Baca

Yohanes 21:1-25

Yesus Menampakkan Diri kepada Tujuh Murid-Nya

21:1 Kemudian, Yesus menampakkan diri-Nya lagi kepada murid-murid-Nya di dekat Danau Tiberias. Dia menampakkan diri-Nya dengan cara sebagai berikut:

21:2 Simon Petrus, Tomas yang disebut Didimus, Natanael dari Kana di Galilea, anak-anak Zebedeus, dan dua murid yang lain sedang berkumpul.

21:3 Simon Petrus berkata kepada mereka, “Aku akan pergi menangkap ikan.” Mereka berkata kepadanya, “Kami akan pergi bersamamu.” Mereka pergi ke luar dan naik ke perahu, tetapi malam itu, mereka tidak menangkap apa-apa.

21:4 Ketika subuh menjelang, Yesus berdiri di pantai, tetapi murid-murid tidak tahu bahwa itu adalah Yesus.

21:5 Dia berkata kepada mereka, “Anak-anak, apakah kamu memiliki ikan?” Mereka menjawab, “Tidak.”

21:6 Dia berkata kepada mereka, “Tebarkanlah jalamu ke sebelah kanan perahu, dan kamu akan mendapat.” Kemudian, mereka menebarkan jala, tetapi tidak dapat menariknya ke dalam perahu karena banyaknya ikan.

21:7 Oleh sebab itu, murid yang dikasihi Yesus berkata kepada Petrus, “Itu Tuhan!” Ketika Simon Petrus mendengar bahwa itu Tuhan, dia mengenakan pakaiannya karena dia melepaskan bajunya saat bekerja, dan terjun ke dalam danau.

21:8 Murid-murid yang lain datang dengan perahu dan menarik jala yang penuh dengan ikan. Sebab, mereka tidak jauh dari darat, jaraknya kira-kira 200 hasta.

21:9 Ketika mereka sampai di darat, mereka melihat bara api dengan ikan yang terletak di atasnya dan juga roti.

21:10 Yesus berkata, “Bawalah beberapa ekor ikan yang baru saja kamu tangkap.”

21:11 Simon Petrus naik ke perahu dan menarik jala yang penuh dengan ikan besar itu ke darat, jumlahnya 153 ekor. Meskipun ikan itu begitu banyak, jalanya tidak robek.

21:12 Yesus berkata kepada mereka, “Mari dan makanlah.” Tidak satu pun dari murid-murid itu berani bertanya kepada-Nya, “Siapakah Engkau?” karena mereka tahu bahwa Dia adalah Tuhan.

21:13 Yesus datang dan mengambil roti itu serta memberikannya kepada mereka. Demikian juga dilakukan-Nya dengan ikan itu.

21:14 Inilah ketiga kalinya Yesus menampakkan diri kepada para murid-Nya sesudah Dia dibangkitkan dari antara orang mati.

Yesus Meminta Petrus Menggembalakan Domba-Domba-Nya

21:15 Sesudah mereka selesai makan, Yesus berkata kepada Simon Petrus, “Simon, anak Yohanes, apakah kamu mengasihi Aku lebih daripada semua ini?” Petrus menjawab, “Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Kemudian, Yesus berkata kepadanya, “Gembalakanlah domba-domba-Ku!”

21:16 Yesus berkata lagi untuk kedua kalinya kepadanya, “Simon, anak Yohanes, apakah kamu mengasihi Aku?” Petrus menjawab, “Benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau.” Yesus berkata kepadanya, “Gembalakanlah domba-domba-Ku!”

21:17 Yesus berkata kepadanya untuk ketiga kalinya, “Simon, anak Yohanes, apakah kamu mengasihi Aku?” Hati Petrus menjadi sedih karena Yesus bertanya untuk ketiga kalinya, “Apakah kamu mengasihi Aku?” Lalu, Petrus berkata kepada-Nya, “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu. Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau!” Yesus berkata kepadanya, “Gembalakanlah domba-domba-Ku!

21:18 Aku mengatakan yang sesungguhnya kepadamu, saat kamu muda, kamu sendiri yang mengikat pinggangmu dan berjalan ke mana pun kamu mau; tetapi saat kamu menjadi tua, kamu akan merentangkan tanganmu dan orang lain akan mengikat pinggangmu, dan membawamu ke tempat yang tidak kamu ingini.”

