Baca

2 Raja-raja 22:1-20

Yosia dan Kitab Taurat yang Ditemukan Kembali

22:1 Yosia berumur 8 tahun ketika dia menjadi raja dan memerintah selama 31 tahun di Yerusalem. Ibunya bernama Yedida, anak Adaya, dari Bozkat.

22:2 Dia melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan hidup mengikuti seluruh jalan Daud, nenek moyangnya, dengan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri.

22:3 Adapun pada tahun ke-18 pemerintahan raja Yosia, raja menyuruh Safan, anak Azalya, anak Mesulam, juru tulis itu, ke Bait TUHAN dengan berkata,

22:4 “Pergilah kepada Imam Besar Hilkia supaya dia menyerahkan seluruh uang yang dibawa ke dalam Bait TUHAN yang dikumpulkan oleh penjaga-penjaga pintu dari rakyat.

22:5 Biarlah itu diberikan ke dalam tangan orang yang melakukan pekerjaan untuk mengawasi Bait TUHAN, untuk mereka berikan kepada orang-orang yang melakukan pekerjaan yang ada di Bait TUHAN, yaitu mereka yang memperbaiki kerusakan di Bait itu,

22:6 yakni para tukang kayu, tukang bangunan, tukang batu, serta untuk pembelian kayu dan batu pahat untuk perbaikan Bait itu.

22:7 Namun, janganlah mengadakan perhitungan dengan uang yang diberikan ke tangan mereka karena mereka bekerja dengan jujur.”

22:8 Imam Besar Hilkia berkata kepada Safan, juru tulis itu, “Aku telah menemukan Kitab Taurat di Bait TUHAN!” Kemudian, Hilkia memberikan kitab itu kepada Safan dan dia membacanya.

22:9 Safan, juru tulis itu, pergi menghadap raja dan menyampaikan hal itu kepada raja, katanya, “Hamba-hambamu telah mengambil uang yang terdapat di Bait dan memberikannya ke tangan orang yang melakukan pekerjaan mengawasi Bait TUHAN.”

22:10 Safan, juru tulis itu memberitahukan kepada raja, katanya, “Imam Hilkia juga telah memberikan kitab kepadaku.” Lalu, Safan membacakannya di hadapan raja.

22:11 Saat raja mendengar perkataan Kitab Taurat itu, dia mengoyakkan pakaiannya.

22:12 Lalu, raja memerintahkan kepada Imam Hilkia, kepada Ahikam, anak Safan, kepada Akhbor, anak Mikha, kepada Safan, juru tulis, dan kepada Asaya, hamba raja, dengan mengatakan:

22:13 “Pergi dan mintalah petunjuk dari TUHAN untukku, untuk rakyat, dan untuk seluruh Yehuda tentang perkataan dari kitab yang ditemukan ini. Sebab, hebatlah murka TUHAN yang dinyatakan dengan menyala-nyala kepada kita, karena nenek moyang kita tidak mendengarkan perkataan dari kitab ini, dan tidak melakukan sesuai dengan yang tertulis mengenai kita.”

22:14 Lalu, Imam Hilkia, Ahikam, Akhbor, Safan, dan Asaya pergi menemui Nabiah Hulda, istri Salum, anak Tikwa, anak Harhas, yang mengurus pakaian dan tinggal di perkampungan baru di Yerusalem. Lalu, mereka berbicara kepadanya.

22:15 Kemudian, dia berkata kepada mereka, “Inilah firman TUHAN, Allah Israel: Katakanlah kepada orang yang mengutusmu kepadaku,

22:16 ‘Inilah firman TUHAN, ‘Ketahuilah Aku akan mendatangkan malapetaka atas tempat ini dan atas penduduknya seperti perkataan kitab yang telah dibaca raja Yehuda.

22:17 Sebab, mereka telah meninggalkan Aku dan telah membakar dupa kepada ilah lain dengan maksud membangkitkan murka-Ku dengan segala perbuatan tangan mereka. Oleh karena itu, marah-Ku akan menyala-nyala terhadap tempat ini dan tidak akan terpadamkan.’

