Baca

Rut 4:1-22

Boas dan Keluarga yang Lain

4:1 Boas pergi ke pintu gerbang kota, lalu duduk di sana. Lihat, penebus yang dikatakan Boas itu lewat. Karena itu, Boas berkata, “Singgahlah, Saudaraku. Duduklah di sini.” Karena itu, dia singgah dan duduk.

4:2 Kemudian, Boas mengumpulkan sepuluh orang tua-tua di kota itu, dan berkata, “Duduklah di sini.” Lalu, mereka duduk.

4:3 Boas berkata kepada penebus itu, “Naomi, yang kembali dari daerah Moab, akan menjual tanah milik saudara kita, Elimelekh.

4:4 Aku berpikir untuk memberitahukan hal ini kepadamu, ‘Belilah tanah itu di hadapan orang-orang yang duduk di sini dan di hadapan para tua-tua bangsaku. Jika engkau mau menebusnya, tebuslah. Namun, jika engkau tidak mau menebusnya, beritahukan kepadaku agar aku tahu, sebab tidak ada orang lain yang berhak menebusnya, selain kamu dan aku sesudah kamu.’” Lalu, dia berkata, “Aku akan menebusnya.”

4:5 Lalu, Boas berkata, “Pada hari engkau membeli tanah itu dari tangan Naomi, engkau juga harus mendapatkan Rut, perempuan Moab, janda dari orang yang mati itu, untuk melanjutkan nama orang itu melalui milik pusakanya.”

4:6 Penebus itu menjawab, “Aku tidak dapat menebusnya untuk diriku sendiri, sebab aku akan merusak milik pusakaku sendiri. Ambillah hakku untuk menebus bagi dirimu sendiri apa yang seharusnya aku tebus, sebab aku tidak dapat menebusnya.”

4:7 Inilah adat istiadat zaman dahulu di Israel tentang hal menebus dan menukar untuk mengakhiri suatu perkara, seorang laki-laki harus melepaskan sandalnya dan memberikannya kepada pihak lain. Inilah cara pengesahan perkara di Israel.

4:8 Karena itu, penebus itu berkata kepada Boas, “Belilah untuk dirimu sendiri.” Lalu, dia melepaskan sandalnya.

4:9 Kemudian, Boas berkata kepada para tua-tua dan semua orang di situ, “Pada hari ini, engkau semua menjadi saksi bahwa aku telah membeli dari tangan Naomi semua yang menjadi milik Elimelekh dan semua yang menjadi milik Kilyon dan Mahlon.

4:10 Selain itu, Rut, perempuan Moab itu, janda Mahlon, telah aku beli menjadi istriku untuk melanjutkan nama orang yang telah mati itu melalui milik pusakanya supaya nama orang yang sudah mati itu tidak akan putus dari antara saudara-saudara dan pintu gerbang dari tempat asalnya. Pada hari ini, engkau semua telah menjadi saksi.”

4:11 Semua orang yang ada di pintu gerbang kota dan para tua-tua itu berkata, “Kami adalah saksi. Kiranya TUHAN membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu seperti Rahel dan Lea, dua-duanya telah membangun keturunan Israel. Kiranya engkau menjadi makmur di Efrata, dan namamu termasyhur di Betlehem!

4:12 Kiranya keluargamu menjadi seperti keluarga Peres, yang Tamar lahirkan bagi Yehuda, karena keturunan yang akan TUHAN berikan kepadamu melalui perempuan muda ini.”

4:13 Lalu, Boas mengambil Rut, dan Rut menjadi istrinya. Saat dia bersetubuh dengan istrinya, TUHAN membuka kandungannya dan dia melahirkan seorang anak laki-laki.

4:14 Kemudian, perempuan-perempuan berkata kepada Naomi, “Terpujilah TUHAN, yang tidak meninggalkan engkau tanpa seorang penebus pada hari ini. Biarlah namanya termasyhur di Israel.

4:15 Dia akan memulihkan jiwamu dan memelihara masa tuamu, sebab menantumu, yang mengasihimu, yang lebih baik daripada tujuh anak laki-laki, telah melahirkan dia.”

