Baca

Rut 1:1-22

Masa Kelaparan di Wilayah Yehuda

1:1 Pada masa para hakim memerintah, bencana kelaparan terjadi di negeri itu. Seorang laki-laki dari Betlehem-Yehuda bersama istri dan dua anak laki-lakinya pergi untuk tinggal sementara di daerah Moab.

1:2 Nama laki-laki itu Elimelekh, dan nama istrinya Naomi, dan nama kedua anaknya adalah Mahlon dan Kilyon, orang-orang Efrata dari Betlehem-Yehuda. Mereka sampai di daerah Moab, lalu tinggal di sana.

1:3 Lalu, Elimelekh, suami Naomi, mati, dan dia ditinggal dengan dua anaknya.

1:4 Kedua anaknya mengambil istri orang Moab. Yang pertama bernama Orpa, dan yang lain bernama Rut. Mereka tinggal di sana selama 10 tahun.

1:5 Kemudian, Mahlon dan Kilyon, dua-duanya juga mati dan perempuan itu ditinggalkan oleh kedua anaknya laki-laki dan suaminya.

Naomi Pulang

1:6 Dia dan dua menantunya bersiap untuk pergi dari daerah Moab karena di daerah Moab dia mendengar bahwa TUHAN telah melawat umat-Nya dengan memberi mereka makanan.

1:7 Karena itu, dia pergi dari tempat tinggalnya, dan sekarang bersama dua menantunya, mereka pergi dalam perjalanan kembali ke tanah Yehuda.

1:8 Dan, Naomi berkata kepada kedua menantunya, “Pergilah, kembalilah kamu masing-masing ke rumah ibumu. Kiranya TUHAN menunjukkan kebaikan kepadamu seperti yang kamu sudah tunjukkan kepada suami-suami yang sudah mati itu dan kepadaku.

1:9 Semoga TUHAN menolongmu menemukan kesejahteraan di rumah suamimu masing-masing.” Lalu, dia mencium mereka, dan mereka pun menangis dengan tersedu-sedu.

1:10 Akan tetapi, mereka berkata kepadanya, “Tidak, kami akan pulang bersamamu kepada bangsamu.”

1:11 Namun, Naomi berkata, “Pulanglah, anak-anakku. Mengapa kamu mau pergi bersamaku? Akan adakah lagi anak-anak laki-laki di rahimku untuk mereka menjadi suamimu?

1:12 Pulanglah anak-anakku, pergilah, sebab aku sudah terlalu tua untuk bersuami. Kalaupun aku mengatakan ada harapan, kalaupun aku mendapatkan suami pada malam ini dan juga melahirkan anak-anak laki-laki,

1:13 akankah kamu menunggu sampai mereka dewasa? Akankah kamu menahan diri sendiri untuk tidak bersuami? Tidak, anak-anakku. Sebab, hal ini akan lebih mendukakan aku karena tangan TUHAN telah menindas aku!”

1:14 Mereka terus menangis tersedu-sedu. Lalu, Orpa mencium mertuanya, tetapi Rut memegang erat kepadanya.

1:15 Dan, Naomi berkata, “Lihat, iparmu sudah kembali kepada bangsanya dan ilah-ilahnya. Ikutilah iparmu.”

1:16 Akan tetapi, Rut berkata, “Jangan memaksa aku untuk meninggalkan engkau dan berbalik dari mengikut engkau. Sebab, ke mana engkau pergi, aku pun akan pergi. Di tempat engkau akan menetap, aku pun akan menetap. Bangsamu akan menjadi bangsaku, dan Allahmu akan menjadi Allahku.

1:17 Di tempat engkau mati, aku pun akan mati dan di sanalah aku akan dikuburkan. Kiranya TUHAN berbuat demikian kepadaku, dan lebih dari itu, biarlah hanya kematian yang akan memisahkan aku dan engkau.”

1:18 Ketika Naomi melihat bahwa Rut bersikeras untuk pergi bersamanya, dia berhenti membujuknya.

1:19 Lalu, keduanya pergi sampai mereka tiba di Betlehem. Ketika tiba di Betlehem, seluruh kota gempar karena mereka, perempuan-perempuan berkata, “Mungkinkah itu Naomi?”

