Baca

2 Samuel 5:1-25

Daud Menjadi Raja atas Israel

5:1 Seluruh suku Israel datang kepada Daud di Hebron sambil berkata, “Lihatlah, kami ini darah dagingmu.

5:2 Bahkan, pada masa lalu, ketika Saul memerintah atas kami, engkaulah yang memimpin keluar dan membawa masuk orang Israel. TUHAN telah berkata kepadamu, ‘Kamulah yang akan menggembalakan umat-Ku, Israel; dan kamulah yang akan menjadi raja atas Israel.’”

5:3 Semua tua-tua Israel datang menghadap raja di Hebron, dan Raja Daud mengadakan perjanjian di Hebron di hadapan TUHAN. Lalu, mereka mengurapi Daud menjadi raja atas Israel.

5:4 Daud berumur 30 tahun sewaktu menjadi raja, dan dia memerintah selama 40 tahun.

5:5 Di Hebron, dia memerintah atas Yehuda selama 7 tahun enam bulan, dan di Yerusalem dia memerintah selama 33 tahun atas seluruh Israel dan Yehuda.

Daud Menguasai Kota Yerusalem

5:6 Raja dan orang-orangnya pergi ke Yerusalem, melawan orang Yebus penduduk negeri itu. Mereka berkata kepada Daud, “Kamu tidak dapat masuk ke sini. Orang-orang buta dan orang-orang timpang akan menyingkirkanmu.” Mereka berpikir, Daud tidak dapat masuk ke sana.

5:7 Namun, Daud merebut benteng pertahanan Sion, yaitu kota Daud.

5:8 Pada hari itu, Daud berkata, “Siapa yang mengalahkan orang Yebus harus masuk melalui saluran air, sebab orang-orang timpang dan orang-orang buta dibenci oleh hati Daud.” Karena itu, orang berkata, “Orang-orang buta dan orang-orang timpang tidak boleh masuk ke bait.”

5:9 Daud tinggal di benteng pertahanan itu dan menamainya kota Daud. Dia memperkuat sekelilingnya, mulai dari Milo sampai ke arah dalam.

5:10 Makin lama, Daud semakin besar, sebab TUHAN, Allah semesta alam, menyertainya.

5:11 Hiram, raja negeri Tirus, mengirim beberapa pesuruh kepada Daud, dan kayu aras, tukang-tukang kayu, serta tukang-tukang batu. Mereka membangun istana bagi Daud.

5:12 Daud mengetahui bahwa TUHAN mengukuhkannya menjadi raja atas Israel dan mengangkat kerajaannya karena umat-Nya, Israel.

5:13 Sesudah datang dari Hebron, Daud mengambil lagi beberapa gundik dan istri di Yerusalem, dan lahirlah lagi anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan bagi Daud.

5:14 Inilah nama anak-anak yang lahir baginya di Yerusalem: Syamua, Sobab, Natan, Salomo,

5:15 Yibhar, Elisua, Nefeg, Yafia,

5:16 Elisama, Elyada, dan Elifelet.

Daud Berperang Melawan Orang Filistin

5:17 Ketika orang-orang Filistin mendengar bahwa Daud telah diurapi menjadi raja atas Israel, semua orang Filistin pergi untuk menangkap Daud. Ketika Daud mendengar hal itu, dia pergi ke benteng pertahanan.

5:18 Orang-orang Filistin itu datang dan menyebar di Lembah Refaim.

5:19 Lalu, Daud bertanya kepada TUHAN, “Haruskah aku maju untuk melawan orang Filistin itu? Akankah Kauserahkan mereka ke dalam tanganku?” TUHAN menjawab Daud, “Majulah, sebab Aku pasti menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu.”

5:20 Daud datang ke Baal-Perasim dan mengalahkan mereka di sana. Daud berkata, “TUHAN menerobos musuh-musuhku di depanku seperti air menerobos.” Itulah sebabnya, orang menamai tempat itu Baal-Perasim.

5:21 Orang-orang Filistin meninggalkan berhalanya di sana, lalu Daud dan orang-orangnya mengangkatnya.

5:22 Lalu, orang-orang Filistin maju sekali lagi dan menyebar di Lembah Refaim.

5:23 Daud bertanya kepada TUHAN, dan jawab-Nya, “Jangan maju. Kelilingilah mereka sampai ke belakang mereka dan seranglah mereka dari seberang pohon-pohon kertau.

5:24 Setelah kamu mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, kamu harus bertindak cepat, sebab pada waktu itu TUHAN keluar di depanmu untuk mengalahkan pasukan orang Filistin.”

5:25 Lalu, Daud melakukan seperti yang diperintahkan TUHAN sehingga dia mengalahkan orang Filistin, dari Geba sampai ke dekat Gezer.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Usia dan bertahtanya Daud

Isi Pasal

Daud menjadi raja atas Israel. Perang melawan Filistin.

Garis Besar

5:1 Segala suku Israel datang ke Hebron dan mengurapi Daud menjadi raja atas Israel.
5:4 Usia Daud.
5:6 Dia merebut Sion dari orang Yebus, tinggal di sana.
5:11 Hiram mengirim utusan kepada Daud.
5:13 Sebelas anak laki-laki lahir baginya di Yerusalem.
5:17 Daud, dipimpin oleh TUHAN, membunuh orang Filistin di Baal-Perasim;
5:22 dan lagi di pohon-pohon kertau.

Judul Perikop

Daud menjadi raja atas seluruh Israel (5:1-5)
Daud merebut Yerusalem dan menetap di sana (5:6-10)
Istana dan rumah tangga Daud (5:11-16)
Daud memukul kalah orang Filistin (5:17-25)

Tokoh

Allah, Daud, Huram.

Nama dan Tempat

Allah, Baal-Perasim, Daud, Elifelet, Elisama, Elisua, Elyada, Filistin, Geba, Gezer, Hebron, Hiram, Israel, kota Daud, Milo, Natan, Nefeg, Refaim, Salomo, Saul, Sion, Sobab, Syamua, Tirus, TUHAN, Yafia, Yebus, Yehuda, Yerusalem, Yibhar

Kesimpulan

Mereka yang memiliki Tuhan semesta alam tidak perlu takut terhadap apa yang dilakukan oleh manusia ataupun setan terhadap mereka. Jika kita berkembang menjadi besar dan meraih banyak kemenangan, kita hanya bisa menganggap kemajuan kita itu berasal dari kebaikan Allah bersama kita.

Fakta

Daud dikenal sebagai raja dalam tiga arti. (1) tubuh mereka, ay. 1. Kristus, Mat 25:40. (2) pemimpin mereka di dalam peperangan, ay. 2. Kristus, Yos 5:13-15. (3) dirancang oleh Allah, ay. 2. Demikian juga Kristus, Rm 3:25. Sebagaimana Daud memiliki tiga pengurapan; satu oleh Allah, satu oleh Yehuda dan satu oleh semua suku, demikianlah Kristus diurapi pada saat pembaptisan-Nya, akan diterima oleh orang Yahudi dan nanti oleh seluruh bangsa.

Dengar

Program Studi Alkitab

2 Samuel 4-5 (2 Samuel 4:1--5:25)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: 2 Samuel (2 Samuel)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!