4:16 Kemudian, Naomi mengambil anak itu dan meletakkannya di atas pangkuannya, dan menjadi pengasuhnya.

4:17 Tetangga-tetangganya juga memberikan nama, katanya, “Seorang anak laki-laki telah lahir bagi Naomi,” dan mereka menamai anak itu Obed. Dialah ayah Isai, ayah Daud.

Rut dan Keluarga Boas

4:18 Ini adalah keturunan Peres: Peres memperanakkan Hezron.

4:19 Hezron memperanakkan Ram. Ram memperanakkan Aminadab.

4:20 Aminadab memperanakkan Nahason. Nahason memperanakkan Salmon.

4:21 Salmon memperanakkan Boas. Boas memperanakkan Obed.

4:22 Obed memperanakkan Isai. Isai memperanakkan Daud.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Boas menikahi Rut

Isi Pasal

Rut mendapatkan upah dalam pernikahannya dengan Boas.

Garis Besar

4:1 Boas ditunjuk menjadi penebus berikutnya.
4:6 Dia menolak penebusan sesuai dengan kebiasaan di Israel.
4:9 Boas membeli milik pusaka.
4:11 Dia menikahi Rut.
4:13 Dia melahirkan Obed, kakek dari Daud.
4:18 Silsilah dari Peres sampai Daud.

Judul Perikop

Rut menjadi isteri Boas (4:1-17)
Silsilah Daud (4:18-22)

Tokoh

Allah, Boas, Rut, Naomi, sanak keluarga, Obed.

Nama dan Tempat

Aminadab, Betlehem, Boas, Daud, Efrata, Elimelekh, Hezron, Isai, Israel, Kilyon, Lea, Mahlon, Moab, Nahason, Naomi, Obed, Peres, Rahel, Ram, Rut, Salmon, Tamar, TUHAN, Yehuda

Kesimpulan

Urusan yang adil dan jujur dalam segala macam kontrak dan bisnis haruslah merupakan hal yang dijaga oleh dia yang mau mengaku diri mereka sebagai "orang Israel sesungguhnya tanpa tipu muslihat."

Fakta

Dengan harga yang mahal, Tuhan kita Yesus, Penebus dari Betlehem membeli pusaka surgawi bagi kita yang dengannya dosa kita digadaikan dan ditebus, dan yang tidak akan pernah bisa ditebus oleh diri kita sendiri.

Dengar

Program Studi Alkitab

Rut 4 (Rut 4:1-22)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Rut (Rut 1-4)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Ia pergi ke gerbang kota. (Rut 4:1)
  • Dia bertanya kepada sepuluh orang tua-tua kota. (Rut 4:2)
  • Dia memintanya untuk menebus sebidang tanah yang dimiliki oleh Elimelekh. (Rut 4:3,4)
  • Dia berkata, "Aku akan menebusnya." (Rut 4:4)
  • Dia mengatakan kepadanya bahwa dia juga harus mendapatkan Rut agar nama Elimelekh akan melanjutkan pusakanya. (Rut 4:5)
  • Dia berkata, "Saya tidak bisa menebusnya." (Rut 4:6)
  • Karena akan merusak pusakanya sendiri. (Rut 4:6)
  • Ia melepaskan sandalnya dan memberikan itu kepada Boas.. (Rut 4:8)
  • Mereka telah menyaksikan bahwa Boas telah membeli semua yang dimiliki Elimelekh, dan bahwa ia telah memperoleh Rut sebagai istrinya. (Rut 4:9)
  • Mereka telah menyaksikan bahwa Boas telah membeli semua yang dimiliki Elimelekh, dan bahwa ia telah memperoleh Rut sebagai istrinya. (Rut 4:10)
  • Mereka menginginkan keturunannya melalui Rut. (Rut 4:12)
  • Karena cinta Rut untuk Naomi, dan karena Rut telah melahirkan cucu untuk Naomi. (Rut 4:15)
  • Naomi menjadi pengasuhnya. (Rut 4:16)
  • Namanya Obed. (Rut 4:17)
  • Obed adalah ayah Isai dan kakek Daud. (Rut 4:17)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!