22:18 Namun, kepada Raja Yehuda yang telah mengutus kamu untuk meminta petunjuk TUHAN, kamu harus berkata kepadanya: Inilah firman TUHAN, Allah Israel: Mengenai perkataan yang telah kamu dengar itu,

22:19 karena hatimu telah lunak dan kamu telah merendahkan diri di hadapan TUHAN pada saat kamu mendengar apa yang Aku katakan terhadap tempat ini dan terhadap penduduknya, bahwa mereka akan mengalami kengerian dan kutuk, dan oleh karena kamu telah mengoyakkan pakaianmu serta menangis di hadapan-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu. Demikianlah firman TUHAN.

22:20 ‘Oleh sebab itu, ketahuilah, Aku akan mengumpulkan kamu kepada nenek moyangmu dan kamu akan dikebumikan di dalam kuburmu dengan damai. Matamu tidak akan melihat semua malapetaka yang akan Aku datangkan atas tempat ini.’” Lalu, mereka kembali kepada raja untuk menyampaikannya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Nubuat nabiah Hulda

Isi Pasal

Pemerintahan Yosia. Memperbaiki rumah TUHAN dan ditemukannya kitab Taurat.

Garis Besar

22:1 Pemerintahan Yosia yang baik di mata TUHAN.
22:3 Dia mengurus perbaikan rumah TUHAN.
22:8 Hilkia menemukan kitab Taurat, Yosia menyuruh orang kepada nabiah Hulda untuk bertanya kepada TUHAN.
22:15 Hulda menubuatkan tentang kehancuran Yerusalem, tetapi tidak terjadi di masa Yosia.

Judul Perikop

Yosia, raja Yehuda -- Kitab Taurat ditemukan kembali (22:1-20)

Tokoh

Allah, Yosia, Hilkia, Safan, Hulda, Ahikam, Akhbor, Asaya.

Nama dan Tempat

Adaya, Ahikam, Akhbor, Allah, Asaya, Azalya, Bozkat, Daud, Harhas, Hilkia, Hulda, Israel, Mesulam, Mikha, Safan, Salum, Taurat, Tikwa, TUHAN, Yedida, Yehuda, Yerusalem, Yosia

Kesimpulan

Alkitab yang tidak dibaca adalah Alkitab yang hilang dan Alkitab yang hilang selalu berarti merosotnya/kemunduran rohani dan kutukan menyertainya. Ketika manusia menemukan Firman Allah, Firman itu dengan segera mendapatkan dia dan mempertobatkan dia dari dosa. Entah dosa yang menjauhkan seseorang dari Alkitab, atau Alkitab yang menjauhkan seseorang dari dosa.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

2 Raja-Raja 21:1-22:11 (2 Raja-raja 21:1--22:11)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

Alkitab Video Bergambar: 2Raja 22 (2Raja 22)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Yosia berjalan mengikuti seluruh jalan Daud leluhurnya, dan dia tidak berpaling ke kanan atau ke kiri. (2Raj 22:2)
  • Yosia ingin Hilkia memberikan uang yang dibawa ke rumah TUHAN kepada para pekerja yang ada di rumah TUHAN. (2Raj 22:3,4,5)
  • Tidak perlu ada pembukuan untuk uang yang diberikan kepada para pekerja, karena mereka menanganinya dengan setia. (2Raj 22:7)
  • Hilkia menemukan kitab hukum di rumah TUHAN. (2Raj 22:8)
  • Ketika raja mendengar kata-kata dari hukum itu, dia merobek pakaiannya. (2Raj 22:11)
  • Hulda tinggal di Yerusalem di perkampungan baru. (2Raj 22:14)
  • TUHAN mendengarkan raja Yehuda karena hatinya lembut, dan karena dia merendahkan dirinya di hadapan TUHAN, dan karena dia merobek pakaiannya dan menangis di hadapan TUHAN. (2Raj 22:19)
  • Matanya tidak akan melihat malapetaka apa pun yang TUHAN akan bawa atas tempat itu dan penghuninya. (2Raj 22:20)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!