Baca

1 Raja-raja 9:1-28

TUHAN Menampakkan Diri kepada Salomo

9:1 Ketika Salomo selesai membangun bait TUHAN dan istana raja, serta melakukan segala keinginan Salomo yang ingin dikerjakannya,

9:2 TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya, sebagaimana Dia sudah menampakkan diri kepadanya di Gibeon.

9:3 TUHAN berfirman kepadanya: “Aku telah mendengar doamu dan permohonanmu, yang telah kamu panjatkan ke hadapan-Ku. Aku telah menguduskan bait ini, yang kamu bangun untuk meletakkan nama-Ku di sana sampai selama-lamanya. Mata-Ku dan hati-Ku akan berada di sana selamanya.

9:4 Jika kamu hidup di hadapan-Ku sebagaimana Daud, ayahmu, hidup dalam ketulusan hati, kejujuran, dan melakukannya sesuai dengan segala yang Aku perintahkan kepadamu, dan memelihara ketetapan-ketetapan-Ku, serta hukum-hukum-Ku,

9:5 Aku akan meneguhkan takhta kerajaanmu atas Israel sampai selama-lamanya seperti yang Aku janjikan kepada Daud, ayahmu, dengan berkata, ‘Tidak akan terputus keturunanmu dari takhta kerajaan Israel.’

9:6 Namun, jika kalian atau keturunan kalian berbalik dari mengikuti Aku, dan tidak memelihara perintah-perintah-Ku, serta ketetapan-ketetapan-Ku yang telah Aku berikan kepada kalian, lalu pergi beribadah kepada ilah-ilah lain dan menyembah mereka,

9:7 Aku akan menyingkirkan Israel dari hadapan-Ku, dari tanah yang telah Aku berikan kepada mereka. Bait ini yang telah Aku kuduskan bagi nama-Ku akan Aku buang dari hadapan-Ku sehingga Israel menjadi kiasan dan sindiran di antara semua bangsa.

9:8 Bait ini akan menjadi reruntuhan dan setiap orang yang melewatinya akan tercengang, mengejek, dan bertanya, ‘Mengapa TUHAN melakukan yang demikian kepada tanah ini dan kepada bait ini?’

9:9 Mereka akan berkata, ‘Sebab, mereka telah meninggalkan TUHAN Allah mereka yang telah membawa keluar nenek moyang mereka dari tanah Mesir, lalu berpegang pada ilah-ilah lain, dan sujud menyembah serta beribadah kepada ilah-ilah itu. Itulah sebabnya, TUHAN mendatangkan kepada mereka seluruh malapetaka ini.’”

9:10 Salomo selesai membangun kedua rumah itu, yaitu bait TUHAN dan istana raja, setelah dua puluh tahun.

9:11 Hiram, raja Tirus, telah membantu Salomo dengan kayu-kayu aras, kayu-kayu sanobar, dan emas sesuai semua keinginannya. Pada waktu itu, Raja Salomo memberikan kepada Hiram dua puluh kota di tanah Galilea.

9:12 Hiram datang dari Tirus untuk melihat kota-kota yang telah Salomo berikan, yang tidak menyenangkan dalam pandangannya.

9:13 Kemudian, dia bertanya, “Mengapa kota-kota itu yang engkau berikan kepadaku, saudaraku?” Dia memanggilnya tanah Kabul sampai hari ini.

9:14 Hiram telah mengirim kepada raja 120 talenta emas.

9:15 Beginilah perkara mengenai buruh-buruh yang dikerahkan oleh Raja Salomo untuk membangun bait TUHAN, istananya, Milo, tembok Yerusalem, Hazor, Megido, dan Gezer.

9:16 Sebab dahulu Firaun, raja Mesir, menyerang dan merebut Gezer lalu membakarnya dengan api. Orang-orang Kanaan yang tinggal di kota itu dibunuhnya dan diberikannya sebagai hadiah perkawinan untuk anak perempuannya, istri Salomo.

