Baca

Maleakhi 3:1-18

3:1 “Lihat, Aku mengirim utusan-Ku dan akan mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dan, TUHAN, yang kamu cari itu, akan datang dengan tiba-tiba di rumah-Nya! Dan, utusan perjanjian yang kamu rindukan itu, lihatlah, dia akan datang,” TUHAN semesta alam berfirman.

3:2 “Namun, siapakah yang dapat tahan pada hari kedatangan-Nya? Dan, siapa yang sanggup berdiri ketika Dia menampakkan diri? Sebab, Dia seperti api pemurni emas dan seperti sabun orang yang mencuci.

3:3 Dia akan duduk bagaikan orang yang memurnikan dan membersihkan perak, lalu Dia akan membersihkan keturunan Lewi dan memurnikan mereka seperti emas dan perak supaya mereka dapat mempersembahkan persembahan dalam kebenaran kepada TUHAN.

3:4 Dengan demikian, persembahan Yehuda dan Yerusalem akan menyenangkan bagi TUHAN seperti pada zaman dahulu dan seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

3:5 Kemudian, Aku akan datang mendekatimu dalam penghakiman dan Aku akan segera bersaksi menentang para tukang sihir, dan menentang para pezina, dan menentang orang-orang bersumpah palsu, dan menentang orang-orang yang memeras upah pekerja upahan, janda, dan anak yatim, dan yang memutarbalikkan hak orang asing, dan yang tidak takut kepada-Ku,” TUHAN semesta alam berfirman.

Teguran untuk Bertobat

3:6 “Sebab, Akulah TUHAN, Aku tidak berubah. Oleh sebab itu, kamu, hai Keturunan Yakub, tidak akan dilenyapkan.

3:7 Sejak zaman nenek moyangmu, kamu telah menyimpang dari ketetapan-ketetapan-Ku dan tidak memeliharanya. Kembalilah kepada-Ku, maka Aku akan kembali kepadamu,” TUHAN semesta alam berfirman. “Namun, kamu bertanya, ‘Bagaimana kami harus kembali?’”

3:8 “Dapatkah manusia merampok Allah? Namun, kamu sudah merampok-Ku! Akan tetapi, kamu bertanya, ‘Bagaimana kami telah merampok Engkau?’ Dalam hal persepuluhan dan persembahan.

3:9 Kamu dikutuk dengan kutukan, tetapi kamu masih menipu Aku, bahkan seluruh bangsa ini!”

3:10 “Bawalah seluruh persepuluhan itu ke rumah perbendaharaan supaya ada makanan di rumah-Ku. Kemudian, ujilah Aku sekarang dalam hal ini,” TUHAN semesta alam berfirman, “apakah Aku tidak akan membukakan tingkap-tingkap langit untukmu dan mencurahkan berkat kepadamu sampai penyimpanannya tidak cukup?”

3:11 “Lalu, Aku akan menghardik hama pelahap bagimu supaya ia tidak merusak hasil tanahmu, demikian juga anggurmu di ladang tidak akan gugur,” TUHAN semesta alam berfirman.

3:12 “Semua bangsa akan menyebutmu diberkati sebab kamu akan menjadi negeri kesukaan,” TUHAN semesta alam berfirman.

Teguran untuk Melayani Allah

3:13 “‘Perkataanmu kurang ajar terhadap Aku,’ TUHAN berfirman. Namun, kamu bertanya, ‘Apa yang sudah kami katakan terhadap Engkau?’

3:14 Kamu berkata, ‘Sia-sia saja melayani Allah dan apakah untungnya bagi kita untuk memelihara ketetapan-Nya dan berjalan seperti orang yang berkabung di hadapan TUHAN semesta alam?

3:15 Sekarang, kita menyebut orang-orang yang angkuh itu diberkati. Mereka yang melakukan kejahatan itu bermegah, dan mereka juga mencobai Allah itu dapat meluputkan diri.”

3:16 “Kemudian orang-orang yang takut akan TUHAN berbicara satu sama lain, “TUHAN memperhatikan dan mendengarnya, dan sebuah kitab pengingat telah ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan yang menghormati nama-Nya!”

3:17 “Mereka akan menjadi milik-Ku,” TUHAN semesta alam berfirman, “Pada hari Aku menyiapkan milik-Ku yang berharga, Aku akan mengasihani mereka sebagaimana seorang laki-laki mengasihani anaknya yang telah melayaninya.

3:18 Kemudian, kamu akan kembali dan melihat perbedaan antara orang benar dengan orang jahat, antara orang yang melayani Allah dengan orang yang tidak melayani-Nya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Keagungan TUHAN

Isi Pasal

Tugas Yohanes Pembaptis, dan kedatangan Kristus yang pertama diramalkan. Israel dinasihati untuk kembali kepada Allah.

Garis Besar

3:1 Tentang utusan, keagungan, dan kemurahan Kristus.
3:7 Tentang pemberontakan,
3:8 pelanggaran,
3:13 dan ketidaksetiaan umat.
3:16 Janji tentang berkat atas mereka yang takut akan TUHAN.

Judul Perikop

Pembayaran persembahan persepuluhan menyenangkan hati Allah (3:6-12)
Kemenangan terakhir bagi orang benar (3:13-18)

Tokoh

Allah, Kristus, Maleakhi, Yohanes Pembaptis.

Nama dan Tempat

Allah, Lewi, Tuhan, Yakub, Yehuda, Yerusalem

Kesimpulan

Orang-orang yang menyangkali Allah sebagai bagian-Nya dalam keadaan mereka sudah sepantasnya akan mengalami kutukan atas bagian mereka sendiri. Mereka yang merampok Allah merampok/merampas keuntungan dan perlindungan mereka sendiri. Dengan melihat kepastian akan kedatangan Kristus, kita harus melihatnya sehingga tanggung jawab kita kepada Allah seimbang.

Fakta

ay. 1. "Utusan"

Dengar

Program Studi Alkitab

Maleakhi 2:18-3:4 (Maleakhi 3:1-4)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

Alkitab Video Bergambar: Maleakhi 3 (Maleakhi 3)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!