Baca

Matius 2:1-23

Orang-Orang Majus Menyembah Yesus

2:1 Sekarang, setelah Yesus lahir di Betlehem, di Yudea, pada zaman Raja Herodes, lihat, orang-orang Majus dari timur datang ke Yerusalem.

2:2 Mereka bertanya, “Di manakah Dia, Raja orang Yahudi yang dilahirkan itu? Sebab, kami telah melihat bintang-Nya di timur dan kami datang untuk menyembah-Nya.”

2:3 Ketika Raja Herodes mendengar hal ini, gelisahlah dia dan seluruh Yerusalem bersamanya.

2:4 Lalu, dia mengumpulkan semua imam kepala dan ahli-ahli Taurat bangsa itu. Dia bertanya kepada mereka di mana Kristus dilahirkan.

2:5 Mereka menjawab, “Di Betlehem, wilayah Yudea, karena beginilah yang ditulis oleh nabi:

2:6 ‘Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, di tanah Yehuda, engkau bukanlah yang terkecil di antara penguasa Yehuda, karena darimu akan bangkit bagi-Ku, seorang yang akan memerintah Israel.’”

2:7 Kemudian, Herodes diam-diam memanggil orang-orang Majus itu, meminta kepastian dari mereka tentang waktu bersinarnya bintang itu.

2:8 Lalu, dia menyuruh mereka ke Betlehem dan berkata, “Pergi dan selidikilah dengan teliti tentang Anak itu. Dan, kalau kamu sudah menemukan-Nya, beritahukanlah kepadaku supaya aku juga bisa datang dan menyembah-Nya.”

2:9 Setelah mendengarkan raja, mereka pergi. Dan, lihat, bintang yang mereka lihat di timur itu menuntun mereka sampai tiba dan berhenti di atas tempat Anak itu berada.

2:10 Ketika melihat bintang itu, mereka bersukacita dengan sukacita yang sangat besar.

2:11 Setelah masuk ke dalam rumah, mereka menemukan Anak itu bersama Maria, ibu-Nya. Lalu, mereka tersungkur dan menyembah-Nya. Kemudian, mereka membuka tempat-tempat harta mereka dan mempersembahkan hadiah-hadiah kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan, dan mur.

2:12 Dan, sesudah diperingatkan dalam mimpi agar jangan kembali kepada Herodes, mereka kembali ke negerinya melalui jalan lain.

Perintah untuk Lari ke Mesir

2:13 Setelah orang-orang Majus itu pergi, lihat, malaikat Tuhan tampak kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata, “Bangunlah! Bawa Anak itu bersama ibu-Nya dan larilah ke Mesir. Tinggallah di sana sampai Aku berbicara kepadamu karena Herodes ingin mencari Anak itu untuk membinasakan-Nya.”

2:14 Kemudian, Yusuf bangun dan membawa Anak itu dengan ibu-Nya pada waktu malam untuk pergi ke Mesir,

2:15 dan tinggal di sana sampai Herodes mati supaya digenapilah yang difirmankan Tuhan melalui nabi: “Dan dari Mesir Kupanggil Anak-Ku.”

Pembunuhan Semua Anak Laki-Laki di Betlehem

2:16 Kemudian, ketika Herodes tahu bahwa dia sudah diperdaya oleh orang-orang Majus, dia sangat murka dan memerintahkan untuk membunuh semua anak laki-laki di Betlehem dan seluruh wilayah di sekitarnya, yang berumur dua tahun ke bawah, sesuai dengan waktu yang sudah ia pastikan dari orang-orang Majus.

2:17 Maka, genaplah yang disampaikan oleh Nabi Yeremia:

2:18 “Suatu suara terdengar di Rama, tangisan dan ratapan yang sangat sedih. Rahel menangisi anak-anaknya, dan tidak mau dihibur karena mereka sudah tiada.”

