Baca

Daniel 10:1-21

Penglihatan Daniel di Tepi Sungai Tigris

10:1 Pada tahun ketiga pemerintahan Koresh, raja Persia, suatu firman dinyatakan kepada Daniel, yang namanya disebut Beltsazar. Firman itu benar dan mengenai peperangan yang besar. Dia memahami firman itu dan memiliki pengertian tentang penglihatan itu.

10:2 Pada hari itu, aku, Daniel, berdukacita selama tiga minggu.

10:3 Makanan yang enak tidak kumakan, daging dan anggur tidak masuk ke dalam mulutku, dan aku tidak mengurapi diriku dengan minyak sampai tiga minggu penuh.

10:4 Pada hari ke-24 bulan pertama, saat aku berada di tepi sungai besar, yaitu Sungai Tigris.

10:5 Aku mengangkat mataku dan melihat, tampaklah seorang berpakaian kain linen dan berikat pinggang emas dari Ufas.

10:6 Tubuhnya seperti permata Tarsis, wajahnya seperti cahaya kilat, matanya seperti obor api yang menyala, lengan dan kakinya seperti tembaga yang digosok, dan suara perkataannya seperti suara keramaian banyak orang.

10:7 Hanya aku, Daniel, yang melihat penglihatan itu sementara orang-orang yang bersama denganku tidak melihat penglihatan itu. Akan tetapi, mereka ditimpa ketakutan yang besar sehingga mereka melarikan diri untuk bersembunyi.

10:8 Aku ditinggal seorang diri dan melihat penglihatan yang besar itu, dan tidak ada kekuatan yang tersisa padaku. Sebab, air mukaku berubah, dan tidak ada lagi kekuatan padaku.

10:9 Lalu, aku mendengar suara perkataannya. Pada saat aku mendengar suara perkataannya itu, aku menjadi pingsan dengan mukaku tertelungkup ke tanah.

10:10 Lalu, sebuah tangan tampak menyentuh aku dan membuat lutut dan tanganku gemetar.

10:11 Lalu, dia berkata kepadaku, “Hai Daniel, orang yang sangat dikasihi, perhatikanlah firman yang kukatakan kepadamu. Berdirilah tegak, sebab sekarang aku diutus kepadamu.” Ketika dia sudah menyampaikan firman itu kepadaku, aku berdiri dengan gemetar.

10:12 Dia berkata kepadaku, “Jangan takut, Daniel, sebab sejak hari pertama engkau telah menetapkan hatimu untuk memperoleh pengertian dan merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, perkataanmu telah didengar. Aku datang karena perkataanmu itu.

10:13 Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri menentang aku selama 21 hari. Akan tetapi, Mikhael, salah seorang kepala pemimpin terkemuka, datang menolongku, dan aku, aku tertinggal di sana bersama dengan raja Persia.

10:14 “Sekarang, aku datang untuk membuatmu mengerti apa yang akan terjadi terhadap bangsamu pada hari-hari terakhir. Sebab, penglihatan ini mengenai hari depan.”

10:15 Ketika dia menyampaikan perkataan itu kepadaku, aku menundukkan wajahku ke tanah dan terdiam.

10:16 Lalu, lihat, sesuatu yang tampak menyerupai seorang manusia menyentuh bibirku. Lalu, aku membuka mulutku dan mulai berbicara. Aku berbicara dan berkata kepada orang yang berdiri di depanku, “Ya Tuanku, karena penglihatan itu, kesakitan menimpa atasku, dan aku tidak punya kekuatan lagi.

10:17 Sebab, bagaimanakah aku, hamba Tuanku ini, berbicara dengan Tuanku? Sebab, tidak ada lagi kekuatan dalam diriku atau napas yang tersisa dalam diriku?”

10:18 Kemudian, seseorang yang menyerupai manusia itu menyentuhku lagi dan menguatkanku.

10:19 Dia berkata, “Jangan takut, hai kamu, manusia yang dikasihi! Damai sejahtera bagimu. Jadilah kuat, ya, jadilah kuat!” Sementara dia masih berbicara denganku, aku menjadi kuat. Lalu, aku berkata, “Berbicaralah Tuanku sebab engkau telah menguatkan aku.”

10:20 Lalu, dia berkata, “Tahukah kamu mengapa aku datang kepadamu? Sekarang, aku akan kembali untuk berperang dengan pemimpin orang Persia. Setelah aku pergi, pemimpin orang Yunani akan datang.

10:21 Akan tetapi, aku akan memberitahukan kepadamu apa yang tertulis dalam Kitab Kebenaran. Tidak seorang pun yang berdiri di pihakku melawan mereka, kecuali Mikhael, pemimpinmu.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Daniel dihibur

Isi Pasal

Penglihatan tentang kemuliaan Allah. Utusan dari surga ditahan, namun akhirnya datang untuk menunjukkan kepada Daniel hal-hal yang akan terjadi, sebagai jawaban doa.

Garis Besar

10:1 Daniel, ketika merendahkan diri, melihat sebuah penglihatan.
10:10 Sangat ketakutan, dia dikuatkan oleh malaikat.

Judul Perikop

Penglihatan Daniel di tepi sungai Tigris (10:1--11:1)

Tokoh

Allah, Kristus, Daniel, Mikhael, Koresh, Raja Persia dan Yunani.

Nama dan Tempat

Allah, Beltsazar, Daniel, Koresh, Mikhael, Persia, Tarsis, Tigris, Yunani

Kesimpulan

Sejak hari kita mulai melihat Allah di jalan kewajiban, Dia siap untuk menemui kita di jalan belas kasihan. Ketika kita memahami dengan benar cara pemeliharaan dan anugerah Allah berkenaan dengan kita, kita akan lebih baik berdamai dengan mereka. Kegagalan untuk memenuhi transaksi dengan Allah adalah penyebab dari banyaknya doa yang tidak terjawab.

Fakta

ay. 6, 16, 17. Kristus di sini muncul di perhimpunan yang sama dimana Dia menampakkan diri kepada Yohanes di Why 1:13-15, yaitu, dalam jubah imam, bersiap-siap dengan pekerjaan-Nya demi umat-Nya.

Dengar

Program Studi Alkitab

Daniel 10:1-10 (Daniel 10:1-10)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Alkitab Video Bergambar: Daniel 10 (Daniel 10)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!