Baca

1 Tawarikh 21:1-30

Daud Berdosa karena Menghitung Orang Israel

21:1 Iblis bangkit melawan Israel. Dia membujuk Daud untuk menghitung orang Israel.

21:2 Daud berkata kepada Yoab dan kepada para pemuka rakyatnya, “Pergilah dan hitunglah orang Israel dari Bersyeba sampai Dan. Bawalah hasil penghitungannya kepadaku supaya aku tahu jumlah mereka.”

21:3 Yoab berkata, “Kiranya TUHAN menambah jumlah umat-Nya seratus kali lipat, ya Tuanku Raja. Bukankah mereka semua adalah hamba-hamba Tuanku? Mengapa Tuanku menghendaki hal ini? Mengapa orang Israel harus menanggung kesalahan karena hal ini?”

21:4 Namun demikian, perkataan raja harus diikuti oleh Yoab. Jadi, Yoab pergi menjelajahi seluruh Israel dan kembali ke Yerusalem.

21:5 Yoab menyerahkan hasil penghitungan rakyat itu kepada Daud. Di seluruh Israel, ada 1.100.000 orang yang dapat menyandang pedang, dan di Yehuda ada 470.000 orang yang dapat menyandang pedang.

21:6 Dia tidak mengikutkan orang Lewi dan Benyamin dalam penghitungan, sebab perintah raja itu dianggap keji oleh Yoab.

21:7 Perintah itu pun jahat dalam pandangan Allah sehingga Dia memukul Israel.

Allah Menghukum Israel

21:8 Daud berkata kepada Allah, “Aku berdosa besar karena melakukan hal ini. Sekarang, aku mohon, jauhkanlah kesalahan hamba-Mu ini, sebab perbuatanku ini sangat bodoh.”

21:9 TUHAN berfirman kepada Gad, pelihat Daud, katanya,

21:10 “Pergilah dan katakanlah kepada Daud, ‘Inilah firman TUHAN: Aku menawarkan tiga hal kepadamu, pilihlah salah satu di antaranya untuk Kulakukan kepadamu.’”

21:11 Gad datang kepada Daud, lalu berkata, “Inilah firman TUHAN: Kamu harus memilih:

21:12 apakah tiga tahun kelaparan, atau tiga bulan dihancurkan di hadapan musuh-musuhmu sementara pedang musuh mengalahkanmu, atau tiga hari pedang TUHAN berupa penyakit sampar di tanah ini dan malaikat TUHAN melakukan pemusnahan di seluruh wilayah Israel. Sekarang, pikirkanlah jawaban apa yang harus kusampaikan kepada Dia yang mengutus aku.”

21:13 Daud berkata kepada Gad, “Hatiku sangat sedih. Biarlah aku jatuh ke dalam tangan TUHAN, sebab belas kasih-Nya sangat besar, tetapi janganlah aku jatuh ke dalam tangan manusia.”

21:14 Jadi, TUHAN mendatangkan penyakit sampar atas Israel sehingga 70.000 orang Israel mati terbunuh.

21:15 Kemudian, Allah mengutus malaikat ke Yerusalem untuk memusnahkannya. Ketika malaikat itu akan memusnahkan kota itu, TUHAN melihat dan menyesal atas malapetaka itu. TUHAN berkata kepada malaikat pemusnah itu, “Cukup! Sekarang, turunkan tanganmu!” Pada saat itu, malaikat TUHAN sedang berdiri di dekat tempat pengirikan Ornan, orang Yebus.

21:16 Daud memandang ke atas dan melihat malaikat TUHAN berdiri di antara bumi dan langit dengan pedang terhunus di tangannya ke atas Yerusalem. Lalu, Daud dan para tua-tua sujud dengan mengenakan kain kabung.

21:17 Daud berkata kepada Allah, “Bukankah aku yang telah menyuruh menghitung rakyat? Akulah yang telah berdosa dan melakukan kejahatan. Namun, domba-domba ini, apakah yang telah mereka lakukan? Ya TUHAN, Allahku, biarlah tangan-Mu melawan aku dan kaum keluargaku, tetapi janganlah tulah itu menimpa umat-Mu.”

Mazbah Pembakaran Kurban Didirikan

21:18 Lalu, malaikat TUHAN menyuruh Gad memberitahukan kepada Daud bahwa Daud harus pergi dan mendirikan mazbah bagi TUHAN di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu.

21:19 Daud pergi sesuai dengan perkataan Gad yang dia ucapkan dalam nama TUHAN.

21:20 Pada saat itu, Ornan sedang mengirik gandum. Ornan berpaling dan melihat malaikat itu. Keempat anaknya yang ada bersamanya menyembunyikan diri.

21:21 Daud datang kepada Ornan, dan ketika Ornan memandang dan melihat Daud, dia keluar dari tempat pengirikan dan sujud di depan Daud dengan mukanya menghadap tanah.

21:22 Daud berkata kepada Ornan, “Berikanlah tempat pengirikan ini supaya aku dapat mendirikan mazbah bagi TUHAN di sini. Berikanlah kepadaku dengan harga penuh agar tulah ini berhenti menimpa rakyat.”

21:23 Ornan berkata kepada Daud, “Ambillah, dan biarlah Tuanku Raja melakukan apa yang baik di matanya. Lihatlah, aku akan memberikan sapi untuk kurban bakaran, alat pengirik untuk kayu bakar, dan gandum untuk kurban sajian. Aku memberikan semuanya.”

