Baca

1 Raja-raja 21:1-29

Kebun Anggur Nabot

21:1 Setelah peristiwa-peristiwa ini, Nabot, orang Yizreel, memiliki kebun anggur yang berada di Yizreel, di samping istana Ahab, raja Samaria.

21:2 Ahab berkata kepada Nabot, katanya, “Berikanlah kepadaku kebun anggurmu supaya menjadi kebun sayur untukku karena kebun itu dekat di samping istanaku dan aku akan memberikan kepadamu sebagai gantinya kebun anggur yang lebih baik daripada itu, atau jika itu baik di matamu, aku akan memberikan perak sebagai harga atasnya.”

21:3 Namun, Nabot menjawab Ahab, “Demi TUHAN, pantang bagiku untuk memberikan milik pusaka nenek moyangku kepadamu.”

21:4 Ahab datang ke istananya dengan kesal dan geram atas perkataan yang Nabot, orang Yizreel, jawab kepadanya, katanya, “Aku tidak akan memberikan kepadamu milik pusaka nenek moyangku.” Lalu, dia berbaring di tempat tidurnya dan memalingkan wajahnya, serta tidak mau makan roti.

21:5 Izebel, istrinya datang kepadanya, tanyanya, “Mengapa jiwamu kesal dan tidak mau makan roti?”

21:6 Dia menjawab kepadanya, “Sebab aku telah berkata kepada Nabot, orang Yizreel, kataku, ‘Berikanlah kepadaku kebun anggurmu dengan perak atau jika kamu lebih suka, aku akan memberikan kepadamu kebun anggur sebagai gantinya.’ Namun, dia berkata, ‘Aku tidak akan memberikan kepadamu kebun anggurku itu.’”

21:7 Izebel, istrinya berkata kepadanya, “Bukankah engkau sekarang memerintah sebagai raja atas Israel? Bangun, makanlah roti dan biarlah hatimu bergembira! Aku akan memberikan kepadamu kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu.”

21:8 Kemudian, dia menulis banyak surat atas nama Ahab dan memeteraikan mereka dengan meterai raja, serta mengirim surat-surat itu kepada para tua-tua dan kepada para pemuka yang tinggal sekota dengan Nabot.

21:9 Dia menulis dalam surat-surat itu, katanya, “Serukanlah puasa dan dudukkanlah Nabot di depan rakyat ini.

21:10 Dudukkanlah dua orang keturunan orang dursila di hadapannya dan mereka harus bersaksi terhadap dia dengan berkata, ‘Kamu telah mengutuki Allah dan raja.’ Bawalah dia keluar dan lemparilah dengan batu sampai mati.”

21:11 Demikianlah orang-orang yang ada di kotanya, yaitu para tua-tua dan para pemuka yang tinggal di kotanya melakukan seperti yang Izebel utus kepada mereka, seperti yang tertulis dalam surat-surat yang dia kirimkan kepada mereka.

21:12 Mereka menyerukan puasa dan mendudukkan Nabot di depan rakyat.

21:13 Dua orang keturunan orang dursila datang dan duduk di hadapan Nabot. Orang-orang dursila itu bersaksi melawan dia, yaitu Nabot di depan rakyat, dengan berkata, “Nabot telah mengutuki Allah dan raja.” Mereka membawanya ke luar kota dan melemparinya dengan batu sampai mati.

21:14 Kemudian, mereka mengutus orang kepada Izebel, kata mereka, “Nabot sudah dilempari dengan batu sampai mati.”

21:15 Saat Izebel mendengar bahwa Nabot sudah dilempari dengan batu sampai mati, Izebel berkata kepada Ahab, “Bangunlah, milikilah kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu, yang telah menolak untuk memberikan kepadamu dengan bayaran perak karena Nabot tidak lagi hidup, dia sudah mati.”

21:16 Saat Ahab mendengar bahwa Nabot sudah mati, Ahab bangkit untuk pergi ke kebun anggur Nabot, orang Yizreel itu, untuk memilikinya.

21:17 Kemudian, firman TUHAN turun kepada Elia, orang Tisbe itu, firman-Nya,

21:18 “Bangkitlah, pergilah menemui Ahab, raja Israel, yang berada di Samaria. Lihatlah, dia berada di kebun anggur Nabot. Dia pergi ke sana untuk mengambilnya menjadi miliknya.

21:19 Kamu harus berkata kepadanya, demikian, ‘Beginilah TUHAN berfirman, ‘Apakah kamu telah membunuh dan juga merampasnya?’’ Kamu harus berkata kepadanya, dengan berkata, ‘Beginilah TUHAN berfirman, ‘Di tempat anjing-anjing menjilati darah Nabot, anjing-anjing akan menjilati darahmu, bahkan anjingmu sendiri.’’”

21:20 Lalu, Ahab berkata kepada Elia, “Apakah engkau telah menemukanku, hai musuhku?’ Jawabnya, “Aku telah menemukanmu karena engkau telah menjual dirimu untuk melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.

21:21 Lihatlah, Aku akan mendatangkan malapetaka kepadamu dan Aku akan menghapuskan keturunanmu dan melenyapkan dari Ahab setiap laki-laki, seorang yang tertawan, dan seorang yang ditinggalkan di Israel.

21:22 Aku akan membuat keluargamu sama seperti keluarga Yerobeam, anak Nebat, dan seperti keluarga Baesa, anak Ahia, karena kekesalannya sehingga membangkitkan murka-Ku dan menyebabkan Israel berdosa.