21:19 Yesus mengatakan hal ini untuk menunjukkan dengan kematian seperti apakah Petrus akan memuliakan Allah. Dan, setelah mengatakan hal itu, Dia berkata kepada Petrus, “Ikutlah Aku!”

Apa yang akan Terjadi dengan Murid yang Sangat Dikasihi Yesus?

21:20 Petrus menoleh dan melihat murid yang sangat dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka. Dia adalah murid yang duduk dekat dada Yesus pada perjamuan malam dan bertanya, “Tuhan, siapakah orang yang akan mengkhianati Engkau itu?”

21:21 Ketika melihat dia, Petrus bertanya kepada Yesus, “Tuhan, bagaimana dengan dia?”

21:22 Yesus menjawab, “Seandainya Aku mau dia tetap hidup sampai Aku datang kembali, apa urusanmu? Kamu, ikutlah Aku!”

21:23 Kemudian, perkataan Yesus ini tersebar di antara saudara-saudara itu bahwa murid itu tidak akan mati, padahal Yesus tidak mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan mati, melainkan hanya berkata, “Seandainya Aku mau dia tetap hidup sampai Aku datang kembali, apa urusanmu?”

21:24 Dialah murid yang bersaksi mengenai semuanya ini, dan telah menuliskan semuanya ini, dan kita tahu bahwa kesaksiannya itu benar.

21:25 Masih ada banyak hal lain lagi yang telah Yesus lakukan, yang jika dituliskan satu per satu, aku rasa seluruh dunia ini pun tidak akan cukup untuk semua kitab yang harus ditulis itu.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kristus menampakkan diri kepada murid-muridNya

Isi Pasal

Kristus yang bangkit mengejutkan murid-murid-Nya dan mengarahkan ketika mereka menangkap ikan. Petrus diberi kesempatan untuk meneguhkan lagi kesetiaannya kepada Kristus.

Garis Besar

21:1 Kristus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya yang diketahui mereka dari tangkapan ikan yang sangat banyak.
21:12 Dia makan bersama mereka;
21:15 sungguh-sungguh menyuruh Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya;
21:18 menubuatkan tentang kematiannya;
21:22 menegur keingintahuannya tentang Yohanes.
21:24 Kesimpulan.

Judul Perikop

Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias (21:1-14)
Gembalakanlah domba-domba-Ku (21:15-19)
Murid yang dikasihi Yesus (21:20-23)
Kata penutup (21:24-25)

Tokoh

Yesus, murid-murid, Petrus, Tomas, Yohanes.

Nama dan Tempat

Allah, Didimus, Galilea, Kana, Natanael, Petrus, Simon, Tiberias, Tomas, Tuhan, Yesus, Yohanes, Zebedeus

Kesimpulan

Di dalam kekecewaan-kekecewaan itu yang bagi kita sangat mendukakan, Tuan kita sering memiliki rencana yang sangat penuh anugerah. Mereka bahagia dan berhasil dalam pekerjaan mereka yang tahu bagaimana mendapat petunjuk dari Dia, karena tidak ada yang rugi tetapi mendapatkan banyak keuntungan dengan mengikuti perintah-Nya. Sebelum Kristus menyerahkan domba-domba-Nya ke dalam pemeliharaan kita, Dia mau menguji kasih di hati kita kepada-Nya. Jika kita mau menguji apakah kita adalah murid-murid yang sejati, marilah bertanya kepada diri kita sendiri, "Apakah kita sungguh-sungguh mengasihi Yesus?"

Fakta

ay. 25. Kebenaran tentang Yesus Kristus tidak akan pernah habis. Yesus tidak pernah mengucapkan perkataan ataupun hal-hal yang sia-sia. Dia melakukan mungkin ribuan mujizat yang tidak pernah kita catat. Semua itu berguna karena keselamtan kita dituliskan. Kekekalan akan mengungkapkan keajaiban tentang hidup Anak Allah.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yohanes 21 (Yohanes 21:1-25)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Lumo: Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias (Yohanes 21:1-14)

Playlist:

LUMO
FILM YOHANES
THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!