Baca

Kejadian 20:1-18

Abraham dan Abimelekh

20:1 Dari tempat itu, Abraham berjalan menuju ke selatan dan tinggal di antara Kadesh dan Syur. Kemudian, dia tinggal sementara di Gerar.

20:2 Abraham berkata tentang Sara, istrinya, “Dia adalah adikku,” sehingga Abimelekh, raja Gerar, menyuruh orang untuk mengambil Sara.

20:3 Akan tetapi, pada suatu malam, Allah berkata kepada Abimelekh dalam mimpi, firman-Nya, “Kamu akan mati sebab perempuan yang kauambil itu adalah istri orang lain.”

20:4 Namun, Abimelekh belum mendekati Sara dan dia berkata, “Tuhan, apakah Engkau akan membunuh bangsa yang tidak bersalah?

20:5 Bukankah dia sendiri yang berkata kepadaku, ‘Perempuan ini adalah adikku,’? Lalu, bukankah perempuan itu juga berkata, ‘Laki-laki ini adalah kakakku,’? Aku melakukan ini dalam ketulusan hatiku dan ketidakbersalahan tanganku.”

20:6 Kemudian, Allah berfirman kepadanya dalam mimpi, “Ya, Aku tahu bahwa kamu melakukan hal ini dalam ketulusan hatimu. Aku yang mencegahmu berbuat berdosa terhadap Aku. Karena itu, Aku tidak membiarkanmu menyentuhnya.

20:7 Sekarang, kembalikanlah istri orang itu karena dia adalah seorang nabi. Dia akan berdoa untukmu supaya kamu akan hidup. Namun, jika kamu tidak mengembalikan istrinya kepadanya, ketahuilah bahwa kamu dan semua yang bersama denganmu pasti akan mati.”

20:8 Jadi, pagi-pagi sekali, Abimelekh memanggil semua hambanya dan menceritakan tentang semua hal ini di telinga mereka sehingga mereka semua menjadi sangat takut.

20:9 Lalu, Abimelekh memanggil Abraham dan berkata kepadanya, “Apa yang sudah kaulakukan terhadap kami? Kesalahan apa yang telah kulakukan kepadamu sehingga kamu menimpakan dosa yang besar atas diriku dan kerajaanku? Kamu telah melakukan sesuatu yang tidak pantas terhadapku!”

20:10 Lalu, Abimelekh berkata lagi kepada Abraham, “Apa maksudmu sehingga kamu melakukan hal ini?”

20:11 Kata Abraham, “Pikirku, sesungguhnya rasa takut akan Allah tidak ada dalam tempat ini sehingga mereka akan membunuhku karena istriku.

20:12 Lagi pula, dia memang adikku; dia anak ayahku, tetapi bukan anak ibuku, dan dia menjadi istriku

20:13 Ketika Allah menyuruhku mengembara keluar dari rumah ayahku, aku berkata kepada istriku, ‘Tunjukkanlah kasihmu kepadaku dengan melakukan hal ini di setiap tempat yang kita tuju, katakanlah tentang aku: dia adalah kakakku.’”

20:14 Abimelekh mengambil domba, sapi, serta hamba laki-laki dan perempuan, lalu memberikannya kepada Abraham. Abimelekh juga mengembalikan Sara, istri Abraham, kepadanya.

20:15 Kata Abimelekh, “Lihatlah, negeriku ada di hadapanmu. Tinggallah di mana pun kamu suka.”

20:16 Abimelekh berkata kepada Sara, “Dengarlah, aku memberikan 1000 syikal perak kepada kakakmu sebagai bukti kesucianmu di hadapan semua orang yang bersama-sama denganmu. Di hadapan semua orang, namamu dibersihkan.”

20:17 Kemudian, Abraham berdoa kepada Allah dan Allah menyembuhkan Abimelekh, istrinya, dan hamba-hambanya perempuan sehingga mereka dapat melahirkan anak.

20:18 Sebelumnya, TUHAN menutup rahim semua perempuan di dalam istana Abimelekh karena Sara, istri Abraham.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Abraham menyangkal Sara

Isi Pasal

Penyelewengan Abraham di Gerar. Berbohong kepada Abimelekh tentang istrinya.

Garis Besar

20:1 Abraham tinggal di Gerar.
20:2 Tidak mengakui Sara sebagai istrinya, yang kemudian diambil oleh Abimelekh.
20:3 Abimelekh ditegur karena Sara melalui sebuah mimpi.
20:9 Dia memarahi Abraham.
20:14 Mengembalikan Sara;
20:16 dan memarahinya.
20:17 Abimelekh dan keluarganya disembuhkan melalui doa Abraham.

Judul Perikop

Abraham dan Abimelekh (20:1-18)

Tokoh

Abraham, Sara, Abimelekh.

Nama dan Tempat

Abimelekh, Abraham, Allah, Gerar, Kadesh, Negeb, Sara, Syur, Tuhan

Kesimpulan

Dosa memiliki banyak alat namun sebuah kebohongan adalah pegangan/kendali yang memasang semuanya. Jika kebenaran direntangkan, mengharapkannya pada akhirnya akan melenting kembali dan menyengat Anda.

Fakta

Seseorang seringkali menemukan perbedaan yang menakjubkan antara siapa umat Allah di dalam Kristus menurut pandangan-Nya dan siapa mereka menurut pandangan dunia. Allah melihat milik kepunyaan-Nya melalui Kristus, meskipun di dalam diri mereka sendiri, mereka sering lemah dan tidak konsisten.

Dengar

Program Studi Alkitab

Kejadian 19:6-20:18 (Kejadian 19:6--20:18)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Kejadian 12-50 (Kejadian 12-50)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!