Baca

Rut 2:1-23

Rut Menemui Boas

2:1 Naomi mempunyai seorang kerabat dari pihak suaminya, seorang yang kaya raya dari keluarga Elimelekh, namanya Boas.

2:2 Rut, perempuan Moab itu, berkata kepada Naomi, “Izinkan aku pergi ke ladang dan memungut bulir-bulir jelai di belakang orang yang bermurah hati kepadaku.” Naomi berkata kepadanya, “Pergilah, anakku.”

2:3 Rut meninggalkan Naomi pergi ke ladang untuk memungut jelai di belakang para penuai. Dia kebetulan datang di ladang bagian milik Boas, kerabat dari keluarga Elimelekh.

2:4 Pada saat itu, Boas datang dari Betlehem dan dia menyapa para penuainya, “TUHAN menyertaimu.” Mereka menjawabnya, “Kiranya TUHAN memberkati tuan!”

2:5 Lalu, Boas bertanya kepada hambanya yang bertanggung jawab atas para penuai itu, “Punya siapakah perempuan muda itu?”

2:6 Hamba yang bertanggung jawab atas para penuai itu menjawab, katanya, “Dia adalah perempuan muda Moab, yang pulang bersama Naomi dari daerah Moab.

2:7 Dia berkata, ‘Izinkanlah aku memungut dan mengumpulkan beberapa ikat jelai di belakang para penuai itu.’ Sejak dia datang, dia tidak berhenti bekerja dari pagi sampai sekarang ini. Sejenak saja, dia beristirahat di pondok.”

2:8 Lalu, Boas berkata kepada Rut, “Dengarlah anakku, kamu jangan pergi memungut bulir jelai di ladang lain dan jangan juga pergi dari sini, tetapi tetaplah dekat dengan para pekerjaku yang perempuan.

2:9 Biarlah matamu tertuju pada ladang yang sedang mereka tuai dan ikutilah mereka. Aku telah memerintahkan agar para pekerja laki-laki muda tidak menyentuhmu. Jika kamu haus, pergilah ke bejana-bejana dan minumlah dari air yang telah ditimba oleh para pekerjaku.”

2:10 Lalu, Rut sujud menyembah Boas dengan muka sampai ke tanah, dan berkata kepadanya, “Mengapa aku mendapat belas kasihan di matamu sehingga engkau memperhatikanku padahal aku orang asing?”

2:11 Boas menjawab dan berkata kepadanya, “Telah diceritakan seluruhnya kepadaku tentang segala sesuatu yang telah kamu lakukan untuk mertuamu setelah suamimu mati, dan bagaimana kamu meninggalkan ayah dan ibumu serta tanah kelahiranmu untuk pergi kepada bangsa yang tidak kamu kenal sebelumnya.

2:12 Kiranya TUHAN membalas perbuatanmu dan upah sepenuhnya akan diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah Israel, yang di bawah sayap-Nya kamu telah datang berlindung.”

2:13 Lalu, Rut berkata, “Semoga Aku akan terus mendapat belas kasih di matamu, ya Tuanku, sebab engkau telah menghibur aku dan telah berbicara dengan sangat ramah kepada hambamu ini meskipun aku bukan salah seorang dari hamba-hambamu perempuan.”

2:14 Pada waktu makan, Boas berkata kepadanya, “Datanglah kemari, makanlah roti dan celupkanlah sepotong rotimu ke dalam cuka.” Lalu, dia duduk di samping para penuai, dan Boas memberi jelai kering kepadanya, dan Rut makan sampai kenyang, dan menyimpan sebagian sisanya.

2:15 Dan, ketika dia bersiap untuk memungut sisa jelai. Boas memerintahkan para pekerjanya, katanya, “Biarkan dia memungut sisa jelai yang jatuh di antara ikatan jelai itu dan jangan ganggu dia.

2:16 Juga, bahkan, jatuhkan dengan sengaja jelai dari ikatannya dan tinggalkan untuk dia supaya dia memungutnya, dan jangan menegur dia.”

Naomi Mendengar tentang Boas

2:17 Dengan demikian, Rut memungut sisa jelai di ladang sampai petang, dan dia mengirik apa yang dipungutnya, kira-kira ada seefa jelai banyaknya.

2:18 Dia mengangkatnya, lalu pergi ke kota. Mertuanya melihat apa yang sudah dipungutnya itu, maka Rut pun mengeluarkan dan memberikan kepada mertuanya sisa makanan yang disimpan sebelumnya karena dia sudah kenyang.

