Baca

Matius 3:1-17

Khotbah Yohanes Pembaptis (Mrk. 1:1-8; Luk. 3:1-9, 15-17; Yoh. 1:19-28)

3:1 Pada hari-hari itu, muncullah Yohanes Pembaptis, berkhotbah di padang belantara Yudea.

3:2 Dia berkata, “Bertobatlah karena Kerajaan Surga sudah dekat.”

3:3 Sebab, dialah yang diucapkan Nabi Yesaya ketika berkata, “Ada suara berseru-seru: ‘Persiapkan jalan di padang belantara bagi TUHAN! Ratakan jalan di padang gurun bagi Allah kita!.’”

3:4 Dan, Yohanes sendiri mengenakan pakaiannya dari bulu unta dan sabuk kulit di sekeliling pinggangnya. Makanannya adalah belalang-belalang dan madu hutan.

3:5 Kemudian, orang-orang Yerusalem datang kepadanya, dan seluruh Yudea, dan seluruh wilayah di sekitar Yordan.

3:6 Lalu, mereka dibaptiskan olehnya di Sungai Yordan, sambil mengakui dosa-dosa mereka.

3:7 Namun, ketika Yohanes melihat banyak orang Farisi dan Saduki datang pada baptisannya, dia berkata kepada mereka, “Kamu, keturunan ular beludak, siapa yang memperingatkan kamu untuk lari dari murka yang akan datang?

3:8 Karena itu, hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan,

3:9 dan jangan berpikir untuk berkata kepada dirimu sendiri, ‘Kami mempunyai Abraham, bapak leluhur kami,’ karena aku mengatakan kepadamu bahwa dari batu-batu ini, Allah sanggup membangkitkan anak-anak untuk Abraham!

3:10 Bahkan, sekarang, kapak diletakkan di akar pohon-pohon, dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik ditebang dan dilemparkan ke dalam api.

3:11 Aku sesungguhnya membaptis kamu dengan air untuk pertobatan, tetapi Dia yang datang sesudah aku adalah lebih berkuasa daripada aku, yang membawa sandal-Nya pun aku tidak layak. Dia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

3:12 Alat penampi ada di tangan-Nya, dan Dia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya, dan akan mengumpulkan gandum ke dalam lumbung. Namun, Dia akan membakar sekamnya dengan api yang tidak dapat dipadamkan.”

Yesus Dibaptis oleh Yohanes Pembaptis (Mrk. 1:9-11; Luk. 3:21-22; Yoh. 1:32-34)

3:13 Kemudian, Yesus datang dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.

3:14 Namun, Yohanes berusaha mencegah-Nya dan berkata, “Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, tetapi justru Engkau yang datang kepadaku?”

3:15 Lalu, Yesus menjawab dan berkata kepadanya, “Biarkanlah hal itu terjadi sekarang pada kita untuk menggenapi seluruh kebenaran.” Dan, Yohanes pun membiarkan Dia.

3:16 Setelah dibaptis, Yesus langsung keluar dari air, dan lihat, surga terbuka dan Dia melihat Roh Allah turun seperti burung merpati datang ke atas-Nya.

3:17 Dan, dengarlah suara dari surga yang berkata, “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Khotbah Yohanes Pembaptis

Isi Pasal

Pelayanan Yohanes Pembaptis dan pembaptisan Yesus.

Garis Besar

3:1 Yohanes memberitakan: karya, hidup, dan baptisan-Nya.
3:7 Dia mengkritik orang Farisi,
3:13 dan membaptis Kristus di Sungai Yordan.

Judul Perikop

Yohanes Pembaptis (3:1-12)
Yesus dibaptis Yohanes (3:13-17)

Tokoh

Allah, Yesus, Yohanes.

Nama dan Tempat

Abraham, Allah, Farisi, Galilea, Kerajaan Sorga, Roh Allah, Roh Kudus, Saduki, Tuhan, Yerusalem, Yesaya, Yesus, Yohanes, Yohanes Pembaptis, Yordan, Yudea

Kesimpulan

Mengikuti/Meneladani Yesus di air baptisan adalah mengakui di hadapan publik keterpisahan kita dari dosa, keputusan untuk menghasilkan buah bagi Allah, pengabdian untuk pelayanan-Nya.

Fakta

Ketika Yohanes memberitakan (ay. 2) "kerajaan Surga sudah dekat,** dia memberitakan bahwa takdir orang Kristen adalah yang akan terjadi selanjutnya. Dia menunjuk kepada Yesus bukan sebagai seorang Raja yang pada saat itu akan bertahta di dunia, namun sebagai "Anak Domba yang menghapus dosa dunia"

Dengar

Program Studi Alkitab

Matius 2:12-3:9 (Matius 2:12--3:9)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

Lumo: Yohanes Pembaptis; Yesus dibaptis Yohanes (Matius 3:1-17)

Playlist:

LUMO
FILM MATIUS
THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
VIDEO INJIL GLOBAL
RAJA KEMULIAAN
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!