Perintah untuk Kembali ke Israel

2:19 Namun, ketika Herodes mati, lihat, malaikat Tuhan menampakkan diri dalam mimpi kepada Yusuf di Mesir,

2:20 dan berkata, “Bangunlah, bawa Anak itu dengan ibu-Nya dan pergilah ke tanah Israel karena orang-orang yang berusaha membunuh nyawa Anak itu sudah mati.”

2:21 Lalu, dia bangun dan membawa Anak itu beserta ibu-Nya dan kembali ke tanah Israel.

2:22 Akan tetapi, ketika dia mendengar bahwa Arkhelaus memerintah di Yudea menggantikan Herodes, ayahnya, Yusuf takut pergi ke sana. Setelah diperingatkan dalam mimpi, dia pergi ke wilayah Galilea.

2:23 Dia tiba dan tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret supaya genaplah yang disampaikan para nabi, “Dia akan disebut ‘Orang Nazaret’.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kelahiran Kristus

Isi Pasal

Kunjungan orang Majus, melarikan diri ke Mesir, pembunuhan anak-anak tak bersalah oleh Herodes. Kembalinya Yusuf dan Maria ke Nazaret.

Garis Besar

2:1 Orang Majus dari Timur bertanya tentang Kristus;
2:3 yang membuat Herodes terkejut.
2:9 Mereka dipandu oleh sebuah bintang ke Betlehem, menyembah Dia, dan memberikan persembahan.
2:13 Yusuf melarikan diri ke Mesir bersama Yesus dan ibu-Nya.
2:16 Herodes membunuh anak-anak;
2:20 dia sendiri meninggal.
2:23 Kristus dibawa kembali ke Galilea, kota Nazaret.

Judul Perikop

Orang-orang majus dari Timur (2:1-12)
Penyingkiran ke Mesir (2:13-15)
Pembunuhan anak-anak di Betlehem (2:16-18)
Kembali dari Mesir (2:19-23)

Tokoh

Allah, Yesus, Yusuf, Maria, Herodes, para imam kepala, ahli-ahli Taurat, orang Majus, Arkhelaus.

Nama dan Tempat

Arkhelaus, Betlehem, Galilea, Herodes, Israel, Maria, Mesias, Mesir, Nazaret, Rahel, Rama, Taurat, Tuhan, Yahudi, Yehuda, Yeremia, Yerusalem, Yesus, Yudea, Yusuf

Kesimpulan

Terang dari Kitab Suci dan terang dari alam diperhitungkan untuk memimpin jiwa yang mencari Kristus, Sang Juruselamat. Mereka yang mengikuti terang yang menunjuk kepada Dia akan mendapati Dia di dalam sukacita yang tak terkatakan. Mereka yang menolak terang itu hanya akan mengalami ketakutan kepada Dia dalam hidup ini dan sia-sia selamanya hanya mengalami penderitaan.

Fakta

ay. 12. Ini adalah yang pertama dari 21 usaha yang gagal dalam kehidupan Yesus yang menandai kebencian setan dan keinginannya untuk mengenyahkan Dia sebelum karya-Nya yang ditetapkan dapat terlaksana. Kebencian itu tampak di masa Perjanjian Lama menentang garis kerajaan, dan sekarang ketika pengorbanan Kristus* terjadi, ditunjukkan di dalam hati manusia yang buta agar mereka tidak melihat Dia sebagai Juruselamat mereka, dan menentang orang Kristen agar kesaksian mereka tentang Dia dihalang-halangi.

Dengar

Program Studi Alkitab

Matius 2:1-11 (Matius 2:1-11)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

Lumo: Orang-orang majus dari Timur; Penyingkiran ke Mesir; Pembunuhan anak-anak di Betlehem; Kembali dari Mesir (Matius 2:1-23)

Playlist:

LUMO
FILM MATIUS
THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
VIDEO INJIL GLOBAL
RAJA KEMULIAAN
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!