Sembunyikan Semua (-)
Baca

1 Petrus 3:1-22

Sikap Para Istri dan Para Suami

3:1 Demikian juga kamu, hai istri-istri, tunduklah kepada suamimu. Sebab, apabila di antara mereka ada yang tidak taat kepada Firman, mereka dapat dimenangkan oleh tingkah laku istrinya tanpa kata-kata,

3:2 sebab mereka melihat betapa murni dan terhormatnya tingkah lakumu.

3:3 Janganlah kecantikanmu berasal dari hiasan luar, misalnya dari mengepang rambut, memakai perhiasan emas, atau memakai pakaian yang mahal-mahal.

3:4 Sebaliknya, hendaklah kecantikanmu berasal dari dalam batinmu, yaitu kecantikan yang tidak dapat layu, yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenang. Itulah yang berharga di mata Allah.

3:5 Sebab, demikianlah perempuan-perempuan kudus pada zaman dahulu, yang menaruh pengharapan mereka kepada Allah, mempercantik diri mereka; yaitu dengan tunduk kepada suami mereka.

3:6 Demikianlah Sara taat kepada suaminya, Abraham, dan memanggilnya ‘tuan’. Kamu adalah anak-anak Sara jika kamu berbuat baik dengan tidak dikuasai oleh rasa takut ketika melakukannya.

3:7 Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bersama istrimu dengan penuh pengertian karena mereka kaum yang lebih lemah. Hormatilah mereka sebagai sesama ahli waris dalam menerima anugerah hidup supaya doa-doamu tidak terhalang.

Menderita karena Berbuat Benar

3:8 Akhirnya, hendaklah kamu semua memiliki kesatuan pikiran, belas kasih, kasih persaudaraan, hati yang lemah lembut, dan kerendahan hati.

3:9 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau makian dengan makian. Sebaliknya, hendaklah kamu memberkati sebab untuk itulah kamu dipanggil, yaitu supaya kamu mewarisi berkat.

3:10 Sebab Kitab Suci berkata, “Barang siapa mencintai hidup, dan ingin melihat hari-hari yang baik, dia harus menjaga lidahnya dari kejahatan, dan bibirnya dari mengucapkan tipu muslihat.

3:11 Ia juga harus menjauhkan diri dari yang jahat dan melakukan yang baik. Hendaklah dia mencari perdamaian, dan berusaha mengejarnya.

3:12 Sebab, mata Tuhan memperhatikan orang-orang benar, dan telinga-Nya mendengarkan doa-doa mereka. Namun, wajah-Nya menentang orang-orang yang melakukan kejahatan.”

3:13 Siapakah yang akan mencelakaimu jika kamu rajin melakukan hal yang baik?

3:14 Namun, seandainya kamu harus menderita demi kebenaran, maka kamu akan diberkati. “Jangan takut dan jangan gentar terhadap mereka yang membuatmu menderita.”

3:15 Akan tetapi, kuduskanlah Kristus sebagai Tuhan dalam hatimu! Siap sedialah untuk memberi jawaban kepada siapa pun yang menuntutmu mengenai pengharapan yang kamu miliki,

3:16 tetapi lakukanlah itu dengan lemah lembut dan hormat, serta milikilah hati nurani yang jernih supaya ketika kamu difitnah, orang yang mencaci cara hidupmu yang baik di dalam Kristus akan menjadi malu.

3:17 Sebab, lebih baik menderita karena berbuat baik, jika itu memang kehendak Allah, daripada menderita karena berbuat jahat.

3:18 Karena Kristus juga telah menderita karena dosa-dosa, sekali untuk semua orang, yang benar mati untuk yang tidak benar, sehingga Ia dapat membawa kita kepada Allah. Dibunuh secara jasmani, tetapi dihidupkan di dalam Roh.

3:19 Dalam Roh, Ia juga pergi dan melakukan pemberitaan kepada roh-roh di penjara,

3:20 yaitu mereka yang dahulu tidak taat ketika Allah dengan sabar menanti mereka pada zaman Nuh, sementara Nuh membangun bahteranya. Melalui bahtera itu, hanya sedikit, yaitu delapan orang saja, yang diselamatkan oleh air bah.

3:21 Air bah itu melambangkan baptisan yang sekarang menyelamatkanmu. Baptisan bukan untuk membersihkan kotoran dari tubuh, tetapi merupakan permohonan kepada Allah untuk sebuah hati nurani yang murni melalui kebangkitan Yesus Kristus,

3:22 yaitu Dia yang sekarang telah naik ke surga dan berada di sebelah kanan Allah; setelah semua malaikat, para pemerintah, dan para penguasa ditundukkan kepada-Nya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Tanggung jawab suami dan istri

Isi Pasal

Kewajiban suami dan istri terhadap satu sama lain. Nasihat tentang konsistensi orang Kristen. Pengorbanan Kristus yang dilakukan bagi manusia.

