Baca

2 Samuel 4:1-12

Isyboset Dibunuh

4:1 Ketika anak Saul mendengar bahwa Abner sudah mati di Hebron, keberanian hatinya hilang dan seluruh Israel menjadi cemas.

4:2 Anak Saul mempunyai dua orang kepala pasukan. Yang satu bernama Baana dan yang kedua bernama Rekhab. Mereka adalah anak Rimon dari Beerot, keturunan Benyamin. Sebab, Beerot termasuk daerah Benyamin.

4:3 Orang Beerot melarikan diri ke Gitaim dan menjadi pendatang di sana sampai saat ini.

4:4 Yonatan, anak Saul, memiliki anak laki-laki yang kakinya cacat. Dia berumur 5 tahun ketika berita mengenai Saul dan Yonatan datang dari Yizreel. Pada waktu itu, dia diangkat oleh inang pengasuhnya, lalu melarikan diri. Namun, karena lari terburu-buru, dia terjatuh dan menjadi timpang. Namanya adalah Mefiboset.

4:5 Anak-anak Rimon, orang Beerot itu, yaitu Rekhab dan Baana, pergi, dan pada waktu panas terik mereka sampai ke rumah Isyboset, yang sedang berbaring di tempat tidurnya siang itu.

4:6 Mereka masuk sampai ke bagian tengah rumah, lalu berpura-pura mengambil gandum. Lalu, mereka menikam perutnya, lalu Rekhab dan Baana, kedua saudara itu, melarikan diri.

4:7 Mereka masuk ke dalam rumah itu ketika dia berbaring di atas tempat tidurnya, di dalam kamar tidurnya. Mereka membunuhnya dan memenggal kepalanya, lalu membawa kepalanya dan pergi melalui Araba-Yordan sepanjang malam.

4:8 Kepala Isyboset dibawa kepada Daud di Hebron, dengan berkata kepada raja, “Inilah kepala Isyboset, anak Saul, musuhmu, yang menginginkan nyawamu. Pada hari ini, TUHAN menyerahkan pembalasan kepada Tuanku Raja atas Saul dan keturunannya.”

4:9 Daud menjawab Rekhab dan Baana, saudaranya, anak-anak Rimon, orang Beerot itu, katanya, “Demi TUHAN yang hidup, yang telah membebaskan jiwaku dari segala kesukaran!

4:10 Ketika ada yang memberitahukan dengan mengatakan bahwa Saul sudah mati, meski tadinya dia memandang dirinya sebagai pembawa kabar baik, tetapi aku menangkap dan membunuhnya di Ziklag. Dengan demikian, aku memberikan upah atas kabarnya.

4:11 Terlebih lagi sekarang, ketika orang-orang fasik membunuh seorang benar di rumahnya, di atas tempat tidurnya, tidakkah aku akan menuntut darahnya dari tangan kalian dan melenyapkan kalian dari bumi?”

4:12 Lalu, Daud memerintahkan anak buahnya untuk membunuh mereka. Tangan dan kaki mereka dipotong, kemudian mayatnya digantung di tepi telaga di Hebron. Kepala Isyboset diambil, lalu dikuburkan di dalam kubur Abner di Hebron.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Isyboset dibunuh

Isi Pasal

Pembunuhan atas Isyboset.

Garis Besar

4:1 Orang Israel merasa susah atas kematian Abner,
4:2 Baana dan Rekhab membunuh Isyboset, dan membawa kepalanya ke Hebron.
4:9 Daud menyuruh orang-orang untuk membunuh mereka, dan kepala Isyboset dikuburkan.

Judul Perikop

Isyboset dibunuh (4:1-12)

Tokoh

Daud, Isyboset, Mefiboset, Baana, Rekhab.

Nama dan Tempat

Abner, Araba-Yordan, Baana, Beerot, Benyamin, Daud, Gitaim, Hebron, Israel, Isyboset, Mefiboset, Rekhab, Rimon, Saul, TUHAN, Yizreel, Yonatan, Ziklag

Kesimpulan

Dosa membunuh mendatangkan kutukan, dan jika manusia tidak membalasnya, Allah akan melakukannya.

Fakta

ay. 9. Allah sampai di sini menolong dia di dalam kesulitan-kesulitannya dan menuju ke tahta, karena itu Daud akan bersandar pada Dia dan bukan pada alat manusia untuk menyelesaikan tujuan-Nya. Kiranya ini mengajarkan kepada kita bahwa Yesus Kristus sedang menuju tahta, bukan dengan tarikan manusia di dalam masa kerajaan seribu tahun tetapi oleh tangan Allah sendiri.

Dengar

Program Studi Alkitab

2 Samuel 4-5 (2 Samuel 4:1--5:25)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: 2 Samuel (2 Samuel)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!