Baca

Yohanes 16:1-33

16:1 “Semua ini telah Aku katakan kepadamu supaya kamu tidak terguncang.

16:2 Mereka akan mengusirmu dari sinagoge. Bahkan, waktunya akan tiba bahwa setiap orang yang membunuhmu akan berpikir bahwa mereka sedang berbakti kepada Allah.

16:3 Dan, hal-hal itu akan mereka lakukan karena mereka tidak mengenal Bapa ataupun Aku.

16:4 Akan tetapi, semua itu sudah Aku katakan kepadamu supaya apabila waktunya datang, kamu ingat bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu. Dan, hal-hal ini tidak Aku katakan kepadamu pada awalnya karena Aku masih bersamamu.

Pekerjaan Roh Kudus

16:5 Akan tetapi, sekarang Aku akan pergi kepada Dia yang mengutus Aku, dan tidak seorang pun dari kamu yang menanyai Aku, ‘Ke mana Engkau akan pergi?’

16:6 Namun, karena Aku telah mengatakan semua ini kepadamu, kesedihan memenuhi hatimu.

16:7 Akan tetapi, Aku beritahukan kebenaran kepadamu: lebih baik bagimu jika Aku pergi karena jika Aku tidak pergi, Penolong itu tidak akan datang kepadamu; tetapi jika Aku pergi, Aku akan mengutus-Nya kepadamu.

16:8 Dan, ketika Penolong itu datang, Dia akan menyadarkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman;

16:9 tentang dosa, karena mereka tidak percaya kepada-Ku;

16:10 tentang kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak akan melihat Aku lagi,

16:11 dan tentang penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihakimi.

16:12 Masih banyak hal yang ingin Aku katakan kepadamu, tetapi kamu tidak dapat menanggungnya sekarang.

16:13 Namun, ketika Dia, Roh Kebenaran itu datang, Dia akan membimbingmu ke dalam semua kebenaran. Sebab, Dia tidak berbicara atas keinginan-Nya sendiri, melainkan semua hal yang Dia dengar itulah yang akan Dia katakan; dan Dia akan memberitahumu hal-hal yang akan terjadi.

16:14 Dia akan memuliakan Aku karena Dia akan menerima yang Aku terima, dan akan memberitahukannya kepadamu.

16:15 Segala sesuatu yang Bapa miliki adalah milik-Ku. Oleh sebab itu, Aku mengatakan bahwa Roh Kebenaran akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari-Ku.”

Dukacita Menjadi Sukacita

16:16 “Tinggal sesaat saja, dan kamu tidak akan melihat Aku lagi; dan sekali lagi, tinggal sesaat saja, dan kamu akan melihat Aku.”

16:17 Beberapa murid Yesus saling bertanya, “Apa maksud-Nya Dia berkata kepada kita, ‘Tinggal sesaat saja, dan kamu tidak akan melihat Aku lagi; dan sekali lagi, tinggal sesaat saja, dan kamu akan melihat Aku?’ dan ‘karena Aku akan pergi kepada Bapa’?”

16:18 Jadi, mereka bertanya, “Apa yang Dia maksudkan dengan, ‘tinggal sesaat saja’? Kita tidak tahu apa yang Dia bicarakan.”

16:19 Yesus tahu bahwa murid-murid-Nya ingin bertanya kepada-Nya, maka Dia berkata kepada mereka, “Apakah kamu bertanya di antara kamu sendiri mengenai hal yang Aku maksud ketika Aku berkata, ‘Tinggal sesaat saja dan kamu tidak akan melihat Aku lagi; dan sekali lagi, tinggal sesaat saja, dan kamu akan melihat Aku’?

16:20 Dengan sesungguhnya, Aku mengatakan kepadamu, kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berduka, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita.

16:21 Ketika seorang perempuan melahirkan, dia menderita karena waktunya untuk melahirkan sudah tiba; tetapi sesudah anaknya lahir, dia lupa akan penderitaannya yang berat karena sukacita bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.

16:22 Demikianlah kamu juga mengalami penderitaan saat ini, tetapi Aku akan menemuimu lagi dan hatimu akan bersukacita, dan tidak ada seorang pun yang akan mengambil sukacitamu darimu.