2:19 Mertuanya bertanya kepadanya, “Di mana kamu memungut sisa jelai hari ini? Di mana kamu bekerja? Diberkatilah orang yang telah memperhatikan kamu.” Lalu, Rut menceritakan kepada mertuanya kepada siapa dia telah bekerja, katanya, “Pada hari ini, aku bekerja pada orang yang bernama Boas.”

2:20 Dan, Naomi berkata kepada menantunya, “Diberkatilah dia oleh TUHAN, yang tidak menahan kebaikan-Nya kepada orang yang hidup dan kepada orang yang mati.” Naomi berkata lagi kepadanya, “Orang itu adalah kerabat dekat kita, dia adalah salah satu dari penebus kita.”

2:21 Lalu, Rut, perempuan Moab itu, berkata, “Boas juga berkata kepadaku, ‘Kamu harus dekat dengan para pekerjaku laki-laki sampai mereka menyelesaikan semua panenanku.’”

2:22 Naomi berkata kepada Rut, menantunya, “Anakku, akan lebih baik kalau kamu pergi bersama pekerja-pekerja perempuannya supaya tidak ada yang mengganggu kamu seperti di ladang lain.”

2:23 Demikianlah Rut tetap dekat dengan pekerja-pekerja perempuan Boas untuk memungut sisa-sisa jelai sampai akhir musim menuai jelai atau musim menuai gandum, dan dia tinggal bersama mertuanya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Rut memungut jelai di ladang milik Boas

Isi Pasal

Rut melayani Boas yang melakukan kebaikan yang besar kepada dirinya.

Garis Besar

2:1 Rut mengumpulkan sedikit bulir jelai di ladang Boas.
2:4 Boas memperhatikan dia,
2:8 dan menunjukkan kemurahannya.
2:18 Apa yang dia pungut, diberikannya kepada Naomi.

Judul Perikop

Rut bertemu dengan Boas (2:1-23)

Tokoh

Allah, Rut, Naomi, Boas.

Nama dan Tempat

Allah, Betlehem, Boas, Elimelekh, Israel, Moab, Naomi, Rut, TUHAN

Kesimpulan

Allah dengan bijaksana mengatur peristiwa-peristiwa kecil dan hal-hal yang kelihatan sama sekali tidak disengaja untuk menjadi kemuliaan-Nya dan memenuhi kebutuhan orang yang percaya kepada Dia.

Fakta

ay. 22, 23. Jika kita mau kebaikan melalui Kristus, kita harus melekat dekat pada Dia, lahan-Nya dan hamba-hamba-Nya. Bukankah Allah memberi kita dengan begitu limpah? Janganlah kita ditemukan di lahan yang lain mencari kebahagiaan dan kepuasan di dalam dunia.

Dengar

Program Studi Alkitab

Rut 2:1-10 (Rut 2:1-10)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Rut (Rut 1-4)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Mereka adalah bersaudara. (Rut 2:1,3,20)
  • Dia akan mengikuti siapa pun yang bermurah hati padanya. (Rut 2:2)
  • Dia berkata, "Semoga TUHAN bersamamu." (Rut 2:4)
  • Dia ingin tahu ia milik laki-laki mana. (Rut 2:5)
  • Dia berkata, "Tetap tinggal dan bekerja di ladang saya dengan pekerjaku yang perempuan." (Rut 2:8,9)
  • Dia bertanya, "Mengapa aku mendapat belas kasihan di matamu?" (Rut 2:10)
  • Dia telah mendengar bahwa Rut telah meninggalkan rumahnya untuk mengikuti Naomi. (Rut 2:11)
  • Rut telah mendapatkan perlindungan di bawah sayap TUHAN. (Rut 2:12)
  • Dia mengizinkan Rut untuk memungut di antara berkas-berkasnya, dan memerintahkan para pengerjanya untuk mengeluarkan berkas-berkas untuknya dari tumpukan itu. (Rut 2:15,16)
  • Ia bertanya, "Di mana kamu memungut hari ini?" (Rut 2:19)
  • Dia berkata, "Semoga dia diberkati oleh TUHAN" (Rut 2:20)
  • Dia menghubungkannya dengan TUHAN. (Rut 2:20)
  • Dengan melakukan itu, Rut tidak akan diganggu di ladang lain. (Rut 2:22)
  • Dia memungut bersama para pekerja Boas dan tinggal bersama Naomi. (Rut 2:23)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!