9:17 Lalu, Salomo membangun Gezer dan Bet-Horon bagian bawah,

9:18 juga Baalat dan Tamar, di padang gurun, di tanah itu,

9:19 seluruh kota perbekalan yang Salomo miliki, kota-kota untuk kereta-keretanya, kota-kota untuk pasukan-pasukan berkuda, dan apa saja keinginan Salomo yang dia inginkan untuk dibangun di Yerusalem, di Lebanon, serta di seluruh tanah kekuasaannya.

9:20 Semua orang yang masih tinggal dari antara orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Hewi, dan orang Yebus, yang bukan termasuk keturunan Israel,

9:21 yaitu keturunan mereka yang masih tinggal di tanah itu yang tidak dapat ditumpas oleh keturunan Israel, dikerahkan oleh Salomo sebagai buruh sampai pada hari ini.

9:22 Namun, Salomo tidak menjadikan keturunan Israel sebagai budak karena mereka dijadikan sebagai prajurit, pelayan-pelayan, pembesar-pembesar, perwira-perwira, panglima-panglima pasukan kereta, dan panglima-panglima pasukan berkuda.

9:23 Inilah pemimpin-pemimpin yang mengepalai pekerjaan Salomo, ada 550 yang memerintah rakyat untuk melakukan pekerjaan itu.

9:24 Sesudah anak perempuan Firaun pindah dari Kota Daud ke rumah yang Salomo bangun baginya, Salomo membangun Milo.

9:25 Tiga kali dalam setahun, Salomo mempersembahkan kurban-kurban bakaran dan kurban-kurban perdamaian di atas mazbah yang dia bangun bagi TUHAN. Dia membakar dupa di hadapan TUHAN. Demikianlah dia menyelesaikan bait itu.

9:26 Raja Salomo membuat kapal-kapal di Ezion-Geber, yang berada di dekat Elot, di tepi Laut Merah, di tanah Edom.

9:27 Hiram mengirim hamba-hambanya dengan kapal itu, yaitu para pelaut yang mengetahui tentang laut beserta hamba-hamba Salomo.

9:28 Mereka sampai di Ofir, lalu mengambil emas dari sana sebanyak 420 talenta dan membawanya kepada Raja Salomo.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Perjanjian TUHAN dengan Salomo

Isi Pasal

TUHAN menampakkan diri kepada Salomo. Perjanjian dibuat. Kemakmuran Salomo.

Garis Besar

9:1 Janji TUHAN dalam sebuah penampakan kepada Salomo.
9:10 Pemberian Salomo dan Hiram kepada satu sama lain.
9:15 Dalam usaha-usaha Salomo, orang bukan Israel menjadi pekerja rodi, orang Israel menjadi pegawai yang lebih tinggi.
9:24 Putri Firaun pindah ke rumahnya.
9:25 Setiap tahun Salomo mempersembahkan korban.
9:26 Anak buah kapalnya mengangkut emas dari Ofir.

Judul Perikop

TUHAN menampakkan diri kepada Salomo untuk kedua kalinya (9:1-9)
Beberapa usaha raja Salomo (9:10-28)

Tokoh

Allah, Salomo, Huram.

Nama dan Tempat

Allah, Amori, Baalat, Bet-Horon, Daud, Edom, Elot, Ezion-Geber, Feris, Firaun, Galilea, Gezer, Gibeon, Hazor, Het, Hewi, Hiram, Israel, Kabul, Kanaan, kota Daud, Libanon, Megido, Mesir, Milo, Ofir, Salomo, Tamar, Teberau, Tirus, TUHAN, Yebus, Yehuda, Yerusalem

Kesimpulan

Allah berurusan dengan manusia dengan terus terang dan menetapkan di depan mereka berkat atau kutukan. Allah tidak pernah gagal melakukan bagian-Nya dari perjanjian dan jika kita mengembangkan anugerah yang Dia mau berikan kepada kita, Dia akan meneguhkan kita sampai akhir.

Fakta

ay. 7. (Israel akan menjadi kiasan dan sindiran) secara harfiah berarti "sheninah."

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Raja-Raja 8:63-10-22 (1 Raja-raja 8:63--10:22)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: 1-2 Raja-raja (1 Raja-raja, 2 Raja-raja)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!