16:23 Pada hari itu, kamu tidak akan menanyakan apa pun kepada-Ku. Dengan sesungguhnya, Aku mengatakan kepadamu, apa pun yang kamu minta kepada Bapa-Ku dalam nama-Ku, Ia akan memberikannya kepadamu.

16:24 Sampai sekarang, kamu belum pernah meminta apa pun dalam nama-Ku. Mintalah, dan kamu akan menerimanya supaya sukacitamu menjadi penuh.”

Kemenangan atas Dunia

16:25 “Aku sudah mengatakan hal-hal ini kepadamu dengan perumpamaan; saatnya akan tiba ketika Aku tidak lagi berbicara kepadamu dengan perumpamaan, tetapi akan berbicara kepadamu dengan terus terang tentang Bapa.

16:26 Pada hari itu, kamu akan meminta dalam nama-Ku, dan Aku tidak mengatakan kepadamu bahwa Aku mendoakannya kepada Bapa bagimu.

16:27 Sebab, Bapa sendiri mengasihi kamu karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya bahwa Aku datang dari Bapa.

16:28 Aku berasal dari Bapa dan telah datang ke dunia; sekarang, Aku akan meninggalkan dunia dan kembali kepada Bapa.”

16:29 Murid-murid-Nya berkata, “Nah, sekarang Engkau berbicara terus terang dan tidak menggunakan perumpamaan lagi.

16:30 Sekarang, kami tahu bahwa Engkau mengetahui segala sesuatu dan tidak perlu seseorang bertanya kepada-Mu. Karena itu, kami percaya bahwa Engkau datang dari Allah.”

16:31 Yesus menjawab mereka, “Percayakah kamu sekarang?

16:32 Lihatlah! Saatnya akan datang, bahkan sudah datang bagimu untuk dicerai-beraikan, masing-masing pulang ke tempat asalnya sendiri dan akan meninggalkan Aku sendirian. Akan tetapi, Aku tidak sendiri karena Bapa bersama-Ku.

16:33 Semua ini Aku katakan kepadamu supaya di dalam Aku, kamu memiliki damai sejahtera. Di dunia, kamu akan mengalami penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu! Aku telah mengalahkan dunia!”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kristus mengingatkan murid-muridNya akan penderitaan mereka

Isi Pasal

Peringatan tentang penderitaan. Janji Roh Kudus dan pekerjaan rangkap-tiga-Nya. Yesus memberitahukan tentang kematian-Nya, kebangkitan-Nya, dan kedatangan-Nya yang kedua.

Garis Besar

16:1 Kristus menghibur murid-murid-Nya dengan menjanjikan Roh Kudus, dan kenaikan-Nya;
16:23 meyakinkan doa mereka yang dinaikkan atas nama-Nya akan diterima.
16:33 Damai di dalam Kristus, dan di tengah penganiayaan di dunia.

Judul Perikop

Bertekun (16:1-4)
Pekerjaan Penghibur (16:4-15)
Dukacita yang mendahului kemenangan (16:16-33)

Tokoh

Yesus, Roh Kudus, Allah, murid-murid.

Nama dan Tempat

Allah, Yesus

Kesimpulan

Pengutusan Roh Kudus adalah buah dari pembayaran Kristus di salib dan jawaban dari Doa Syafaat-Nya di dalam selubung - sebuah bukti tentang diterimanya karya-Nya yang sudah genap oleh Bapa. Dia adalah Pendamping orang percaya sejati di semua tempat dan di segala waktu, sedangkan kehadiran jasmaniah Kristus hanya bisa di satu tempat dan satu waktu. Sama seperti kepada orang percaya, Roh Kudus memperlihatkan dosa kepada mereka atas penolakan mereka terhadap Kristus, dan memperingatkan mengenai penghakiman. Bagi orang percaya, Dia adalah Penolong yang terus ada dan yang menyatakan hal-hal tentang Kristus.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Yohanes 16:1-11 (Yohanes 16:1-11)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Lumo: Bertekun; Pekerjaan Penghibur (Yohanes 16:1-15)

Playlist:

LUMO
FILM YOHANES
THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!