Baca

2 Samuel 17:1-29

Nasihat Ahitofel tentang Daud

17:1 Ahitofel berkata kepada Absalom, “Izinkanlah aku memilih dua belas ribu orang, maka aku akan bangkit dan mengejar di belakang Daud pada malam ini juga.

17:2 Aku akan datang kepadanya saat dia lesu dan lemah semangatnya, lalu mengejutkannya. Karena itu, seluruh rakyat yang menyertainya akan melarikan diri dan aku akan mengalahkan raja sendiri.

17:3 Aku akan mengembalikan seluruh rakyat itu kepadamu, seperti mengembalikan seseorang kepada suaminya. Sebab, engkau menginginkan seluruh rakyat menjadi selamat.”

17:4 Perkataan itu dianggap baik dalam pandangan Absalom dan dalam pandangan semua tua-tua Israel.

17:5 Lalu, Absalom berkata, “Panggillah juga sekarang Husai, orang Arki itu, dan biarlah kita mendengarkan apa yang dia katakan.”

Husai Merusak Nasihat Ahitofel

17:6 Husai datang kepada Absalom, lalu Absalom berkata kepadanya, katanya, “Demikianlah nasihat yang diucapkan Ahitofel. Akankah kita melakukan nasihatnya? Jika tidak, katakanlah.”

17:7 Husai berkata kepada Absalom, “Kali ini, nasihat yang diberikan oleh Ahitofel tidak baik.”

17:8 Husai berkata lagi, “Engkau mengetahui bahwa ayahmu dan orang-orangnya adalah pejuang. Selain itu, mereka sakit hati serupa beruang yang kehilangan anak di padang. Ayahmu adalah seorang prajurit sejati, yang tidak akan tidur bersama rakyatnya.

17:9 Tentulah sekarang dia bersembunyi di salah satu lubang atau di salah satu tempat. Apabila ada yang tewas pada penyerangan pertama kemudian kabar itu terdengar, maka ada yang akan berkata, ‘Rakyat yang mengikut Absalom sudah menderita kekalahan.’

17:10 Karena itu, orang-orang yang perkasa sekalipun, yang hatinya seperti hati singa, akan menjadi tawar dan luluh. Sebab, seluruh Israel mengetahui bahwa ayahmu seorang pahlawan dan orang-orang yang menyertainya adalah orang-orang gagah berani.

17:11 Karena itu, aku menasihatkan supaya semua orang Israel, dari Dan sampai Bersyeba, berkumpul kepadamu, seperti pasir di tepi laut banyaknya. Engkau sendiri harus pergi dalam pertempuran.

17:12 Ketika kita mendatanginya di salah satu tempat, yaitu di tempatnya berada, maka dia jatuh seperti embun ke bumi. Dia maupun salah seorang yang menyertainya tidak dapat meloloskan diri.

17:13 Jika dia mundur ke suatu kota, dia akan diikat dengan tali oleh seluruh Israel di kota itu. Lalu, kita akan menyeretnya sampai ke sungai hingga batu kecil pun tidak akan terdapat lagi di sana.”

17:14 Absalom dan setiap orang Israel berkata, “Lebih baik nasihat Husai, orang Arki itu, daripada nasihat Ahitofel.” TUHAN memutuskan untuk menggagalkan nasihat dari Ahitofel yang lebih baik sehingga TUHAN dapat mendatangkan celaka kepada Absalom.

Husai Memperingatkan Daud

17:15 Lalu, Husai berkata kepada Zadok dan kepada Abyatar, para imam itu, “Ahitofel telah menasihatkan ini dan itu kepada Absalom dan kepada para tua-tua Israel. Sementara itu, aku juga menasihatkan ini dan itu.

17:16 Sekarang, suruhlah segera seseorang untuk memberi tahu Daud, katakanlah, ‘Jangan bermalam di tempat-tempat penyeberangan ke padang belantara. Namun, segeralah menyeberang supaya jangan ditelan habis oleh raja dan seluruh rakyat yang menyertainya.’”

