Baca

2 Tawarikh 21:1-20

21:1 Yosafat dibaringkan bersama nenek moyangnya dan dikuburkan di samping nenek moyangnya di kota Daud. Yoram, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.

21:2 Saudara-saudaranya, yaitu anak-anak Yosafat, adalah Azarya, Yehiel, Zakharia, Azaraihu, Mikhael, dan Sefaca. Semua itu adalah anak-anak Yosafat, raja Israel.

21:3 Ayahnya memberi mereka banyak pemberian, yaitu perak, emas, dan barang-barang berharga, serta kota-kota berkubu di Yehuda. Namun, dia memberikan kerajaan itu kepada Yoram karena dialah anak sulungnya.

Yoram, Raja Yehuda

21:4 Ketika Yoram memerintah atas kerajaan ayahnya dan memperkuat kedudukannya, dia membunuh semua saudaranya dengan pedang, dan juga beberapa pembesar Israel.

21:5 Yoram berumur 32 tahun ketika dia menjadi raja. Dia memerintah di Yerusalem selama delapan tahun.

21:6 Dia mengikuti jejak raja-raja Israel seperti yang dilakukan keluarga Ahab, sebab anak Ahab menjadi istrinya. Dia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN.

21:7 Namun demikian, TUHAN tidak mau memusnahkan keluarga Daud karena perjanjian yang telah Dia buat dengan Daud. TUHAN telah berjanji akan memberi sebuah pelita kepada Daud dan kepada keturunannya sampai selama-lamanya.

21:8 Pada zaman Yoram, orang Edom memberontak dari kekuasaan Yehuda dan mengangkat seorang raja atas mereka sendiri.

21:9 Kemudian, Yoram maju bersama para panglimanya dan seluruh keretanya. Orang Edom mengepung dia dan para panglima pasukan keretanya, tetapi pada malam hari, dia bangkit dan mengalahkan mereka.

21:10 Demikianlah Edom memberontak melawan kekuasaan Yehuda sampai saat ini. Pada waktu yang sama, Libna juga memberontak melawan kekuasaan Yoram, sebab dia telah meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyangnya.

21:11 Terlebih lagi, dia membuat bukit-bukit pengurbanan di pegunungan Yehuda dan menyebabkan penduduk Yerusalem berzina dan menyesatkan Yehuda.

21:12 Lalu, sepucuk surat dari Nabi Elia sampai kepadanya, yang berbunyi: “Inilah firman TUHAN, Allah Daud, leluhurmu, ‘Karena engkau tidak mengikuti jejak Yosafat, ayahmu, dan jejak Asa, raja Yehuda,

21:13 tetapi hidup mengikuti jejak raja-raja Israel dan menyebabkan Yehuda serta penduduk Yerusalem berzina sama seperti keluarga Ahab berzina, bahkan membunuh saudara-saudaramu dari keturunan ayahmu yang lebih baik daripada dirimu,

21:14 maka TUHAN akan mengirimkan tulah besar atas rakyatmu, anak-anakmu, istri-istrimu, dan harta milikmu.

21:15 Engkau akan menderita sakit parah karena penyakit di dalam perutmu, sampai isi perutmu keluar karena penyakit itu hari demi hari.’”

21:16 Kemudian, TUHAN menggerakkan hati orang-orang Filistin dan orang-orang Arab yang tinggal berdekatan dengan orang Kush untuk melawan Yoram.

21:17 Mereka maju menyerang Yehuda, memasukinya, dan mengangkut seluruh harta benda yang terdapat dalam istana raja, juga anak-anak dan istri-istrinya sehingga tidak ada seorang anak tertinggal padanya, kecuali Yoahas, anak bungsunya.

21:18 Sesudah semuanya itu terjadi, TUHAN memukul perutnya dengan penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

21:19 Selang beberapa waktu, yaitu pada akhir masa dua tahun, isi perutnya keluar karena penyakitnya itu. Dia mati dengan penderitaan yang hebat. Rakyatnya tidak menyalakan api untuknya seperti mereka menyalakan api untuk leluhurnya.

21:20 Yoram berusia 32 tahun saat dia menjadi raja. Dia memerintah di Yerusalem selama delapan tahun. Dia mati tanpa dicintai seorang pun dan dikuburkan di kota Daud, tetapi bukan di pekuburan raja-raja.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pemerintahan Yoram yang jahat

Isi Pasal

Pemerintahan Yoram yang jahat atas Yehuda dan diikuti oleh kemalangan.

Garis Besar

21:1 Yoram, yang menggantikan Yosafat, membunuh saudara-saudaranya.
21:5 Pemerintahannya yang keji.
21:8 Edom dan Libna memberontak.
21:12 Nubuat Elia tentang kejatuhannya di dalam surat.
21:16 Orang Filistin dan Arab menindas dia.
21:18 Penyakitnya yang tidak bisa sembuh, kematiannya yang dikenal buruk, dan pemakamannya.

Judul Perikop

Raja Yoram (21:2-20)

Tokoh

Allah, Yoram, Elia, Libna.

Nama dan Tempat

Ahab, Allah, Arab, Asa, Azarya, Daud, Edom, Elia, Etiopia, Filistin, Israel, kota Daud, Mikhael, Sefaca, TUHAN, Yehiel, Yehuda, Yerusalem, Yoahas, Yoram, Yosafat, Zakharia

Kesimpulan

Manusia yang jahat mendatangkan hukuman atas diri mereka sendiri dan segalanya tentang mereka. Kejahatan membuat manusia tercela bahkan dalam pandangan mereka yang kurang beragama, dan nama orang jahat akan membusuk. (ay. 19)

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

2 Tawarikh 19:1-21:7 (2 Tawarikh 19:1--21:7)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Alkitab Video Bergambar: 2Tawarikh 21 (2Tawarikh 21)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!