Baca

Yohanes 20:1-31

Kabar tentang Kebangkitan Yesus (Mat. 28:1-10; Mrk. 16:1-8; Luk. 24:1-12)

20:1 Pada hari pertama minggu itu, ketika hari masih gelap, Maria Magdalena pergi ke kubur dan melihat batu penutup kubur telah digeser dari kubur itu.

20:2 Karena itu, dia berlari dan menemui Simon Petrus dan murid lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka, “Mereka telah mengambil Tuhan dari kubur, dan kami tidak tahu di mana mereka meletakkan-Nya.”

20:3 Kemudian, Petrus dan murid yang lain itu pergi ke kubur.

20:4 Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat daripada Petrus sehingga dia sampai lebih dahulu ke kuburan.

20:5 Dia melongok dan melihat ke dalam, dan melihat kain linen pembungkus mayat Yesus tergeletak di sana, tetapi dia tidak masuk ke dalam.

20:6 Kemudian, Simon Petrus datang, menyusul dia, dan masuk ke kuburan. Dia melihat kain linen pembungkus tergeletak di sana.

20:7 Kain penutup wajah yang membalut kepala Yesus tidak tergeletak bersama kain linen pembungkus tadi, tetapi sudah tergulung di tempat yang berbeda.

20:8 Kemudian, murid yang lain tadi, yang lebih dahulu sampai ke kubur itu, juga masuk. Dia melihat dan percaya.

20:9 Sebab, sebelum kejadian itu, mereka belum mengerti Kitab Suci, bahwa Yesus harus bangkit kembali dari kematian.

Yesus Menampakkan Diri kepada Maria Magdalena (Mrk. 16:9-11)

20:10 Jadi, kedua murid itu pulang ke rumah.

20:11 Akan tetapi, Maria berdiri di luar kuburan dan menangis. Sambil menangis, dia melongok ke dalam kuburan itu,

20:12 dan dia melihat dua malaikat berpakaian putih sedang duduk di tempat mayat Yesus dibaringkan sebelumnya. Yang satu duduk di bagian kepala dan yang satunya di bagian kaki.

20:13 Kedua malaikat itu bertanya kepada Maria, “Perempuan, mengapa kamu menangis?” Maria menjawab malaikat itu, “Mereka telah mengambil mayat Tuhanku, dan aku tidak tahu di mana mereka meletakkan Dia.”

20:14 Sesudah mengatakan demikian, Maria menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi tidak tahu kalau itu adalah Yesus.

20:15 Yesus bertanya kepadanya, “Perempuan, mengapa kamu menangis? Siapakah yang kamu cari?” Karena mengira Dia adalah penjaga taman, Maria berkata kepada-Nya, “Tuan, jika Tuan telah memindahkan-Nya, beritahulah aku di mana Tuan telah meletakkan-Nya, dan aku akan mengambil-Nya.”

20:16 Yesus berkata kepadanya, “Maria.” Maria pun berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani, “Rabuni”, yang artinya “Guru”.

20:17 Yesus berkata kepadanya, “Janganlah kamu memegang Aku karena Aku belum pergi kepada Bapa. Akan tetapi, pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakan kepada mereka, ‘Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.’”

20:18 Maria Magdalena pergi dan memberi tahu murid-murid, “Aku telah melihat Tuhan,” dan bahwa Yesuslah yang telah mengatakan hal-hal ini kepadanya.

Yesus Menampakkan Diri kepada Murid-Murid-Nya (Mat. 28:16-20; Mrk. 16:14-18; Luk. 24:36-49)

20:19 Ketika hari itu sudah malam, yaitu hari pertama dalam minggu itu, dan pintu-pintu tempat para murid berkumpul tertutup karena mereka takut kepada orang-orang Yahudi, Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah mereka serta berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!”

20:20 Sesudah mengatakan demikian, Yesus menunjukkan tangan dan lambung-Nya kepada mereka. Para murid sangat bersukacita ketika mereka melihat Tuhan.

