Baca

2 Tawarikh 9:1-31

Ratu Syeba Mengunjungi Salomo

9:1 Ketika Ratu Syeba mendengar kabar tentang Salomo, dia datang ke Yerusalem untuk menguji Salomo dengan pertanyaan-pertanyaan yang sulit. Dia datang dengan pasukan pengiring yang sangat besar serta unta-unta yang membawa rempah-rempah, banyak emas, dan batu permata yang berharga. Ketika dia bertemu dengan Salomo, dia berbicara dengannya tentang segala sesuatu yang ada dalam hatinya.

9:2 Salomo menjawab semua pertanyaannya. Tidak ada hal yang tersembunyi bagi Salomo yang tidak dapat dia jelaskan kepada ratu itu.

9:3 Ketika Ratu Syeba melihat hikmat Salomo serta istana yang telah dia dirikan,

9:4 makanan di mejanya, cara duduk pegawai-pegawainya, cara pelayan-pelayannya melayani dan berpakaian, serta juru-juru minumannya dan pakaian mereka, dan kurban bakaran yang Salomo persembahkan di bait TUHAN, dia merasa takjub.

9:5 Dia berkata kepada raja, “Kabar yang kudengar di negeriku tentang engkau dan tentang hikmatmu benar adanya.

9:6 Aku tidak memercayai kata-kata mereka sampai aku datang dan melihatnya dengan mataku sendiri. Sesungguhnya, apa yang dikabarkan kepadaku belum sampai setengah dari kebesaran hikmatmu. Engkau melebihi kabar yang kudengar.

9:7 Berbahagialah orang-orangmu, berbahagialah pegawai-pegawaimu, yang selalu melayanimu dan mendengarkan hikmatmu.

9:8 Terpujilah TUHAN, Allahmu, yang berkenan kepadamu sehingga Dia mendudukkanmu di atas takhta-Nya sebagai raja mewakili TUHAN, Allahmu. Karena Allahmu mengasihi orang Israel dan hendak mengukuhkan mereka untuk selama-lamanya, Dia menjadikan engkau raja atas mereka untuk menegakkan keadilan dan kebenaran.”

9:9 Ratu Syeba memberikan kepada raja 120 talenta emas, rempah-rempah yang sangat banyak, dan batu permata yang berharga. Tidak pernah ada lagi rempah-rempah sebanyak yang Ratu Syeba berikan kepada Raja Salomo.

9:10 Terlebih lagi, hamba-hamba Huram dan hamba-hamba Salomo yang membawa emas dari Ofir juga membawa kayu cendana dan batu permata yang berharga.

9:11 Raja membuat kayu cendana itu menjadi tangga-tangga untuk bait TUHAN dan istana raja, serta membuat kecapi dan gambus bagi para penyanyi. Hal-hal seperti itu belum pernah dilihat sebelumnya di tanah Yehuda.

9:12 Raja Salomo memberikan kepada Ratu Syeba semua yang dia inginkan dan dia minta, melebihi yang dibawa ratu itu untuk raja. Lalu, ratu itu berbalik dan pulang ke negerinya bersama para hambanya.

Kekayaan Salomo

9:13 Berat emas yang diberikan kepada Salomo dalam satu tahun adalah 666 talenta emas,

9:14 belum termasuk yang dibawa oleh saudagar-saudagar dan para pedagang. Semua raja Arab dan gubernur-gubernur di negeri itu juga membawa emas dan perak kepada Salomo.

9:15 Raja Salomo membuat 200 perisai besar dari emas tempaan. Dan, 600 syikal emas tempaan dia pakai pada setiap perisai besar.

9:16 Dia juga membuat 300 perisai kecil dari emas tempaan. Tiga ratus syikal emas tempaan dia pakai pada setiap perisai kecil. Raja meletakkan semua itu di dalam gedung “Hutan Lebanon”.

9:17 Raja juga membuat takhta besar dari gading dan melapisinya dengan emas murni.

9:18 Takhta itu memiliki enam tingkat dengan tumpuan kaki dari emas yang dilekatkan pada takhta itu. Pada masing-masing sisi tempat duduk itu ada sandaran-sandaran tangan. Di samping sandaran-sandaran tangan itu berdiri dua patung singa.

