Baca

Kejadian 49:1-33

Yakub Memberkati Anak-Anaknya

49:1 Kemudian, Yakub memanggil semua anaknya dan berkata, “Berkumpullah kamu supaya aku dapat menceritakan kepadamu apa yang akan menimpamu pada hari-hari yang akan datang.

49:2 ‘Berkumpullah dan dengarlah, hai Anak-anak Yakub, dengarkanlah Israel, ayahmu.’”

49:3 “Ruben, anak sulungku, kamulah kejantananku, permulaan dari kegagahanku. Yang terunggul dalam keluhuran Yang terunggul dalam kekuatan.

49:4 Bagaikan air yang tidak terkendali, kamu tidak lagi menjadi yang terunggul. Sebab, kamu telah menaiki tempat tidur ayahmu, lalu kamu menajiskannya. Kamu telah menaiki tempat tidurku!”

49:5 “Simeon dan Lewi adalah kakak beradik. senjatanya adalah alat kekerasan.

49:6 Hai jiwaku, janganlah masuk dalam perundingan mereka, janganlah kemuliaanku menyatu dalam perkumpulan mereka, sebab dalam amarahnya, mereka membunuh orang, dan dalam kesenangan dirinya, mereka telah melumpuhkan sapi jantan.

49:7 Terkutuklah amarah mereka sebab itu bengis. Aku akan mencerai-beraikan mereka di antara Yakub, dan menyerakkan mereka di antara Israel.”

49:8 “Yehuda, saudara-saudaramu akan memujimu. Tanganmu ada di leher musuh-musuhmu. Anak-anak ayahmu akan berlutut kepadamu.

49:9 Yehuda bagaikan anak singa, dari mangsa kaupergi, anakku. Dia meniarap, dia berbaring bagaikan singa jantan atau singa betina. Siapa yang berani membangunkannya?

49:10 Tongkat kerajaan takkan beranjak dari Yehuda, begitu juga lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai ketika Shilo datang, dan kepadanyalah bangsa-bangsa akan taat.

49:11 Yang menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur terbaik. Dia mencuci pakaiannya dengan anggur dan jubahnya dengan darah buah anggur.

49:12 Matanya memerah karena anggur. Giginya memutih karena susu.”

49:13 “Zebulon akan hidup di tepi laut, dan pesisirnya bagi kapal-kapal, dan batasnya akan sampai ke Sidon.”

49:14 “Isakhar bagaikan keledai yang kuat, yang berbaring di antara kedua bebannya.

49:15 Ketika dia melihat tempat peristirahatan yang baik dan tanah itu menyenangkan, dia membungkukkan bahunya untuk memikul beban, dan menjadi budak kerja paksa.”

49:16 “Dan akan menghakimi umatnya sebagai salah satu dari suku-suku Israel.

49:17 Dan akan seperti ular di pinggir jalan. Dia akan seperti ular berbisa di jalan setapak, yang memagut tumit kuda, sehingga yang menunggangnya jatuh ke belakang.

49:18 Aku menantikan keselamatan dari-Mu, ya TUHAN.”

49:19 “Gad akan diserang oleh gerombolan, tetapi dia akan menyerang mereka pada tumitnya.”

49:20 “Bagi Asyer, makanannya akan berlimpah, dan dia akan menghidangkan santapan lezat raja.”

49:21 “Naftali bagaikan seekor rusa betina yang terlepas, yang menghasilkan perkataan-perkataan indah.”

49:22 “Yusuf bagaikan dahan yang penuh buah, dahan penuh buah di dekat mata air, yang ranting-rantingnya menjalar ke tembok.

49:23 Para pemanah menyusahkannya, membidiknya dan membencinya.

49:24 Namun, busur Yusuf tetap kukuh, dan lengan tangannya dibuat makin kuat, oleh tangan Yang Mahakuasanya Yakub, karena Sang Gembala, Batu Karang Israel.

