Baca

Pengkhotbah 11:1-10

Petunjuk-Petunjuk Hikmat

11:1 Lemparkanlah rotimu ke atas permukaan air karena kamu akan mendapatkannya kembali setelah berhari-hari.

11:2 Berikanlah bagian kepada tujuh, bahkan delapan orang, karena kamu tidak tahu kemalangan apa yang akan terjadi di atas bumi.

11:3 Jika awan-awan penuh dengan hujan, mereka akan mencurahkannya ke atas bumi. Entah sebuah pohon tumbang ke selatan atau ke utara, di tempat pohon itu tumbang, di situlah ia berada.

11:4 Siapa mengamati angin tidak akan menabur, dan siapa memandangi awan-awan tidak akan menuai.

11:5 Seperti halnya kamu tidak tahu bagaimana jalannya angin dan tulang-tulang di dalam kandungan seorang perempuan hamil, begitu juga kamu tidak mengetahui pekerjaan Allah yang menjadikan segala sesuatu.

11:6 Pada pagi hari, taburlah benihmu, dan sampai sore hari, jangan menahan tanganmu. Sebab, kamu tidak tahu mana yang akan berhasil, apakah yang ini atau yang itu, atau apakah keduanya akan sama-sama baik.

11:7 Cahaya itu manis, dan melihat matahari itu menyenangkan bagi mata.

11:8 Jadi, jika seseorang hidup dalam tahun-tahun yang banyak, biarlah dia bersukacita dalam semuanya itu. Akan tetapi, biarlah dia mengingat bahwa akan ada banyak hari kegelapan. Segala sesuatu yang datang adalah kesia-siaan.

Nasihat bagi Orang Muda

11:9 Bersukacitalah, hai orang muda, dalam masa mudamu. Biarlah hatimu menyenangkanmu selama hari-hari kemudaanmu. Pergilah menurut jalan hatimu dan pandangan matamu. Namun, ketahuilah bahwa untuk semuanya itu, Allah akan membawamu ke pengadilan.

11:10 Tinggalkanlah kesusahan batinmu, dan buanglah kemalangan dari tubuhmu. Sebab, masa muda dan fajar hidup adalah kesia-siaan.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Petunjuk tentang beramal

Isi Pasal

Nasihat untuk melakukan kemurahan hati dan hidup yang benar.

Garis Besar

11:1 Petunjuk tentang beramal.
11:7 Kematian dalam hidup,
11:9 dan hari penghakiman di masa muda, harus dipertimbangkan.

Judul Perikop

Pedoman-pedoman hikmat (11:1-8)
Nasihat bagi pemuda-pemudi (11:9--12:8)

Tokoh

Allah, Salomo.

Nama dan Tempat

Allah

Kesimpulan

Karena kita akan menghadapi kematian dan penghakiman, kita seharusnya berbuat baik kepada orang lain dan sangat royal kepada orang miskin, yang akan (jika kita di dalam Kristus) berlimpah dalam memperhitungkan kita.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Pengkhotbah 10:11-11:10 (Pengkhotbah 10:11--11:10)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Kitab Pengkhotbah (Pengkhotbah)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!