Baca

1 Raja-raja 3:1-28

Salomo Memohon Hikmat

3:1 Salomo bersekutu dengan Firaun, raja Mesir, dan mengawini anak perempuan Firaun. Dia membawanya ke Kota Daud, sampai dia selesai membangun istananya dan Bait TUHAN serta tembok yang mengelilingi Yerusalem.

3:2 Namun, rakyat masih mempersembahkan kurban di bukit-bukit pengurbanan karena belum ada bait yang dibangun bagi nama TUHAN sampai hari itu.

3:3 Salomo mengasihi TUHAN dengan hidup seturut ketetapan Daud, ayahnya. Namun, dia masih mengurbankan dan membakar dupa di bukit-bukit pengurbanan.

3:4 Kemudian, raja pergi ke Gibeon untuk mempersembahkan kurban, karena di sana ada bukit pengurbanan yang besar. Salomo mengurbankan seribu kurban bakaran di atas mazbah itu.

3:5 Di Gibeon, TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada malam hari. Allah berfirman, “Mintalah apa yang patut Kuberikan kepadamu.”

3:6 Salomo menjawab, “Engkau telah menunjukkan belas kasih yang besar kepada hamba-Mu, Daud, ayahku, karena dia hidup di hadapan-Mu dalam kesetiaan, kebenaran, dan kejujuran hati terhadap-Mu. Engkau telah memelihara belas kasih yang besar ini kepadanya, dan Engkau memberikan kepadanya seorang anak untuk duduk di takhtanya, seperti pada hari ini.

3:7 Sekarang, ya TUHAN, Allahku, Engkau telah mengangkat hamba-Mu sebagai raja pengganti Daud, ayahku. Namun, aku hanya anak muda yang belum berpengalaman.

3:8 Hamba-Mu ini berada di antara umat-Mu yang Kaupilih, umat yang besar, yang tidak terbilang dan tidak terhitung banyaknya.

3:9 Karena itu, berikanlah hati yang bijaksana kepada hamba-Mu untuk memerintah umat-Mu, supaya aku dapat membedakan yang baik dan yang jahat. Sebab, siapakah yang sanggup memerintah umat-Mu yang besar ini?”

3:10 Perkataan Salomo itu baik di mata Tuhan, Dia berkenan karena hal itulah yang diminta oleh Salomo.

3:11 Lalu, Allah berfirman kepadanya, “Karena kamu telah meminta hal ini, dan tidak meminta umur panjang atau kekayaan bagi dirimu, dan tidak meminta nyawa musuhmu, melainkan meminta pengertian bagimu untuk memutuskan keadilan,

3:12 lihatlah, Aku mengabulkannya sesuai perkataanmu. Lihatlah, Aku mengaruniakan kepadamu hati yang bijak serta berpengertian sehingga sebelum kamu tidak ada orang yang sepertimu, dan setelahmu tidak akan bangkit orang yang sepertimu.

3:13 Aku juga memberikan kepadamu apa yang tidak kauminta, yaitu kekayaan dan kemuliaan, sehingga di antara semua raja tidak ada yang sepertimu sepanjang umurmu.

3:14 Jika kamu hidup seturut jalan-Ku, memelihara ketetapan-ketetapan-Ku serta perintah-perintah-Ku seperti Daud, ayahmu, Aku akan memperpanjang umurmu.”

3:15 Lalu, Salomo bangun dan ternyata itu mimpi. Dia kembali ke Yerusalem, dan berdiri di hadapan Tabut Perjanjian Tuhan untuk mempersembahkan kurban-kurban bakaran dan kurban-kurban perdamaian, serta mengadakan perjamuan makan bagi seluruh hambanya.

Bukti Hikmat Salomo

3:16 Lalu, dua orang perempuan sundal datang kepada raja dan berdiri di hadapannya.

3:17 Salah seorang dari perempuan itu berkata, “Ya Tuanku, aku dan perempuan ini tinggal dalam satu rumah dan aku melahirkan anak ketika dia berada di rumah.

3:18 Kemudian, tiga hari sesudah aku melahirkan, perempuan ini melahirkan juga. Di rumah itu, tidak ada orang lain yang bersama kami. Hanya kami berdua di dalam rumah itu.

3:19 Anak dari perempuan ini mati pada waktu malam karena dia tidur di atasnya.

3:20 Lalu, dia bangun saat tengah malam, dan mengambil anakku dari sisiku saat hambamu tidur dan membaringkannya di dadanya. Kemudian, dia membaringkan anaknya yang mati di dadaku.

3:21 Saat aku bangun pada pagi hari untuk menyusui anakku, ternyata dia sudah mati. Namun, saat aku mengamat-amatinya pada pagi hari, sesungguhnya dia bukanlah anak yang telah aku lahirkan.”

3:22 Namun, perempuan lainnya berkata, “Tidak, anakkulah yang hidup dan anakmu yang mati.” Akan tetapi, perempuan yang pertama berkata, “Tidak! Anakmulah yang mati dan anakkulah yang hidup.” Begitulah mereka berbicara di hadapan raja.

3:23 Lalu, raja berkata, “Yang seorang berkata: ‘Ini anakku yang hidup, anakmulah yang mati.’ Yang lain berkata: ‘Tidak! Anakmu yang mati dan anakku yang hidup.’”