1:20 Dia berkata kepada mereka, “Jangan panggil aku Naomi, panggil aku Mara, sebab Yang Mahakuasa telah memperlakukanku dengan pahit.

1:21 Aku pergi dengan penuh, tetapi TUHAN memulangkan aku dengan kosong. Mengapa kamu memanggilku Naomi, padahal TUHAN telah bersaksi melawanku dan Yang Mahakuasa telah menindasku?”

1:22 Demikianlah, Naomi pulang bersama Rut, menantunya, perempuan Moab, yang kembali dari daerah Moab. Mereka sampai di Betlehem pada awal musim panen jelai.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Elimelekh pergi ke Moab

Isi Pasal

Naomi keluar dari Moab dan kembali bersama Rut ke Betlehem.

Garis Besar

1:1 Elimelekh, pergi ke Moab karena bencana kelaparan, dan meninggal di sana.
1:4 Mahlon dan Kilyon, yang menikahi istri orang Moab, juga meninggal.
1:6 Naomi, kembali pulang ke tanah Yehuda,
1:8 meminta anak-anak menantu mereka untuk tidak pergi bersamanya.
1:14 Orpa meninggalkannya, tetapi Rut tetap menemaninya.
1:19 Mereka berdua pergi ke Betlehem, dimana mereka disambut dengan baik.

Judul Perikop

Rut dan Naomi (1:1-22)

Tokoh

Allah, Naomi, Rut, Orpa, Elimelekh, Mahlon, Kilyon.

Nama dan Tempat

Allah, Betlehem, Betlehem-Yehuda, Efrata, Elimelekh, Israel, Kilyon, Mahlon, Mara, Moab, Naomi, Orpa, Rut, TUHAN, Yehuda

Kesimpulan

Jika kita menganggap Allah adalah Bapa kita, maka kita harus menganggap umat-Nya sebagai orang kita meskipun mereka miskin dan dianggap rendah. Mereka yang meninggalkan persekutuan orang-orang kudus dan kembali kepada orang Moab cepat atau lambat akan memutuskan semua persekutuan dengan Allah dan menerima berhala-berhala Moab.

Fakta

Banyak yang menghargai dan mengasihi Kristus, namun gagal dari keselamatan oleh Dia karena di dalam hati mereka tidak dapat meninggalkan hal-hal yang lain dan melekatkan diri mereka kepada-Nya. Jika kita memutuskan/menetapkan bahwa tidak ada yang akan memisahkan kita dari kewajiban kita kepada Kristus, maka kita bisa yakin bahwa tidak ada yang pernah bisa memisahkan kita dari kebahagiaan di dalam Dia.

Dengar

Program Studi Alkitab

Rut Introduksi: 1:1-9 (Rut 1:1)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Rut (Rut 1-4)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Itu terjadi pada masa-masa ketika hakim-hakim yang memerintah (Rut 1:1)
  • Dia pindah karena ada kelaparan di Yehuda (Rut 1:1,2)
  • Suaminya dan dua putranya meninggal, meninggalkan dua menantu perempuan (Rut 1:3,4,5)
  • Dia mendengar bahwa TUHAN telah memberi orang-orang Yehuda makanan (Rut 1:6)
  • Dia ingin mereka kembali ke rumah ibu mereka dan mencari suami lain. (Rut 1:8)
  • Dia ingin mereka kembali ke rumah ibu mereka dan mencari suami lain. (Rut 1:9)
  • Dia percaya bahwa TUHAN adalah sumber masalahnya (Rut 1:13)
  • Dia berkata, "Ke mana engkau pergi, aku akan pergi; dan di mana engkau tinggal, aku akan tinggal; bangsamu akan menjadi bangsaku, dan Allahmu akan menjadi Allahku; di mana engkau mati, aku akan mati di sana." (Rut 1:16,17)
  • Dia pulang ke Betlehem (Rut 1:19)
  • Dia minta dipanggil, "Mara," karena dia percaya bahwa TUHAN telah membuat hidupnya pahit. (Rut 1:20)
  • Pada masa awal menuai gandum (Rut 1:22)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!