20:21 Kemudian, Yesus berkata kepada mereka lagi, “Damai sejahtera bagi kamu. Sama seperti Bapa telah mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.”

20:22 Dan, setelah Dia mengatakan demikian, Yesus mengembusi mereka dan berkata, “Terimalah Roh Kudus!

20:23 Jika kamu mengampuni dosa seseorang, dosa orang itu diampuni. Jika ada orang yang dosa-dosanya tidak kamu ampuni, dosa mereka tidak diampuni.”

Yesus Menampakkan Diri kepada Tomas

20:24 Tomas, salah seorang dari kedua belas murid, yang disebut Didimus, tidak ada bersama mereka ketika Yesus datang.

20:25 Karena itu, murid-murid yang lain memberi tahu dia, “Kami telah melihat Tuhan.” Namun, Tomas berkata kepada mereka, “Kecuali aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan memasukkan jariku ke dalam bekas paku itu, serta memasukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, aku tidak akan percaya.”

20:26 Delapan hari kemudian, murid-murid kembali berkumpul di rumah itu, dan Tomas ada bersama mereka. Meskipun pintu-pintu tertutup, Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah mereka, serta berkata, “Damai sejahtera bagi kamu!”

20:27 Kemudian, Dia berkata kepada Tomas, “Ulurkanlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku; dan ulurkanlah tanganmu ke sini dan letakkan di lambung-Ku. Jangan tidak percaya, tetapi percayalah!”

20:28 Tomas menjawab Yesus, “Ya, Tuhanku dan Allahku!”

20:29 Yesus berkata kepadanya, “Apakah kamu sekarang percaya karena kamu telah melihat Aku? Diberkatilah mereka yang tidak melihat, tetapi percaya.”

Tujuan Yohanes Menulis Kitab Ini

20:30 Masih banyak tanda ajaib lain yang dilakukan Yesus di depan murid-murid-Nya, yang tidak tertulis dalam kitab ini.

20:31 Akan tetapi, semua ini ditulis supaya kamu percaya bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah, dan supaya melalui kepercayaanmu itu, kamu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kebangkitan Kristus

Isi Pasal

Kebangkitan Kristus.

Garis Besar

20:1 Maria datang ke kubur;
20:3 demikian juga Petrus dan Yohanes, tidak tahu tentang kebangkitan.
20:11 Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena,
20:19 dan kepada murid-murid-Nya.
20:24 Keraguan dan pengakuan Tomas.
20:30 Kitab Suci cukup untuk keselamatan.

Judul Perikop

Kebangkitan Yesus (20:1-10)
Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena (20:11-18)
Yesus menampakkan diri kepada murid-murid-Nya (20:19-23)
Yesus menampakkan diri kepada Tomas (20:24-29)
Maksudnya Injil ini dicatat (20:30-31)

Tokoh

Maria Magdalena, Petrus, Yohanes, dua malaikat, Yesus, murid-murid, Tomas.

Nama dan Tempat

Allah, Anak Allah, bahasa Ibrani, Didimus, Ibrani, Kitab Suci, Magdalena, Maria, Maria Magdalena, Mesias, Petrus, Roh Kudus, Simon, Tomas, Tuhan, Yahudi, Yesus

Kesimpulan

Dia yang memberikan nyawa-Nya sebagai tebusan mendapatkan kembali nyawa-Nya melalui kuasa Allah yang ajaib, membuktikan diterimanya pengorbanan-Nya sebagai pelunasan dosa, oleh Bapa, dan memberikan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya, damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal.

Fakta

ay. 31. Ayat ini menyatakan tujuan Firman Allah - menunjukkan ketuhanan Yesus Kristus dan kuatnya kuasa keselamatan-Nya.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yohanes 19:38-20:18 (Yohanes 19:38--20:18)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Lumo: Kebangkitan Yesus; Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena (Yohanes 20:1-18)

Playlist:

LUMO
FILM YOHANES
THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
RAJA KEMULIAAN
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!