Baca

Pengkhotbah 12:1-14

Masalah pada Usia Tua

12:1 Ingatlah Penciptamu selama hari-hari kemudaanmu sebelum hari-hari penderitaan datang, dan tahun-tahun mendekat ketika kamu berkata, “Tidak ada kesenangan bagiku dalamnya;”

12:2 selagi matahari, terang, bulan, dan bintang tidak menjadi gelap, maupun awan-awan kembali setelah hujan;

12:3 pada hari ketika para penjaga rumah gemetar, dan orang-orang kuat membungkuk; ketika para penggiling berhenti karena mereka hanya sedikit, dan mereka yang melihat ke luar jendela menjadi gelap;

12:4 ketika pintu-pintu di jalan ditutup, dan bunyi penggilingan melemah; ketika seseorang terbangun oleh suara burung, dan semua anak perempuan yang menyanyi menunduk;

12:5 ketika seseorang takut pada ketinggian, dan kengerian ada di jalan; ketika pohon badam berbunga, belalang menyeret dirinya, dan nafsu menjadi lenyap. Sebab, manusia akan pergi ke rumah mereka yang kekal, dan orang-orang berkabung akan mengelilingi jalanan.

Kematian

12:6 Sebelum rantai perak putus, atau cawan emas pecah, atau tempayan di dekat mata air hancur, atau roda di atas sumur rusak,

12:7 dan debu kembali ke tanah seperti semula, dan roh kembali kepada Allah yang mengaruniakannya.

12:8 “Kesia-siaan atas segala kesia-siaan,” kata Pengkhotbah, “Segala sesuatu adalah kesia-siaan!”

Kesimpulan

12:9 Pengkhotbah tidak hanya berhikmat, tetapi juga mengajarkan pengetahuan kepada umat. Dia mempertimbangkan, menyelidiki, dan menyusun banyak amsal.

12:10 Pengkhotbah berusaha menemukan kata-kata yang menyenangkan, dan dia menuliskan perkataan kebenaran secara jujur.

12:11 Perkataan orang berhikmat itu seperti tongkat penghalau, dan kumpulan-kumpulannya seperti paku yang tertanam; semuanya diberikan oleh satu gembala.

12:12 Lagi pula, anakku, berhati-hatilah. Menyusun banyak buku tidak akan ada akhirnya, dan belajar terlalu banyak akan melelahkan badan.

12:13 Akhir kata dari semua yang kita dengar ialah takutlah akan Allah dan peliharalah perintah-Nya karena itulah kewajiban setiap orang.

12:14 Sebab, Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan, termasuk segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik atau jahat.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Perhatian pengkhotbah untuk memperbaiki didikan

Isi Pasal

Nasihat kepada orang muda untuk beriman. Kesia-siaan dunia.

Garis Besar

12:1 Pencipta harus diingat sebelum hari akhir.
12:8 Perhatian pengkhotbah untuk mendidik.
12:13 Takut akan TUHAN adalah penangkal kesia-siaan yang paling utama.

Judul Perikop

Akhir kata (12:9-14)

Tokoh

Allah, Salomo.

Nama dan Tempat

Allah

Kesimpulan

Obat yang manjur melawan penyakit kaum muda, cinta akan kegembiraan, suka akan kenikmatan sensual, dan kesia-siaan lain yang dikenakan pada orang muda, adalah hormat akan Allah memerintah di hati dan hormat pada perintah-perintah-Nya. Menghormati Allah adalah ringkasan agama.

Fakta

Ini berdasarkan hukum Taurat, bukan anugerah. Takut akan Allah dan melakukan perintah-perintah adalah yang terbaik supaya manusia, yang terpisah dari penebusan, dapat lakukan. Orang Kristen, di bawah Injil, memiliki Kristus yang hidup di dalam dia (Gal 2:20) dan tubuhnya adalah bait Roh Kudus (1 Kor 6:19).

Dengar

Program Studi Alkitab

Pengkhotbah 12 (Pengkhotbah 12:1-14)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Kitab Pengkhotbah (Pengkhotbah)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!