17:17 Yonatan dan Ahimaas menunggu di En-Rogel. Jika ada seorang budak perempuan pergi dan memberi tahu mereka, mereka pergi untuk memberi tahu Raja Daud. Sebab, mereka tidak boleh terlihat memasuki kota.

17:18 Akan tetapi, seorang anak melihat mereka dan memberitahukannya kepada Absalom. Jadi, keduanya segera pergi dan masuk ke rumah seseorang di Bahurim yang memiliki sumur di halamannya. Lalu, mereka turun ke dalamnya.

17:19 Perempuan itu mengambil kain tudung, lalu membentangkan sehelai kain tudungan di atas mulut sumur itu dan menaburkan butir-butir gandum ke atasnya. Tidak ada seorang pun yang mengetahuinya.

17:20 Orang-orang Absalom datang kepada perempuan itu di rumahnya dan bertanya, “Di manakah Ahimaas dan Yonatan?” Perempuan itu menjawab, “Mereka sudah menyeberang anak sungai.” Mereka mencari, tetapi tidak menemukannya. Lalu, mereka kembali ke Yerusalem.

17:21 Ketika orang-orang itu sudah pergi, mereka keluar dari sumur, lalu pergi untuk memberi tahu Raja Daud. Mereka berkata kepada Daud, “Bangkitlah dan seberangilah sungai ini dengan segera, sebab Ahitofel telah menasihatkan ini dan itu melawan engkau.”

17:22 Lalu, Daud dan seluruh rakyat yang menyertainya bangkit, lalu menyeberangi Sungai Yordan. Pada waktu fajar, tidak ada seorang pun yang tertinggal yang belum menyeberangi Sungai Yordan.

Ahitofel Bunuh Diri

17:23 Ketika Ahitofel menyadari bahwa nasihatnya tidak dituruti, dia memasang pelana di keledainya, lalu kembali ke rumahnya, ke kotanya. Dia mengatur urusan rumah tangganya, lalu menggantung diri. Dia mati dan dikuburkan dalam kuburan ayahnya.

Absalom Menyeberangi Sungai Yordan

17:24 Daud sampai ke Mahanaim. Sementara itu, Absalom dan seluruh orang Israel yang menyertainya menyeberangi Sungai Yordan.

17:25 Absalom mengangkat Amasa untuk menggantikan Yoab mengepalai tentara. Amasa adalah anak dari seorang bernama Yitra, orang Ismael, yang telah memperistri Abigail, anak Nahas, saudara perempuan Zeruya, ibu Yoab.

17:26 Lalu, orang Israel dan Absalom berkemah di tanah Gilead.

Sobi, Makhir, dan Barzilai

17:27 Ketika Daud sampai di Mahanaim, Sobi anak Nahas, dari kota Raba, keturunan orang Amon, dan Makhir anak Amiel dari Lo-Debar, serta Barzilai, orang Gilead, dari Rogelim,

17:28 membawa tempat tidur, tempayan, periuk-periuk, gandum, jelai, tepung, gandum sangrai, kacang babi, kacang merah besar, kacang merah kecil,

17:29 madu, lemak, kambing domba, dan keju dari sapi, untuk Daud dan orang-orang yang menyertainya. Sebab, mereka berkata, “Orang-orang sudah lapar, lelah, dan haus di padang belantara.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Ahitofel gantung diri

Isi Pasal

Nasihat Ahitofel dan Husai yang berseberangan.

Garis Besar

17:1 Nasihat Ahitofel digagalkan oleh nasihat Husai, sesuai dengan petunjuk TUHAN.
17:15 Utusan rahasia dikirim kepada Daud.
17:23 Ahitofel menggantung diri.
17:25 Amasa diangkat menjadi kepala tentara.
17:27 Daud di Mahanaim diberi perbekalan.

