Sembunyikan Semua (-)
Baca

Hakim-hakim 14:1-20

Pernikahan Simson

14:1 Simson pergi ke Timna. Di Timna, dia melihat seorang gadis Filistin.

14:2 Kemudian, dia pulang dan memberitahukan kepada ayah dan ibunya, katanya, “Aku melihat seorang gadis Filistin di Timna. Sekarang, ambillah dia menjadi istriku.”

14:3 Ayah dan ibunya berkata kepadanya, “Tidak adakah perempuan di antara anak-anak saudaramu atau di antara seluruh bangsamu sehingga engkau pergi mengambil istri dari orang Filistin, orang-orang yang tidak bersunat itu? Simson berkata kepada ayahnya, “Ambillah dia, sebab aku suka memandangnya.”

14:4 Ayah dan ibunya tidak mengetahui bahwa hal itu berasal dari TUHAN, sebab Dia sendiri mencari kesempatan untuk melawan orang Filistin. Pada saat itu, orang Filistin berkuasa atas orang Israel.

14:5 Lalu, Simson pergi ke Timna beserta ayah dan ibunya. Ketika mereka memasuki kebun-kebun anggur di Timna, tiba-tiba seekor singa muda mengaum mendekati Simson.

14:6 Roh TUHAN berkuasa atas Simson sehingga dia mencabik-cabiknya seperti anak kambing, tanpa alat apa pun di tangannya. Akan tetapi, dia tidak menceritakan kepada ayah atau ibunya apa yang dilakukannya.

14:7 Lalu, dia pergi dan berbicara dengan perempuan itu, sebab dia menyenangkan hati Simson.

14:8 Beberapa hari kemudian, dia kembali untuk mengambilnya. Dia menyimpang dari jalan untuk melihat bangkai singa muda itu, dan tampaklah kawanan lebah pada kerangka singa muda itu, dan madu.

14:9 Dia mengeruk madu itu ke dalam tangannya, dan dia pergi sambil memakannya. Lalu, dia pergi kepada ayah dan ibunya, lalu memberikan madu itu kepada mereka, lalu mereka memakannya. Akan tetapi, dia tidak menceritakan bahwa madu itu dikeruknya dari kerangka singa.

14:10 Kemudian, ayahnya pergi kepada perempuan itu, lalu Simson mengadakan perjamuan di sana, sebab inilah yang dilakukan oleh orang-orang muda.

14:11 Ketika mereka melihat dia, mereka memilih tiga puluh kawannya untuk menyertai dia.

14:12 Simson berkata kepada mereka, “Biarlah aku mengatakan teka-teki. Jika kamu dapat memberitahukan jawaban yang tepat kepadaku dalam tujuh hari selama perjamuan ini dan menebaknya, aku akan memberikan tiga puluh pakaian linen dan tiga puluh pakaian kebesaran.

14:13 Akan tetapi, jika kamu tidak dapat menebaknya, kamu harus memberikan tiga puluh pakaian linen dan tiga puluh pakaian kebesaran kepadaku.” Mereka berkata kepadanya, “Katakanlah teka-tekimu itu untuk kami dengar.”

14:14 Lalu, dia berkata kepada mereka, “Dari yang makan, keluarlah makanan. Dari yang kuat, keluarlah yang manis.” Mereka tidak dapat memberi jawab atas teka-teki itu selama tiga hari.

14:15 Pada hari ketujuh, mereka berkata kepada istri Simson, “Bujuklah suamimu untuk memberitahukan jawaban teka-teki itu kepada kami. Jika tidak, kami akan membakar engkau dan keluargamu dengan api. Apakah engkau mengundang kami untuk menjadikan kami miskin?”

14:16 Istri Simson menangis di hadapannya dan berkata, “Sesungguhnya, engkau membenciku dan tidak mencintaiku. Teka-teki yang kaukatakan kepada orang-orang sebangsaku tidak engkau beritahukan kepadaku.” Simson, “Bahkan, ayah dan ibuku tidak kuberitahukan. Masakan aku memberitahukan kepadamu?”

14:17 Istrinya terus menangis di sampingnya selama tujuh hari mereka mengadakan perjamuan itu. Pada hari ketujuh, dia memberitahukan kepadanya karena istrinya terus merengek-rengek. Kemudian, perempuan itu memberitahukan jawaban teka-teki itu kepada orang-orang sebangsanya.

14:18 Pada hari ketujuh, orang-orang kota itu berkata kepadanya, sebelum terbenamnya matahari, “Apa yang lebih manis daripada madu? Apa yang lebih kuat daripada singa?” Dia berkata kepada mereka, “Seandainya kamu tidak membajak dengan sapi betinaku, kamu tidak dapat menjawab teka-tekiku.”

