Baca

Hosea 4:1-19

TUHAN Menentang Israel

4:1 Dengarkanlah firman TUHAN, hai anak-anak Israel, sebab TUHAN beperkara dengan penduduk negeri ini, Tidak ada kesetiaan, atau kasih setia, dan tidak ada pengenalan akan Allah di negeri ini.

4:2 Dengan mengutuk, berbohong, membunuh, mencuri, berzina, mereka melanggar semua batasan, dan penumpahan darah menyusul penumpahan darah.

4:3 Oleh sebab itu, negeri ini berduka, dan semua yang tinggal di dalamnya akan merana. Bersama-sama binatang-binatang liar di ladang dan burung-burung di udara, juga ikan-ikan di laut akan binasa.

4:4 Biarlah tidak ada orang yang berbantah, tidak ada orang yang menegur, sebab denganmulah Aku berperkara, hai Imam!

4:5 Kamu akan tersandung pada siang hari, juga nabi akan tersandung denganmu pada malam hari, dan Aku akan membinasakan ibumu.

4:6 Umat-Ku binasa karena kekurangan pengetahuan. Sebab, kamu telah menolak pengetahuan, maka Aku juga akan menolakmu menjadi imam untukku. Dan, karena kamu melupakan hukum Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

4:7 Semakin mereka bertambah banyak, semakin mereka berdosa terhadapku. Aku akan mengubah kemuliaan mereka menjadi kehinaan.

4:8 Mereka makan dari dosa umat-Ku Mereka serakah melakukan kesalahan mereka

4:9 demikianlah seperti umat, seperti imam. Aku akan menghukum mereka karena perbuatan mereka, dan membalas mereka karena perbuatan-perbuatan mereka.

4:10 Mereka akan makan, tetapi tidak menjadi kenyang; mereka akan berzina, tetapi tidak berlipat ganda, sebab mereka telah menolak untuk mencari TUHAN.

4:11 Persundalan, anggur, dan anggur baru yang menghilangkan pengertian.

4:12 Umat-Ku bertanya kepada pohon-pohon mereka, dan tongkat mereka memberi ramalan kepada mereka, sebab roh perzinaan telah menyesatkan mereka, dan mereka telah meninggalkan Allah mereka untuk bersundal.

4:13 Mereka mempersembahkan kurban di atas puncak-puncak gunung, dan membakar kurban di atas bukit-bukit, di bawah pohon tarbantin dan pohon hawar karena naungannya menyejukkan. Oleh sebab itu, anak-anak perempuan berzinamu, dan pengantin-pengantinmu bersundal.

4:14 Aku takkan menghukum anak perempuanmu ketika mereka bersundal, atau pengantin-pengantinmu ketika mereka berzina. Sebab, laki-laki mereka memisahkan diri bersama perempuan-perempuan sundal, dan mempersembahkan kurban bersama pelacur bakti. Oleh sebab itu, bangsa tanpa berpengertian akan hancur.

Dosa Israel yang Memalukan

4:15 “Walaupun kamu berzina, hai Israel, jangan biarkan Yehuda menjadi bersalah. Jangan pergi ke Gilgal, atau pergi ke Bet-Awen, dan jangan bersumpah, “Demi TUHAN yang hidup!”

4:16 Israel keras kepala seperti sapi yang keras kepala. Sekarang, TUHAN akan memberi makan mereka seperti domba di padang rumput yang luas.

4:17 Efraim bersekutu dengan ilah-ilah, biarkanlah ia!

4:18 Saat minuman mereka habis, mereka kembali berzina, Penguasa mereka sangat menyukai perbuatan yang memalukan.

4:19 Angin telah mengelilingi mereka dalam dengan sayap-sayapnya, dan mereka akan mendapat malu karena kurban-kurban sembelihan mereka.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Penghakiman dinyatakan

Isi Pasal

Tuduhan terhadap Israel atas keberdosaan, perzinahan, dan kedunguan mereka.

Garis Besar

4:1 TUHAN menyampaikan penghukuman atas Israel, karena ketidaksalehan dan ketidaksusilaan mereka yang menjadi-jadi.
4:12 Dia membongkar ketidakpedulian dan kejahatan para imam, dan kejangakan umat, Dia akan membiarkan istri-istri dan anak-anak perempuan mereka bersundal, tanpa hukuman sekarang.
4:15 Dia memperingatkan Yehuda, untuk tidak meniru kejahatan Israel, yang masih terus dicela.

Judul Perikop

Menentang imam dan bangsa yang tidak setia (4:1-19)

Tokoh

Allah, Hosea.

Nama dan Tempat

Allah, Bet-Awen, Efraim, Gilgal, Israel, TUHAN, Yehuda

Kesimpulan

Adalah hukuman yang menyedihkan dan berat bagi manusia ketika Allah harus mengatakan, "biarkan mereka sendiri"

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Hosea 4:1-6 (Hosea 4:1-6)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Penjelasan Animasi tentang 'Perjanjian' (Hosea)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!