Baca

Hosea 12:1-14

Efraim dan Yakub

12:1 (12-2) Efraim memakan angin, dan mengejar angin timur sepanjang hari. Ia terus memperbanyak kebohongan dan kekejaman; Mereka membuat perjanjian dengan Asyur, dan minyak dibawa ke Mesir.

12:2 (12-3) TUHAN membawa perkara terhadap Yehuda, dan akan menghukum Yakub sesuai dengan jalan-jalannya, dan akan membayarnya sesuai dengan perbuatan-perbuatannya.

12:3 (12-4) Di dalam kandungan, dia memegang tumit saudaranya. dan dalam kekuatannya, dia bergulat dengan Allah.

12:4 (12-5) Dia bergulat dengan malaikat, dan menang. Dia menangis dan memohon belas kasihan-Nya. Dia berjumpa Tuhan di Betel, dan di sanalah Dia berfirman kepada kita,

12:5 (12-6) TUHAN, Allah semesta alam, TUHAN nama-Nya.

12:6 (12-7) “Oleh sebab itu, kamu dengan pertolongan Allah berbaliklah. Berpeganglah pada kasih setia dan keadilan, dan berharaplah senantiasa pada Allahmu.”

12:7 (12-8) “Seorang pedagang, dalam tangannya memegang neraca yang menipu, ia suka menindas.

12:8 (12-9) Efraim berkata, “Namun, aku kaya. Aku telah memperoleh kekayaan bagi diriku. Dalam segala jerih lelahku mereka takkan menemukan kesalahan, atau dosa dalam diriku.”

12:9 (12-10) Akulah TUHAN, Allahmu, sejak di tanah Mesir. Aku akan sekali lagi membuatmu menetap dalam tenda-tenda, seperti pada hari-hari pertemuan raya.

12:10 (12-11) Akulah yang berfirman kepada para nabi, dan Akulah yang memberi banyak penglihatan, dan kepada para nabi, Aku memberikan perumpamaan-perumpamaan.

12:11 (12-12) Jika ada kejahatan di Gilead, mereka tidak akan menemukan apa-apa. Di Gilgal, mereka mempersembahkan sapi-sapi jantan, mazbah-mazbah mereka seperti timbunan batu di atas ladang-ladang kosong.

12:12 (12-13) Yakub melarikan diri ke tanah Aram, di sana Israel menjadi hamba untuk mendapatkan istri, untuk mendapat istri, dia menggembalakan domba.

12:13 (12-14) Dengan perantaraan seorang nabi, TUHAN membawa Israel keluar dari Mesir, dengan perantaraan nabi ia dijagai.

12:14 (12-15) Namun, Efraim membuat hasutan yang sangat pahit. Oleh sebab itu, Tuannya akan membiarkan utang darah menimpanya, dan akan membalas perbuatannya yang tercela.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Efraim ditegur

Isi Pasal

Jawaban TUHAN, dilanjutkan, Celaan lebih lanjut atas dosa Israel.

Garis Besar

12:1 Teguran terhadap Efraim, Yehuda, dan Yakub.
12:3 Dengan kebaikan di masa lalu dia menasihati supaya bertobat.
12:7 Dosa Efraim membuat TUHAN gusar.

Judul Perikop

Tokoh

Allah.

Nama dan Tempat

Allah, Aram, Asyur, Betel, Efraim, Gilead, Gilgal, Israel, Kanaan, Mesir, TUHAN, Yakub, Yehuda

Kesimpulan

Orang-orang yang menjadikan ciptaan dan hal-hal sebagai keyakinan mereka, menyesatkan jiwa mereka sendiri, dan mempersiapkan kekesalan hati mereka sendiri. Allah mengawasi para pedagang yang menimbang barang-barang, dan mengetahui jalan dan berhala hatinya. Jika manusia menghina Allah, Allah akan membiarkan sesamanya melihat dengan merendahkan mereka.

Fakta

ay. 9-10. Sebesar pembelaan Allah terhadap Israel berabad-abad lamanya, Firman Allah menjamin kita bahwa nubuat tentang pemulihan menuju kemuliaan di bumi pasti akan digenapi sesuai waktu-Nya. Waktu itu dikaitkan dengan waktu kedatangan Kristus yang kedua.

Dengar

Program Studi Alkitab

Hosea 11-14 (Hosea 11:1--14:9)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Hosea (Hosea 1-14)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • TUHAN membawa perkara terhadap Yehuda. (Hos 12:2)
  • Di dalam kandungan, Yakub memegang tumit saudaranya. (Hos 12:3)
  • Mereka harus senantiasa berharap pada Allah mereka. (Hos 12:6)
  • Dalam segala jerih lelah Efraim mereka takkan menemukan kesalahan, atau dosa. (Hos 12:8)
  • TUHAN bersama dengan mereka sudah sejak dari tanah Mesir. (Hos 12:9)
  • Mezbah-mezbah Gilgal seperti tumpukan batu di atas ladang-ladang kosong. (Hos 12:11)
  • TUHAN membawa Israel keluar dari Mesir dengan perantaraan seorang nabi, dan dengan perantaraan seorang nabi Ia menjagai mereka. (Hos 12:13)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!