49:25 Allah ayahmu akan menolongmu. Semoga Allah Yang Mahakuasa memberkatimu dengan berkat dari surga, berkat-berkat dari kedalaman samudra paling bawah, berkat-berkat dari buah dada dan rahim.

49:26 Nenek moyangmu diberkati banyak hal baik. tetapi aku, ayahmu, bahkan lebih diberkati lagi. Kiranya semua berkat itu turun ke atas kepala Yusuf dan ke atas mahkota kepalanya yang teristimewa dari antara saudara-saudaranya.”

49:27 “Benyamin seperti serigala lapar. Pada pagi hari, dia membunuh mangsanya. Pada malam hari, dia membagi-bagikan rampasannya.”

49:28 Itulah semua suku Israel, sebanyak dua belas, dan itulah yang telah dikatakan ayahnya kepada mereka, lalu dia pun memberkati mereka. Dia memberkati mereka, masing-masing sesuai dengan berkatnya.

Kematian Yakub

49:29 Kemudian, dia berpesan kepada mereka dan berkata kepada mereka, “Aku akan dikumpulkan bersama bangsaku, kuburkanlah aku bersama dengan nenek moyangku di dalam gua, di ladang Efron orang Het itu,

49:30 yaitu di gua yang ada di ladang Makhpela, di depan Mamre, di tanah Kanaan, yang telah Abraham beli beserta dengan ladangnya dari Efron, orang Het itu, sebagai pekuburan miliknya.

49:31 Di sanalah mereka menguburkan Abraham dan Sara, istrinya. Di sanalah mereka menguburkan Ishak dan Ribka, istrinya. Di sanalah aku menguburkan Lea.

49:32 Pembelian ladang dan gua di dalamnya adalah dari keturunan Het.”

49:33 Setelah Yakub selesai berpesan kepada anak-anaknya, dia menarik kakinya ke tempat tidur, mengembuskan napas terakhirnya, dan dikumpulkan bersama umatnya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Yakub memberkati anak-anaknya

Isi Pasal

Berkat Yakub yang penghabisan, nubuatan tentang suku-suku Israel.

Garis Besar

49:1 Yakub memanggil anak-anaknya dan memberkati mereka.
49:3 Berkat bagi mereka secara khusus.
49:29 Dia berpesan kepada mereka tentang penguburannya.
49:33 Dia meninggal.

Judul Perikop

Perkataan Yakub yang penghabisan kepada anak-anaknya (49:1-28)
Yakub meninggal dan dikuburkan (49:29--50:14)

Tokoh

Yakub, dua belas anak.

Nama dan Tempat

Abraham, Allah, Asyer, Benyamin, Dan, Efron, Gad, Het, Isakhar, Ishak, Israel, Kanaan, Lea, Lewi, Makhpela, Mamre, Matanya, Naftali, Ribka, Ruben, Sara, Sidon, Simeon, TUHAN, Yakub, Yehuda, Yusuf, Zebulon

Kesimpulan

Merupakan berkat yang besar untuk menghadiri saat-saat terakhir bapa rohani kita sehingga kita bisa belajar bagaimana meninggal dan juga untuk hidup dan mengambil keuntungan dari nasihat, saran, dan penghiburan mereka. Meskipun mereka tidak bisa bernubuat, mereka bisa mengatakan kepada kita dari Firman Allah akan yang akan terjadi atas kita di akhir zaman jika kita tidak melakukan kehendak Bapa.

Fakta

Yakub yang licik/cerdik, berubah-ubah, dan seringkali tidak beriman, pengganti, pembuat persetujuan, menuju ketenangan naiknya iman untuk melimpahkan berkat dan memberikan martabat. Ini akan menjadi bagian Israel di dalam dispensasi besar yang terakhir di dunia, setelah Kristus kembali.

Dengar

Program Studi Alkitab

Kejadian 49:1-15 (Kejadian 49:1-15)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan Kitab Kejadian - Bagian 1 (Kejadian)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!