Baca

2 Tawarikh 1:1-17

Salomo Memohon Hikmat

1:1 Salomo, anak Daud, memperkuat kedudukannya atas kerajaannya. TUHAN, Allahnya, menyertai dia dan menjadikannya sangat besar.

1:2 Salomo berbicara kepada seluruh Israel, kepada pemimpin-pemimpin pasukan seribu dan pasukan seratus, kepada para hakim, dan kepada setiap pemimpin di seluruh Israel, yakni para kepala kaum keluarga.

1:3 Kemudian, Salomo dan seluruh jemaat itu pergi ke bukit pengurbanan di Gibeon, karena di sana ada Tenda Pertemuan yang dibuat oleh Musa, hamba TUHAN itu, di padang belantara.

1:4 Daud telah mengangkut Tabut Perjanjian Allah dari Kiryat-Yearim, karena dia telah mendirikan tenda untuk tabut itu di Yerusalem.

1:5 Namun, mazbah tembaga yang dibuat oleh Bezaleel, anak Uri, anak Hur diletakkan di depan Tenda Suci. Jadi, Salomo dan umat itu pergi ke sana untuk meminta petunjuk TUHAN.

1:6 Di sana, di hadapan TUHAN, Salomo mempersembahkan seribu kurban bakaran di atas mazbah tembaga yang ada di depan Tenda Pertemuan.

1:7 Pada malam itu, Allah menampakkan diri kepada Salomo dan berfirman, “Mintalah apa yang harus Aku berikan kepadamu.”

1:8 Salomo berkata kepada Allah, “Engkau telah menunjukkan kasih setia yang besar kepada Daud, ayahku, dan Engkau telah mengangkatku menjadi raja menggantikan dia.

1:9 Sekarang, ya TUHAN Allah, kiranya janji-Mu kepada Daud, ayahku, dipenuhi karena Engkau telah mengangkatku menjadi raja atas suatu bangsa yang banyaknya seperti debu tanah.

1:10 Sekarang, berikanlah kepadaku hikmat dan pengetahuan supaya aku dapat keluar dan masuk sebagai pemimpin di depan bangsa ini. Sebab, siapakah yang dapat memerintah umat-Mu yang besar ini?”

1:11 Allah berfirman kepada Salomo, “Oleh karena ini yang ada dalam hatimu dan kamu tidak meminta kekayaan, harta benda, kemuliaan, nyawa orang yang membencimu, dan atau umur panjang, tetapi meminta hikmat dan pengetahuan supaya dapat memerintah umat-Ku yang atasnya kamu telah Kuangkat menjadi raja,

1:12 maka hikmat dan pengetahuan itu Kuberikan kepadamu. Selain itu, Aku akan memberikan kekayaan, harta benda, dan kemuliaan yang belum pernah dimiliki raja-raja sebelum kamu dan tidak akan dimiliki oleh seorang pun sesudah kamu.”

1:13 Kemudian, dari bukit pengurbanan di Gibeon, Salomo datang ke Yerusalem. Dan, dari depan Tenda Pertemuan, dia memerintah atas Israel.

Salomo Memperkuat Pasukannya

1:14 Salomo mengumpulkan kereta dan pasukan berkuda. Dia mempunyai 1.400 kereta perang dan 12.000 pasukan berkuda yang dia tempatkan di kota-kota kereta dan di Yerusalem bersama raja.

1:15 Raja membuat emas dan perak di Yerusalem seperti banyaknya batu-batu dan membuat pohon aras sebanyak pohon ara yang ada di dataran rendah.

1:16 Kuda-kuda untuk Salomo dibawa dari Mesir dan dari Kewe. Para pedagang raja membelinya di Kewe dengan harga pasar.

1:17 Mereka pergi dan membawa sebuah kereta dari Mesir seharga 600 syikal perak dan seekor kuda seharga 150 syikal perak. Begitu pula, melalui mereka, kuda dan kereta itu dibawa kepada semua raja orang Het dan kepada raja-raja Aram.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Persembahan korban Salomo

Isi Pasal

Korban persembahan Salomo di Gibeon. Penglihatannya dan doa dan jawaban Allah.

Garis Besar

1:1 Persembahan Salomo yang sangat banyak di Gibeon.
1:7 Pilihan Salomo untuk meminta hikmat dipuji oleh TUHAN.
1:13 Pasukan Salomo dan kekayaannya.

Judul Perikop

Doa Salomo memohon hikmat (1:1-13)
Harta kekayaan Salomo (1:14-17)

Tokoh

Allah, Salomo.

Nama dan Tempat

Allah, Aram, Bezaleel, Daerah Bukit, Daud, Gibeon, Het, Hur, Israel, Kemah Pertemuan, Kemah Suci, Kewe, Kiryat-Yearim, Misraim, Musa, Salomo, TUHAN, Uri, Yerusalem

Kesimpulan

Mereka yang menjadikan dunia ini sebagai tujuan mereka, gagal di dunia yang lain dan tidak pernah puas dengan ini. Mereka yang menjadikan dunia yang lain sebagai tujuannya dan mencari karunia rohani, tidak hanya memperoleh hal-hal ini dengan kepuasan penuh, namun sangat bersukacita di dunia ini dalam perjalanan mereka menuju ke sana.

Fakta

Karakter Kristen yang sesungguhnya terlihat dalam pilihan dan keinginannya. "Apa yang kau minta?"

Dengar

Program Studi Alkitab

2 Tawarikh 1:1-2:5 (2 Tawarikh 1:1--2:5)
Kebenaran Abadi

Nonton

Alkitab Video Bergambar: 2Tawarikh 1 (2Tawarikh 1)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Salomo diperkuat pemerintahannya karena TUHAN  bersamanya dan membuatnya sangat kuat. (2Taw 1:1)
  • Di sana ada kemah pertemuan atau tabernakel yang dibuat Musa di padang gurun, dan mezbah perunggu yang dibuat Bezalel, tetapi tabut Allah telah diambil dari Kiryat-Yearim ke sebuah kemah di Yerusalem. (2Taw 1:2,3,4,5)
  • Salomo menyembah TUHAN di mezbah tembaga dengan mempersembahkan seribu korban bakaran. (2Taw 1:6,7)
  • Salomo meminta TUHAN untuk memberinya kebijaksanaan dan pengetahuan sehingga dia dapat memimpin orang Israel yang banyak jumlahnya. (2Taw 1:8,9,10,11,12)
  • Salomo memiliki 1.400 kereta perang dan dua belas ribu pasukan berkuda, emas dan perak seperti batu banyaknya, dan kayu aras sama banyaknya seperti pohon ara di dataran rendah. (2Taw 1:14,15)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!