Garis Besar

3:1 Dia mengajarkan tugas istri dan suami terhadap satu sama lain;
3:8 menasihati semua orang untuk bersatu dan mengasihi;
3:14 dan menanggung aniaya.
3:19 Dia juga menyatakan keuntungan Kristus untuk roh-roh di zaman dahulu.

Judul Perikop

Hidup bersama suami isteri (3:1-7)
Kasih dan damai (3:8-12)
Menderita dengan sabar (3:13--4:6)

Tokoh

Allah, Kristus, Roh Kudus, Sara, Abraham.

Nama dan Tempat

Abraham, Allah, Injil, Kristus, Nuh, Sara, Tuhan, Yesus

Kesimpulan

Manusia duniawi merupakan pengamat yang ketat terhadap cara hidup ahli agama. Pembicaraan murni dengan rasa hormat orang Kristen di dalam kehidupan keluarga dan perbuatan orang Kristen yang sungguh terhadap segala hal, mengikuti Tuhan Yesus khususnya dalam teladan penderitaan-Nya demi kebenaran, merupakan alat yang sangat baik untuk memenangkan manusia kepada iman Injil.

Fakta

ay. 18-20. Kata "memberitakan"

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Petrus 2:13-3:1 (1 Petrus 2:13--3:1)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan: 1 Petrus (1 Petrus 1-5)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Mengapa para istri harus tunduk kepada suami mereka? [1Ptr 3:1]
Istri-istri harus tunduk sehingga suami-suami itu yang tidak taat dapat dimenangkan tanpa perkataan. [1Ptr 3:1]
2. Bagaimana para istri memenangkan suami mereka? [1Ptr 3:3,4]
Para istri harus memenangkan mereka dengan diri yang berasal dari hati, bukan perhiasan dari luar. [1Ptr 3:3,4]
3. Wanita kudus mana yang Petrus sebutkan sebagai contoh seorang istri yang memiliki keyakinan pada Allah dan menundukkan diri kepada suaminya? [1Ptr 3:5,6]
Petrus menyebut Sara sebagai contoh. [1Ptr 3:5,6]
4. Mengapa para suami harus hidup bersama istri mereka dengan pengertian? [1Ptr 3:7]
Para suami harus hidup bersama istri mereka dengan pengertian supaya doa-doa mereka tidak terhalangi. [1Ptr 3:7]
5. Mengapa Petrus memerintahkan semua orang-orang asing, yang terpilih, agar memiliki pikiran yang sama, dan terus memberkati? [1Ptr 3:8,9]
Karena mereka semua dipanggil untuk melakukannya, mereka dapat mewarisi sebuah berkat. [1Ptr 3:8,9]
6. Mengapa yang ingin mengasihi hidup menahan lidahnya dari kejahatan, dan berpaling dari apa yang jahat dan melakukan apa yang baik? [1Ptr 3:10,11,12]
Karena mata Tuhan melihat orang-orang benar. [1Ptr 3:10,11,12]
7. Siapa yang diberkati? [1Ptr 3:14]
Mereka yang menderita karena kebenaran diberkati. [1Ptr 3:14]
8. Apa yang disuruh kepada orang percaya untuk dilakukan untuk menjaga keyakinan di dalam Allah? [1Ptr 3:15]
Mereka disuruh untuk menaruh Kristus Tuhan di dalam hatimu sebagai kudus. [1Ptr 3:15]
9. Bagaimana orang percaya harus selalu menjawab semua orang yang bertanya mengenai keyakinan mereka di dalam Allah? [1Ptr 3:15,16]
Mereka harus selalu menjawab dengan lemah lembut dan hormat. [1Ptr 3:15,16]
10. Mengapa Kristus sekali menderita bagi dosa? [1Ptr 3:18]
Kristus sekali menderita supaya Dia dapat membawa Petrus dan orang percaya kepada Allah. [1Ptr 3:18]
11. Mengapa roh-roh yang Kristus pergi berkhotbah dalam roh sekarang berada di dalam penjara? [1Ptr 3:19,20]
Roh-roh yang sekarang berada di dalam penjara tidak taat ketika kesabaran Allah sedang menunggu pada harihari Nuh. [1Ptr 3:19,20]
12. Allah menyelamatkan beberapa orang melalui air melambangkan apa? [1Ptr 3:21]
Ini melambangkan baptisan yang sekarang menyelamatkan orang percaya. [1Ptr 3:21]
13. Saat Yesus ada pada tangan kanan Allah di surga, apa yang malaikat-malaikat, kuasa-kuasa, dan kekuatankekuatan lakukan? [1Ptr 3:22]
Mereka semua harus tunduk kepadaNya. [1Ptr 3:22]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!