9:19 Dua belas patung singa itu berdiri di atas enam tingkat itu pada sisi yang satu dan sisi yang lain. Barang seperti itu belum pernah dibuat di kerajaan mana pun.

9:20 Semua perlengkapan minuman Raja Salomo terbuat dari emas dan semua barang di gedung “Hutan Lebanon” juga terbuat dari emas murni. Perak dianggap tidak berharga pada zaman Salomo.

9:21 Sebab, raja memiliki kapal-kapal yang berlayar ke Tarsis bersama orang-orang Huram. Tiga tahun sekali, kapal-kapal dari Tarsis itu datang dengan membawa emas, perak, gading, kera, dan burung merak.

9:22 Raja Salomo lebih besar dari semua raja di bumi dalam kekayaan dan hikmatnya.

9:23 Semua raja di bumi berusaha menghadap Salomo untuk mendengarkan hikmat yang telah Allah letakkan dalam hatinya.

9:24 Masing-masing dari mereka membawa persembahannya, yaitu barang-barang perak, barang-barang emas, pakaian, senjata, rempah-rempah, kuda, dan bagal. Demikianlah yang terjadi tahun demi tahun.

9:25 Salomo juga mempunyai 4.000 kandang bagi kuda-kuda dan kereta-keretanya dan 12.000 pasukan berkuda yang dia tempatkan di kota-kota kereta dan bersama raja di Yerusalem.

9:26 Dia memerintah atas semua raja, mulai dari Sungai Efrat sampai tanah orang Filistin dan sampai perbatasan Mesir.

9:27 Raja membuat perak di Yerusalem sama seperti batu, dan membuat pohon aras sama banyaknya seperti pohon ara di dataran rendah.

9:28 Kuda untuk Salomo didatangkan dari Mesir dan dari semua negeri lain.

Salomo Meninggal

9:29 Riwayat Salomo selebihnya, dari awal hingga akhir, bukankah semua itu tertulis dalam kitab Nabi Natan dan dalam nubuat Ahia, orang Silo itu, serta dalam penglihatan-penglihatan Ido, si pelihat itu, mengenai Yerobeam, anak Nebat?

9:30 Salomo memerintah di Yerusalem atas seluruh Israel selama empat puluh tahun.

9:31 Lalu, Salomo dibaringkan bersama leluhurnya dan dikuburkan di kota Daud, ayahnya. Rehabeam, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Ratu Syeba mengunjungi Salomo

Isi Pasal

Salomo dan ratu Syeba. Pendapatannya dan kemegahannya.

Garis Besar

9:1 Ratu Syeba mengagumi hikmat Salomo.
9:13 Penghasilan Salomo berupa emas.
9:15 Perisai-perisainya.
9:17 Takhta dari gading.
9:20 Kapal-kapalnya.
9:23 Pemberian-pemberian yang diperolehnya.
9:25 Kereta-kereta dan kuda-kudanya.
9:26 Upetinya.
9:29 Pemerintahan Salomo dan kematiannya.

Judul Perikop

Kunjungan ratu negeri Syeba (9:1-12)
Penghasilan Salomo dan kekayaannya (9:13-28)
Salomo mati (9:29-31)

Tokoh

Allah, Salomo, ratu Syeba.

Nama dan Tempat

Ahia, Allah, Arab, Daerah Bukit, Daud, Efrat, Filistin, Huram, Ido, Israel, kota Daud, Libanon, Mesir, Misraim, Natan, Nebat, Ofir, Rehabeam, Salomo, Silo, Syeba, Tarsis, TUHAN, Yehuda, Yerobeam, Yerusalem

Kesimpulan

Mereka yang menghormati Allah, akan dihormati oleh-Nya. Cara terbaik untuk mendapatkan kebanggaan atas anugerah kita sekaligus kenikmatan yang penuh atas hal itu adalah mempersembahkannya kepada Allah dan memakainya untuk Dia.

Fakta

Kemilaunya kerajaan Salomo adalah gambaran kemuliaan datangnya kerajaan Kristus dan perwakilan samar akan tahta-Nya yang akan didirikan pada saat Dia datang kembali.

Dengar

Program Studi Alkitab

2 Tawarikh 7:15-9:31 (2 Tawarikh 7:15--9:31)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Tawarikh (1 Tawarikh, 2 Tawarikh)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!