Baca

1 Tawarikh 22:1-19

22:1 Daud berkata, “Inilah bait TUHAN, Allah, dan inilah mazbah kurban bakaran orang Israel.”

Persiapan Pembangunan Bait TUHAN

22:2 Daud memberi perintah untuk mengumpulkan orang-orang asing yang ada di tanah Israel. Dari antara mereka, dia menetapkan tukang-tukang untuk memahat batu-batu pahat bagi pembangunan bait Allah.

22:3 Daud menyediakan besi dalam jumlah berlimpah untuk paku-paku pada daun pintu gerbang dan engselnya, tembaga dalam jumlah besar yang tidak tertimbang beratnya,

22:4 dan kayu aras yang tidak terbilang banyaknya. Sebab, orang Sidon dan orang Tirus membawa banyak kayu aras bagi Daud.

22:5 Daud berkata, “Salomo, anakku, masih muda dan kurang berpengalaman, sedangkan bait yang akan dibangun bagi TUHAN harus luar biasa besar, masyhur, dan mulia di seluruh negeri. Itulah sebabnya, aku akan membuat persiapan untuk itu.” Lalu, Daud membuat banyak persiapan sebelum kematiannya.

22:6 Daud memanggil Salomo, anaknya, dan memerintahkannya untuk membangun bait TUHAN, Allah Israel.

22:7 Daud berkata kepada Salomo, “Anakku, tadinya aku berniat untuk membangun bait bagi nama TUHAN, Allahku.

22:8 Namun, firman TUHAN datang kepadaku, demikian, ‘Kamu telah menumpahkan banyak darah dan melancarkan peperangan besar. Kamu tidak boleh membangun bait bagi namaku karena kamu telah menumpahkan banyak darah ke tanah di hadapan-Ku.

22:9 Sesungguhnya, seorang anak laki-laki akan lahir bagimu. Dia akan menjadi seorang yang dikaruniai keamanan dari semua musuh di sekelilingnya. Namanya adalah Salomo. Aku akan mengaruniakan kedamaian dan ketenangan atas Israel pada zamannya.

22:10 Dialah yang akan membangun bait bagi nama-Ku. Dia akan menjadi anak-Ku dan aku akan menjadi Bapanya. Aku akan mengukuhkan takhta kerajaannya atas Israel sampai selama-lamanya.’”

22:11 “Sekarang, anakku, kiranya TUHAN menyertai kamu sehingga kamu berhasil membangun bait TUHAN, Allahmu, seperti yang Dia firmankan mengenai kamu.

22:12 Semoga TUHAN memberimu kebijaksanaan dan pengertian supaya ketika Dia memerintahkanmu memimpin Israel, kamu sanggup memegang teguh Taurat TUHAN, Allahmu.

22:13 Kamu akan berhasil jika kamu melakukan dengan cermat ketetapan-ketetapan dan hukum-hukum yang TUHAN perintahkan kepada Musa mengenai Israel. Jadilah kuat dan berani. Jangan takut dan jangan berkecil hati.

22:14 Lihatlah, dengan jerih payah, aku menyediakan bagi bait TUHAN 100.000 talenta emas, 1.000.000 talenta perak, serta tembaga dan besi yang tidak tertimbang karena begitu banyak jumlahnya. Aku juga menyediakan kayu-kayu dan batu-batu yang harus kamu tambahkan.

22:15 Selain itu, kamu memiliki banyak pekerja, yaitu pemahat-pemahat batu, tukang-tukang batu dan kayu, serta para ahli dalam segala jenis pekerjaan

22:16 emas, perak, tembaga, dan besi yang tidak terhitung banyaknya. Bangkit dan bertindaklah, kiranya TUHAN menyertai kamu!”

22:17 Kemudian, Daud memerintahkan seluruh pembesar Israel untuk membantu Salomo, anaknya, dengan berkata,

22:18 “Bukankah, TUHAN, Allahmu, menyertaimu dan mengaruniakan keamanan kepadamu di seluruh penjuru? Dia telah menyerahkan penduduk tanah ini ke dalam tanganku sehingga tanah ini takluk di hadapan TUHAN dan di hadapan umat-Nya.

22:19 Sekarang, arahkanlah hati dan jiwamu untuk mencari TUHAN, Allahmu. Bangkitlah dan bangunlah tempat kudus bagi TUHAN, Allah, supaya Tabut Perjanjian TUHAN dan perlengkapan kudus Allah dapat dibawa masuk ke dalam bait yang dibangun bagi nama TUHAN.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Persiapan untuk (mendirikan) Bait Suci

Isi Pasal

Bahan-bahan dipersiapkan untuk Bait Suci. Daud memerintahkan Salomo sesuai janji Allah. Para pembesar ditugaskan untuk membantu Salomo.

Garis Besar

22:1 Daud, menetapkan tempat bait suci, mempersiapkan sangat banyak untuk keperluan membangunnya.
22:6 Dia memberi perintah kepada Salomo sesuai janji TUHAN, dan tugasnya mendirikan bait suci.
22:17 Dia memberi tugas kepada para pembesar untuk memberi bantuan kepada anaknya.

Judul Perikop

Persiapan untuk mendirikan Bait Suci (22:2-19)

Tokoh

Allah, Daud, Salomo.

Nama dan Tempat

Allah, Daud, Israel, Musa, Salomo, Sidon, Taurat, Tirus, TUHAN

Kesimpulan

Tidak ada yang lebih berkuasa untuk memasukkan kita dalam pelayanan apapun untuk Allah daripada untuk mengetahui bahwa dengan ini kita ditetapkan oleh Allah. Dimana Allah memberikan keamanan Dia mengharapkan pekerjaan (ay. 9-10) karena itu marilah kita dikuatkan/disegarkan untuk pelayanan Kristen.

Fakta

Segala hal tentang bait suci haruslah agung dan bagus sekali, menjadi gambar Kristus yang di dalamnya segala kepenuhan berdiam dan di dalamnya tersimpan semua harta kekayaan.

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Tawarikh 21:14-22:9 (1 Tawarikh 21:14--22:9)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Alkitab Video Bergambar: 1Tawarikh 22 (1Tawarikh 22)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Dia memerintahkan mereka untuk menemukan orang asing yang tinggal di tanah Israel dan memberi mereka pekerjaan sebagai tukang batu untuk membangun rumah Allah. (1Taw 22:1,2)
  • Dia menyediakan sejumlah besar besi, perunggu, dan kayu aras. (1Taw 22:3,4,5)
  • TUHAN memberi tahu Daud bahwa dia bukanlah orang yang akan membangun rumah itu karena semua darah yang telah ditumpahkan. (1Taw 22:6,7,8)
  • Dia akan memberinya kedamaian dari semua musuhnya di setiap sisi, dan akan mengokohkan kerajaan Salomo atas Israel selamanya. (1Taw 22:9,10)
  • Dia menyuruh Salomo untuk secara saksama mematuhi ketetapan dan keputusan yang TUHAN berikan kepada Musa menyangkut Israel. (1Taw 22:13)
  • Dia menyuruh Salomo untuk menambahkan lebih banyak lagi. (1Taw 22:14)
  • Dia menyuruh Salomo untuk berdiri dan membangun tempat kudus Allah TUHAN. (1Taw 22:19)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!