21:24 Namun, Raja Daud berkata kepada Ornan, “Tidak, aku akan membelinya dengan harga penuh. Aku tidak akan mengambil kepunyaanmu untuk TUHAN ataupun mempersembahkan kurban bakaran secara cuma-cuma.”

21:25 Daud memberikan emas seberat enam ratus syikal kepada Ornan untuk membeli tempat itu.

21:26 Daud mendirikan mazbah bagi TUHAN di sana dan mempersembahkan kurban bakaran dan kurban pendamaian. Dia berseru kepada TUHAN, dan TUHAN menjawabnya dengan menurunkan api dari langit ke atas mazbah kurban bakaran itu.

21:27 Kemudian, TUHAN memerintahkan malaikat-Nya agar dia memasukkan kembali pedangnya ke dalam sarungnya.

21:28 Pada waktu itu, Daud melihat bahwa TUHAN telah menjawabnya di tempat pengirikan Ornan, orang Yebus itu, maka dia mempersembahkan kurban di tempat itu.

21:29 Sebab, pada waktu itu, Tenda Suci TUHAN yang Musa dirikan di padang gurun dan mazbah kurban bakaran berada di bukit pengurbanan di Gibeon.

21:30 Namun, Daud tidak dapat pergi ke sana untuk mencari petunjuk Allah karena dia takut kepada pedang malaikat TUHAN.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Tulah berhenti

Isi Pasal

Dosa Daud dalam menghitung orang Israel. Sanggahan Yoab yang setia. Pilihan hukuman Daud.

Garis Besar

21:1 Daud, dibujuk oleh Setan, memaksa Yoab untuk menghitung orang Israel.
21:5 Jumlah orang Israel diberitahukan, Daud menyesalinya.
21:9 Daud diperhadapkan dengan tiga tulah yang ditawarkan oleh TUHAN, dan memilih sakit sampar.
21:14 Setelah tujuh puluh ribu orang mati, melalui pertobatan Daud terhindarlah pemusnahan Yerusalem.
21:18 Daud, sesuai petunjuk Gad, membeli tempat pengirikan Onan; di sana mendirikan mezbah, TUHAN memberikan tanda perkenanan-Nya dengan api, dan tulah pun dihentikan.
21:28 Daud memberikan persembahan di sana, tidak berani ke Gibeon karena takut kepada malaikat TUHAN.

Judul Perikop

Pendaftaran dan hukuman (21:1-17)
Mezbah didirikan dekat YerusalemTulah berhenti (21:18--22:1)

Tokoh

Allah, Setan, Daud, Yoab, Gad, Ornan, malaikat (Yesus).

Nama dan Tempat

Allah, Benyamin, Bersyeba, Dan, Daud, Gad, Gibeon, Iblis, Israel, Kemah Suci, Lewi, Musa, Ornan, TUHAN, Yebus, Yehuda, Yerusalem, Yoab

Kesimpulan

Allah tidak menghukum dosa seperti kita. Apa yang tampak bagi manusia hanyalah pembelaan yang kecil bisa merupakan dosa besar menurut Allah yang mengetahui dasar manusia, menjadi pemilah pikiran dan maksud hati. Penghakiman-Nya sesuai dengan kebenaran.

Fakta

Jika kita berbuat dosa, hal yang paling aman untuk dilakukan adalah lari kepada Kristus, yang adalah mezbah dan korban, karena melalui Dia saja ada harapan untuk memenangkan kembali sukacita keselamatan yang ingin sekali mendapatkan perkenan Allah.

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Tawarikh 20-21:13 (1 Tawarikh 20:1--21:13)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Alkitab Video Bergambar: 1Tawarikh 21 (1Tawarikh 21)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Jika musuh datang melawan Israel, dan Daud ingin tahu berapa banyak orang dalam pasukannya. (1Taw 21:1,2)
  • Dia mengatakan bahwa hal itu akan membuat Israel menjadi bersalah (1Taw 21:3)
  • Dia pergi dan melaporkan kembali jumlah laki-laki yang mampu berperang. (1Taw 21:4,5)
  • Allah merasa hal itu jahat dan menghukum Israel. (1Taw 21:7)
  • Dia merasa bersalah karena mengirim Yoab untuk menghitung tentara. (1Taw 21:8)
  • TUHAN menawarkan kepadanya tiga pilihan. (1Taw 21:9,10)
  • Daud bisa memilih di antara tiga tahun kelaparan, tiga bulan dicari oleh musuh-musuhnya, atau tiga hari pedang TUHAN (1Taw 21:11,12)
  • Dia memilih tiga hari pedang TUHAN. (1Taw 21:13)
  • TUHAN mengirim wabah dan banyak orang mati. TUHAN mengirim malaikat untuk menghancurkan Yerusalem, tetapi TUHAN menyesalinya. (1Taw 21:14,15)
  • Dia mengaku dan meminta agar Allah menghukum dia dan keluarganya, tetapi tidak menghukum umat Allah. (1Taw 21:16,17)
  • Dia harus membangun mezbah untuk TUHAN. (1Taw 21:18,19)
  • Dia dan keempat anaknya menyembunyikan diri dari malaikat itu. (1Taw 21:20)
  • Dia meminta Ornan untuk menjual tempat pengirikan itu kepadanya. (1Taw 21:21,22)
  • Dia menawarkan untuk memberinya tempat pengirikan, lembu, dan gandum. (1Taw 21:23,24)
  • TUHAN menjawabnya dengan api dari langit turun ke atas mezbah dan menyuruh malaikat itu untuk menyingkirkan pedangnya. (1Taw 21:25,26,27)
  • Daud takut pada pedang malaikat TUHAN (1Taw 21:29,30)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!