan orang Aram.

19:11 Pasukan selebihnya dia tempatkan di bawah pimpinan Abisai, adiknya. Lalu, mereka mengatur barisannya untuk melawan keturunan Amon.

19:12 Yoab berkata, “Jika orang Aram itu terlalu kuat bagiku, kamu harus datang membantuku, tetapi jika keturunan Amon itu terlalu kuat bagimu, aku akan datang membantumu.

19:13 Jadilah kuat dan marilah menunjukkan keberanian kita untuk bangsa kita dan untuk kota-kota Allah kita. Kiranya TUHAN melakukan yang baik menurut pandangan-Nya.”

19:14 Yoab dan tentara yang bersamanya maju berperang melawan orang Aram sehingga orang-orang itu melarikan diri dari hadapannya.

19:15 Ketika keturunan Amon melihat bahwa orang Aram melarikan diri, mereka juga lari dari hadapan Abisai, adik Yoab, dan masuk ke dalam kota. Sesudah itu, Yoab kembali ke Yerusalem.

19:16 Orang Aram menyadari bahwa mereka telah dikalahkan oleh Israel. Jadi, mereka mengirim utusan-utusan dan memanggil keluar orang Aram di seberang Sungai Efrat. Mereka dipimpin oleh Sofakh, panglima tentara Hadadezer.

19:17 Ketika hal itu diberitahukan kepada Daud, dia mengumpulkan seluruh orang Israel dan menyeberangi Sungai Yordan. Dia mendatangi mereka dan mengatur barisannya melawan mereka. Setelah Daud mengatur barisan perangnya untuk menghadapi orang Aram itu, mereka bertempur melawan Daud.

19:18 Orang Aram itu lari dari hadapan orang Israel. Daud menewaskan 7.000 pengendara kereta kuda dan 40.000 orang pasukan berjalan kaki. Dia juga menewaskan Sofakh, panglima tentara itu.

19:19 Ketika hamba-hamba Hadadezer melihat bahwa mereka sudah dikalahkan oleh Israel, mereka membuat perjanjian damai dengan Daud dan menjadi hambanya. Setelah itu, orang Aram tidak mau lagi membantu keturunan Amon.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Utusan/Pembawa pesan Daud diperlakukan dengan hina

Isi Pasal

Perang bani Amon-orang Aram.

Garis Besar

19:1 Para utusan Daud, yang dikirim untuk menghibur Hanun, anak Nahas, diperlakukan dengan keji.
19:6 Orang Amon, diperkuat oleh orang Aram, dikalahkan oleh Yoab dan Abisai.
19:16 Sofakh, yang memberikan pesediaan kepada orang Aram, dibunuh oleh Daud.

Judul Perikop

Daud berperang melawan bani Amon dan orang Aram (19:1-19)

Tokoh

Allah, Daud, Yoab, Abisai, Hanun, Sofakh, Hadadezer.

Nama dan Tempat

Abisai, Allah, Amon, Aram, Aram-Maakha, Aram-Zoba, Daud, Efrat, Hadadezer, Hanun, Israel, Maakha, Medeba, Nahas, Sofakh, TUHAN, Yerikho, Yerusalem, Yoab, Yordan

Kesimpulan

Mereka yang merancangkan hal buruk sendiri cenderung cemburu dan menduga yang buruk dari orang lain tanpa sebab, namun hati yang demikian pertanda kehancuran. Yang benar akan menang pada akhirnya.

Fakta

ay. 19. Kiranya mereka yang dalam kesia-siaan menentang Kristus menjadi bijaksana dan berpihak kepada-Nya dengan segera sementara mereka sedang di tengah jalan.

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Tawarikh 18-19 (1 Tawarikh 18:1--19:19)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Alkitab Video Bergambar: 1Tawarikh 19 (1Tawarikh 19)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!