Judul Perikop

Nasihat Ahitofel digagalkan oleh nasihat Husai (17:1-14)
Daud ke Mahanaim (17:15-29)

Tokoh

Allah, Daud, Absalom, Ahitofel, Husai, Sobi, Makhir, Barzilai, Ahimaas, Yonatan, Amasa, Yoab.

Nama dan Tempat

Abigal, Absalom, Abyatar, Ahimaas, Ahitofel, Amasa, Amiel, Amon, Arki, Bahurim, Barzilai, Bersyeba, Dan, Daud, En-Rogel, Gilead, Husai, Ismael, Israel, Lodebar, Mahanaim, Makhir, Nahas, Raba, Rogelim, Sobi, TUHAN, Yerusalem, Yitra, Yoab, Yonatan, Yordan, Zadok, Zeruya

Kesimpulan

Merupakan penghiburan bagi semua orang yang takut akan Allah bahwa Dia memiliki tangan yang menolak semua nasihat dan pendapat negatif dalam segala keputusan, dan menertawai perbuatan manusia yang melawan orang-orang yang diurapi-Nya.

Fakta

Absalom adalah gambar dari Mesias palsu, yang akan mengumpulkan pasukan melawan Kristus Daud yang Agung (Why 19:19), menemui kekalahannya dalam terang kedatangan Kristus.

Dengar

Program Studi Alkitab

2 Samuel 17-18 (2 Samuel 17:1--18:33)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: 2 Samuel (2 Samuel 1-24)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Saran Ahitofel adalah agar pasukan besar melakukan serangan mendadak terhadap Daud di malam hari ketika dia lelah dan lemah, dan membawa kembali semua orang untuk mereka pimpin. (2Sam 17:1,2,3,4)
  • Husai mengatakan rencananya tidak baik. (2Sam 17:5,6,7)
  • Karena pada serangan pertama dan pembunuhan orang-orang Absalom, bahkan para prajurit yang paling berani pun akan menjadi takut ketika pembunuhan itu akan memproklamirkan pembantaian terhadap tentara Absalom. (2Sam 17:9,10)
  • Husai menasihati Absalom untuk mengumpulkan seluruh orang Israel bersama-sama dan pergi berperang sendiri sehingga mereka dapat menemukan Daud dan membunuhnya serta semua orangnya. (2Sam 17:11,12)
  • Mereka mengatakan bahwa itu adalah nasihat yang lebih baik daripada apa yang diberikan Ahitofel kepada mereka. (2Sam 17:14)
  • Pesannya adalah bahwa Daud seharusnya tidak berkemah di tempat penyeberangan di Arabah, tetapi menyeberanglah sehingga dia dan orang-orangnya tidak akan terbunuh malam itu. (2Sam 17:16)
  • Seorang pelayan perempuan akan memberi tahu dua laki-laki yang kemudian akan memberi tahu Raja Daud tentang rencana Absalom. (2Sam 17:17)
  • Kedua laki-laki itu pergi dan turun ke sebuah sumur di halaman seorang laki-laki. (2Sam 17:18)
  • Istri laki-laki itu menutup sumur untuk menyembunyikan kedua laki-laki itu dan ketika orang-orang Absalom datang mencari mereka, dia memberi tahu para tentara bahwa kedua laki-laki itu telah menyeberangi sungai. (2Sam 17:19,20)
  • Orang-orang itu keluar dari sumur dan pergi untuk memberi tahu Raja Daud agar menyeberangi Sungai Yordan agar dia dan orang-orangnya selamat. (2Sam 17:21,22)
  • Ahitofel pulang ke kotanya sendiri, mengurus urusannya, dan menggantung dirinya. (2Sam 17:23)
  • Tiga laki-laki datang dengan persediaan dan makanan buat Daud dan orang-orangnya agar digunakan untuk tidur, memasak, dan makan. (2Sam 17:27,28,29)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!