21:23 Demikian juga tentang Izebel, TUHAN telah berfirman, firman-Nya, ‘Anjing-anjing akan memakan Izebel di tembok luar Yizreel.

21:24 Setiap orang dari keluarga Ahab yang mati di kota, anjing-anjing akan memakannya, dan setiap orang yang mati di padang, burung-burung di langit akan memakannya.’”

21:25 Namun, tidak ada yang seperti Ahab, yang menjual dirinya untuk melakukan apa yang jahat di mata TUHAN karena Izebel, istrinya telah menghasutnya.

21:26 Dia melakukan perbuatan yang sangat keji dengan mengikuti berhala-berhala, sama seperti yang dilakukan oleh orang Amori, yang telah TUHAN usir dari hadapan keturunan Israel.

21:27 Saat Ahab mendengar perkataan itu, dia mengoyakkan pakaiannya dan mengenakan kain kabung pada tubuhnya serta berpuasa, lalu dia berbaring dengan kain kabung dan berjalan perlahan.

21:28 Firman TUHAN turun kepada Elia, orang Tisbe, firman-Nya,

21:29 “Apakah kamu pernah melihat bahwa Ahab merendahkan diri di hadapan-Ku? Oleh karena dia telah merendahkan diri di hadapan-Ku, Aku tidak akan mendatangkan malapetaka pada zamannya melainkan Aku akan mendatangkan malapetaka atas keluarganya pada zaman anaknya.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Nabot dilempari batu

Isi Pasal

Ahab mendambakan kebun anggur Nabot. Elia memberitahukan ajal Ahab.

Garis Besar

21:1 Ahab yang tidak mendapatkan kebun anggur Nabot, merasa kesal.
21:5 Izebel menulis surat untuk menghabisi Nabot, dia dituduh sebagai penghujat.
21:15 Ahab mengambil kebun anggur itu menjadi miliknya.
21:17 Alia menyampaikan penghukuman atas Ahab dan izebel.
21:25 Ahab yang jahat menyesal, TUHAN menangguhkan hukuman itu.

Judul Perikop

Kebun anggur Nabot (21:1-29)

Tokoh

Allah, Elia, Ahab, Nabot, Izebel.

Nama dan Tempat

Ahab, Ahia, Allah, Amori, Baesa, Elia, Israel, Izebel, Nabot, Nebat, Samaria, Tisbe, TUHAN, Yerobeam, Yizreel

Kesimpulan

Seseorang bisa menginginkan dan mendapatkan apa yang bukan merupakan kehendak Allah bagi mereka, namun dia bisa yakin bahwa dengan itu, dia akan mendapatkan kutukan. Ketamakan membuka pintu kepada semua dosa.

Fakta

Ketamakan adalah dosa yang pertama di Taman Eden (Kej 3:6) yang pertama ketika memasuki tanah perjanjian (Yos 7:21) yang pertama di gereja mula-mula (Kis 5:1-3).

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Raja-Raja 21-22:33 (1 Raja-raja 21:1--22:33)
Kebenaran Abadi

Nonton

Alkitab Video Bergambar: 1Raja 21 (1Raja 21)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Ahab, raja Samaria, menginginkan kebun anggur dari Nabot, yang dekat istananya. (1Raj 21:1)
  • Ahab, raja Samaria, menginginkan kebun anggur dari Nabot, yang dekat istananya (1Raj 21:2)
  • Ahab menawarkan untuk memberi Nabot kebun anggur yang lebih baik atau membayarnya dengan uang. (1Raj 21:2)
  • Nabot menolak memberikan kebun anggurnya kepada Ahab karena itu adalah warisan nenek moyangnya. (1Raj 21:3)
  • Ahab menjadi kesal dan marah, pergi tidur, dan menolak makan apa pun. (1Raj 21:4)
  • Istri Ahab, Izebel, menyuruhnya untuk bangun dari tempat tidur, makan, dan bergembira. (1Raj 21:7)
  • Izebel memiliki dua orang yang tidak jujur menuduh Nabot melakukan penistaan terhadap Allah dan raja di sebuah puasa umum. (1Raj 21:10)
  • Nabot akan dibawa keluar dan dirajam sampai mati. (1Raj 21:10)
  • TUHAN mengutus Elia orang Tisbe ke kebun anggur. (1Raj 21:10,17)
  • Ketika Ahab mendengar bahwa Nabot sudah mati, dia pergi ke kebun anggur untuk mengambilnya. (1Raj 21:18)
  • Elia mengatakan kepada Ahab bahwa anjing akan menjilati darahnya di mana mereka menjilati darah Nabot. (1Raj 21:19)
  • Elia mengatakan kepada Ahab bahwa TUHAN akan melenyapkannya dari setiap anak laki-laki dan budak dan orang merdeka di Israel karena ia telah menyebabkan Israel berdosa. (1Raj 21:22)
  • Anjing-anjing akan makan Izebel di dinding Yizreel. (1Raj 21:23)
  • Ahab merobek pakaiannya, mengenakan kain karung di tubuhnya, dan berpuasa. (1Raj 21:27)
  • TUHAN mengatakan bahwa dia tidak akan membawa bencana ini pada masa Ahab, tetapi akan melakukannya pada masa putranya. (1Raj 21:29)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!