Baca

Daniel 12:1-13

Akhir Zaman

12:1 “Pada waktu itu akan muncul Mikhael, pemimpin besar yang akan mendampingi anak-anak bangsamu. Akan ada masa kesusahan yang belum pernah terjadi sejak bangsa-bangsa ada sampai pada waktu itu. Akan tetapi, pada waktu itu bangsamu akan terluput, yaitu setiap orang yang namanya ditemukan tertulis dalam kitab itu.

12:2 Banyak dari antara orang-orang yang tidur di dalam debu tanah akan bangun, beberapa untuk memperoleh hidup yang kekal, dan sebagian untuk mendapat cela dan penghinaan yang kekal.

12:3 Orang-orang yang bijaksana akan bersinar seperti cahaya cakrawala. Merekalah yang menuntun banyak orang kepada kebenaran, seperti bintang-bintang untuk selama-lamanya.”

12:4 “Akan tetapi, kamu, Daniel, sembunyikanlah firman itu dan meteraikanlah kitab itu sampai akhir zaman. Banyak orang akan pergi ke sana sini, dan pengetahuan akan bertambah banyak.”

12:5 Lalu, aku, Daniel, melihat, dan lihat, dua orang lain tampak berdiri. Seorang di tepi sungai sebelah sini dan yang lain di tepi sungai sebelah sana.

12:6 Yang seorang bertanya kepada orang yang berpakaian linan, yang berada di atas air sungai itu, “Berapa lama hal-hal ajaib ini akan berakhir?”

12:7 Lalu, aku mendengar orang yang berpakaian kain linan itu, yang berada di atas air sungai itu, ketika dia mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke surga dan bersumpah demi Dia yang hidup selama-lamanya, “Satu masa, dua masa, dan setengah masa. Setelah selesai kuasa yang merusak bangsa yang kudus itu, semua hal ini akan digenapi!”

12:8 Aku mendengar, tetapi aku tidak memahaminya. Kemudian, aku bertanya, “Ya, Tuanku, apakah kesudahan dari segala hal ini?”

12:9 Dia menjawab, “Pergilah, Daniel! Sebab, firman ini tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman.

12:10 Banyak orang akan dibersihkan, disucikan, dan diuji, tetapi orang jahat akan berbuat jahat. Tidak seorang pun dari orang jahat itu akan memahami, tetapi orang-orang yang bijaksana akan memahaminya.”

12:11 “Sejak waktu kurban sehari-hari dihapuskan dan dewa-dewa kejijikan yang membinasakan itu ditegakkan, akan ada 1.290 hari.

12:12 Diberkatilah orang yang menanti-nanti dan mencapai 1.335 hari.”

12:13 “Akan tetapi, kamu, Daniel, pergilah sampai kesudahan tiba. Kamu akan beristirahat dan akan bangkit untuk mendapat bagianmu pada akhir zaman.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pembebasan Israel

Isi Pasal

Kesengsaraan yang hebat di zaman akhir, dan kebangkitan diramalkan. Pesan terakhir Daniel.

Garis Besar

12:1 Mikhael akan membebaskan Israel dari kesesakan mereka.
12:5 Daniel diberitahu tentang akhir zaman.

Judul Perikop

Akhir zaman (12:1-13)

Tokoh

Allah, Daniel, Mikhael.

Nama dan Tempat

Daniel, Mikhael

Kesimpulan

Zaman ini adalah menutup masa kesengsaraan seperti yang diketahui oleh dunia. Kristus akan datang untuk menyelamatkan umat-Nya dan untuk membangkitkan tubuh dari banyak orang dari debu. Hadiah yang mulia akan dianugerahkan kepada mereka yang bijaksana dan memberitahu jalan keselamatan kepada orang lain.

Fakta

Akhir zaman atau hari kesukaran Yakub (Yeremia 30:7), akan menjadi masa kesengsaraan seperti yang belum ada sejak permulaan dunia, atau yang akan terjadi (Mat 24:21). Perjanjian Baru menambahkan banyak rincian mengenai hal ini. Namun tentang penampakan Kristus dalam kemuliaan tidak ada manusia yang akan dikecualikan melewatinya. Mereka yang mengenal Kristus sebagai Juruselamat tidak akan dipanggil melewatinya (Why 3:10), namun akan disusul sebelum itu dimulai (1 Tes 4:16-18).

Dengar

Program Studi Alkitab

Daniel 12:1-13 (Daniel 12:1-13)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Alkitab Video Bergambar: Daniel 12 (Daniel 12)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!