14:19 Dan, Roh TUHAN berkuasa atas Simson, lalu dia pergi ke Askelon dan membunuh tiga puluh orang di sana. Dia mengambil pakaian mereka, lalu diberikannya pakaian-pakaian kebesaran itu kepada mereka yang dapat menjawab teka-tekinya. Saat amarahnya masih menyala-nyala, dia pulang ke rumah ayahnya.

14:20 Lalu, istri Simson diberikan kepada kawannya, yang merupakan pengiringnya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pernikahan Simson dan teka-tekinya

Isi Pasal

Simson sebagai hakim. Kemenangannya atas singa; teka-tekinya; istrinya.

Garis Besar

14:1 Simson menginginkan seorang gadis Filistin sebagai istri.
14:6 Dalam perjalanan dia membunuh seekor singa.
14:8 Di perjalanannya yang kedua dia menemukan madu di dalam kerangka singa.
14:10 Jamuan makan pernikahan Simson.
14:12 Teka-teki terbongkar melalui istrinya.
14:19 Dia membunuh tiga puluh orang Filistin.
14:20 Istrinya menikah dengan orang lain.

Judul Perikop

Perkawinan Simson dan teka-tekinya (14:1-20)

Tokoh

Allah, Roh Kudus, Simson, orang tua, perempuan Timna.

Nama dan Tempat

Askelon, Filistin, Israel, Simson, Timna, TUHAN

Kesimpulan

Orang yang dalam memilih istri hanya didasarkan pada apa yang dia lihat dan yang disukainya pastilah sesudah itu bersyukur kepada dirinya sendiri jika ia mendapatkan perempuan Filistin sebagai miliknya (ay. 3). Janganlah kita menjadi "pasangan yang tidak seimbang dengan orang yang tidak percaya."

Fakta

Ketika Allah, melalui pemeliharaan-Nya, mendatangkan kebaikan dari yang jahat kepada para pengikut Kristus - ketika hal yang mengancam kehancuran mereka akan berbalik menjadi keuntungan bagi mereka dan amarah manusia berbalik menjadi pujian kepada-Nya - maka terjadilah dari yang makan keluar makanan, dari yang kuat keluar manisan.

Dengar

Program Studi Alkitab

Hakim-Hakim 14-16 (Hakim-hakim 14:1--16:31)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Hakim-hakim (Hakim-hakim 1-21)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
Semua Kitab Suci -- Kebenaran Abadi
Hakim-Hakim - Episode 310 (Pasal 14-16) [Durasi: 29:39]
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Siapa yang Simson ingin orang tuanya dapatkan sebagai istrinya? [Hak 14:2]
Simson ingin orang tuanya mendapatkan seorang wanita di Timna, salah satu anak perempuan Filistin, agar dia menjadi istrinya. [Hak 14:2]
2. Mengapa Simson ingin orang tuanya memberinya wanita di Timna sebagai istrinya? [Hak 14:3]
Dia ingin orang tuanya memberinya wanita di Timna sebagai istrinya, karena ketika dia memandangnya, dia suka padanya. [Hak 14:3]
3. Bagaimana Simson mampu mencabik-cabik singa? [Hak 14:6]
Roh TUHAN tiba-tiba berkuasa atasnya, dan dia mencabik-cabik singa itu. [Hak 14:6]
4. Apa yang ada di dalam kerangka singa itu? [Hak 14:8]
Ada kawanan lebah dan madu di kerangka singa itu. [Hak 14:8]
5. Apa yang akan didapat Simson jika ketiga puluh temannya tidak bisa menjawab tekatekinya? [Hak 14:13]
Simson akan mendapatkan tiga puluh jubah linen dan tiga set pakaian jika ketiga puluh teman itu tidak dapat menjawab teka-tekinya. [Hak 14:13]
6. Apa yang akan terjadi pada istri Simson jika dia tidak menipu suaminya dan mendapatkan jawaban atas teka-teki itu? [Hak 14:15]
Jika istri Simson tidak menipu suaminya dan mendapatkan jawaban atas teka-teki itu, ketiga puluh temannya akan membakarnya dan rumah ayahnya. [Hak 14:15]
7. Berapa lama istri Simson menangis untuk mendapatkan jawaban atas teka-teki itu? [Hak 14:17]
Dia menangis selama tujuh hari selama pesta mereka berlangsung. [Hak 14:17]
8. Bagaimana Simson mendapatkan tiga puluh set pakaian? [Hak 14:19]
Simson pergi ke Askelon dan membunuh tiga puluh orang di antara orang-orang itu dan mengambil pakaian mereka. [Hak 14:19]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melalui:
BaDeNo PB
BaDeNo PL
Alkitab Setiap Hari
Mari join bersama dengan kami melalui:
#ayo_pa! #ayo_pa!