3:24 Raja berkata, “Ambilkan aku pedang.” Lalu, mereka membawa pedang ke hadapan raja.

3:25 Raja berkata, “Penggallah anak yang hidup itu menjadi dua. Berikanlah yang setengah kepada yang pertama dan setengah kepada yang lain.”

3:26 Lalu, perempuan yang anaknya masih hidup berbicara kepada raja -- karena belas kasihnya timbul kepada anaknya, katanya, “Ya, Tuanku, berikanlah kepadanya anak yang masih hidup, janganlah sekali-kali membunuhnya.” Namun, perempuan lainnya berkata, “Biar saja, tidak untukku atau untukmu juga, belahlah dia!”

3:27 Lalu, raja menjawab dan berkata, “Berikan anak yang hidup kepada perempuan yang pertama. Janganlah membunuhnya karena dialah ibunya.”

3:28 Saat seluruh Israel mendengar keputusan yang diberikan oleh raja, mereka segan kepada raja. Sebab, mereka melihat bahwa hikmat Allah ada di dalam dirinya untuk melaksanakan keadilan.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Salomo memilih hikmat

Isi Pasal

Persekutuan Salomo dengan Firaun. Pernikahan dengan putri Firaun. Kalah di Gibeon. Doa Salomo. Hikmatnya.

Garis Besar

3:1 Salomo menikahi putri Firaun.
3:2 Bukit-bukit dipakai, Salomo mempersembahkan korban di Gibeon.
3:5 Salomo di Gibeon, dari pilihan yang diberikan TUHAN kepadanya, dia memilih hikmat, dia pun memperoleh hikmat, kekayaan, dan kemuliaan.
3:16 Keadilan Salomo membuatnya menjadi termashyur.

Judul Perikop

Doa Salomo memohon hikmat (3:1-15)
Hikmat Salomo pada waktu memberi keputusan (3:16-28)

Tokoh

Allah, Salomo, dua perempuan.

Nama dan Tempat

Allah, Daud, Firaun, Gibeon, Israel, kota Daud, Mesir, Salomo, TUHAN, Yerusalem

Kesimpulan

Hikmat Allah diberikan kepada mereka yang memiliki semangat seperti anak kecil (Luk 10:21) ay. 8, 9. Kesadaran akan keterbatasan kita sendiri sangatlah penting untuk keberhasilan yang sesungguhnya, jika kita belajar bahwa kuasa Allah yang mahakuasa adalah yang kita perlukan.

Fakta

Hikmat: awal mulanya, Mzm 111:10. Sumbernya, Dan 2:20-22. Kualitasnya, Yak 3:17. Jalan menuju kepadanya, 1 Kor 3:18. Penjelmaannya, 1 Kor 1:30. Bagaimana memperolehnya, Yak 1:5. Untuk siapa, Mat 7:24-25.

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Raja-Raja 3:1-4:43 (1 Raja-raja 3:1--4:34)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

Alkitab Video Bergambar: 1Raja 3 (1Raja 3)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Salomo bersekutu dengan Firaun dengan menikahi putrinya (1Raj 3:1)
  • Salomo berkorban dan membakar dupa di bukit-bukit pengorbanan. (1Raj 3:3)
  • Bukit besar itu terletak di Gibeon. (1Raj 3:4)
  • TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam sebuah mimpi di malam hari (1Raj 3:5)
  • Salomo meminta TUHAN untuk memberinya hati yang penuh pengertian untuk menghakimi rakyatnya. (1Raj 3:9)
  • Ya, permintaan Salomo menyenangkan Tuhan (1Raj 3:10)
  • Allah memberi Salomo hati yang bijaksana dan berpengertian sehingga tidak ada orang lain yang seperti dia. (1Raj 3:12)
  • Ya, Allah memberi Salomo baik kekayaan maupun kehormatan (1Raj 3:13)
  • Allah berkata bahwa ia akan memperpanjang hari-hari Salomo jika Salomo berjalan di dalam ketetapan dan perintah Allah seperti yang dilakukan oleh Raja Daud. (1Raj 3:14)
  • Salomo datang ke Yerusalem dan mempersembahkan korban bakaran dan korban pendamaian serta mengadakan jamuan bagi para hambanya. (1Raj 3:15)
  • Dua perempuan sundal datang dan berdiri di hadapan Salomo (1Raj 3:16)
  • Perempuan yang satu itu berkata bahwa perempuan yang lain mengambil anaknya yang masih hidup darinya dan meletakkan anaknya yang sudah mati di dadanya ketika dia tidur. (1Raj 3:20)
  • Salomo berkata untuk membawa pedang dan membagi anak yang masih hidup menjadi dua dan memberikan bagian-bagiannya kepada dua perempuan itu. (1Raj 3:25)
  • Perempuan pertama berkata untuk memberikan anak yang hidup kepada perempuan kedua dan tidak membunuhnya. (1Raj 3:26)
  • Salomo mengatakan untuk memberikan anak yang masih hidup kepada perempuan pertama dan tidak membunuhnya. (1Raj 3:27)
  • Semua orang Israel takut kepada raja karena mereka melihat kebijaksanaan yang Allah berikan kepadanya untuk memberikan penghakiman. (1Raj 3:28)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!