Baca

Yoel 1:1-20

Belalang sebagai Hukuman TUHAN

1:1 Firman TUHAN yang datang kepada Yoel anak Petuel:

1:2 Dengarlah ini, hai para tua-tua, perhatikanlah, hai seluruh penduduk negeri! Pernahkah terjadi seperti ini pada zamanmu? Atau, pada zaman nenek moyangmu?

1:3 Ceritakanlah kepada anak-anakmu, dan biarlah anak-anakmu akan menceritakannya kepada anak-anak mereka, dan anak-anak mereka kepada keturunan berikutnya.

1:4 Apa yang ditinggalkan belalang pengerat, telah dimakan belalang pindahan. Apa yang ditinggalkan belalang pindahan, dimakan belalang pelompat. Dan, apa yang ditinggalkan belalang pelompat, dimakan oleh belalang pelahap.

1:5 Bangunlah, hai para pemabuk, dan menangislah. Merataplah, hai semua peminum air anggur karena anggur baru, sebab, anggur itu telah dilenyapkan dari mulutmu.

1:6 Sebab, suatu bangsa telah maju menyerang negeriku, kuat dan tidak terhitung banyaknya. Giginya seperti gigi singa, dan taringnya seperti singa betina.

1:7 Ia membuat pohon anggurku menjadi tandus, dan menjadikan pohon araku buntung. Ia mengelupas kulitnya, lalu melemparkannya; sehingga cabang-cabangnya menjadi putih.

1:8 Merataplah seperti anak perawan yang memakai kain kabung karena mempelai masa mudanya.

1:9 Kurban persembahan dan kurban curahan telah lenyap dari Bait TUHAN. Para imam berkabung, para pelayan TUHAN.

1:10 Ladang musnah, tanah berkabung; karena gandum sudah dimusnahkan, buah anggur menjadi kering, dan minyak sudah menipis.

1:11 Malulah, hai para petani; merataplah, hai para pekerja kebun anggur, karena gandum dan karena jelai, sebab tuaian ladang sudah musnah.

1:12 Pohon anggur menjadi kering, dan pohon ara layu. Pohon delima, juga pohon kurma, dan pohon apel, semua pohon di ladang sudah mengering. Sungguh, kegirangan menjadi layu di antara anak-anak manusia.

1:13 Kenakanlah kain kabung dan merataplah, hai para imam, merataplah, hai para pelayan mazbah. Masuk dan bermalamlah dengan kain kabung, hai para pelayan Allahku, sebab kurban persembahan dan kurban curahan sudah ditahan dari Bait Allahmu.

Kerusakan Akibat Belalang

1:14 Adakanlah puasa, serukanlah hari raya perkumpulan kudus, kumpulkanlah para tua-tua dan seluruh penduduk negeri ke Bait TUHAN Allahmu, dan berserulah kepada TUHAN.

1:15 Aduh, hari itu! Sebab, hari TUHAN sudah dekat, datang sebagai pembinasaan dari Yang Mahakuasa.

1:16 Bukankah di hadapan mata kita, sudah lenyap makanan, sukacita dan sorak-sorai dari Bait Allah kita.

1:17 Biji-bijian menjadi kering di dalam tanah, tempat perbendaharaan ditinggalkan. Lumbung-lumbung dihancurkan karena gandum sudah mengering.

1:18 Betapa binatang mengeluh, dan kawanan sapi gempar karena tidak ada lagi padang rumput bagi mereka. Dan, kawanan domba menanggung hukuman.

1:19 Kepada-Mu, TUHAN, aku berseru, karena api telah melahap padang rumput di padang gurun, nyala api membakar hangus pohon-pohon di ladang

1:20 Bahkan, hewan-hewan di padang menjerit kepada-Mu karena air di alur-alur sungai telah kering, dan api telah melahap tanah gembalaan di padang gurun.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Berbagai hukuman dari TUHAN

Isi Pasal

Peringatan Yoel tentang ketandusan atas Israel, dan seruan untuk bertobat. Tulah serangga.

Garis Besar

1:1 Yoel, menyampaikan berbagai penghukuman TUHAN, menasihati agar memperhatikan mereka,
1:8 dan untuk berkabung.
1:14 Dia menetapkan puasa yang kudus untuk mencela penghukuman itu.

Judul Perikop

Judul (1:1-1)
Tulah belalang sebagai hukuman TUHAN (1:2--2:11)

Tokoh

Allah, Yoel.

Nama dan Tempat

Allah, Petuel, TUHAN, Yoel

Kesimpulan

Orang-orang yang tidak mau dibangkitkan dari rasa aman mereka melalui Firman Allah akhirnya akan dibangkitkan dengan tongkat-Nya, karena Dia memiliki ciptaan-Nya yang paling jahat tunduk pada perintah-Nya, dan jika Dia menghendaki Dia bisa merendahkan dan mempermalukan umat yang memberontak melalui ciptaan yang paling rendah. Bahkan belalang akan menjadi seperti singa ketika dipersenjatai dengan tugas ilahi.

Fakta

Nubuat ini mencari penggenapannya yang penuh sampai akhir-waktu dari masa sekarang (Why 14, 16, 19). Yoel memberikan pandangan yang paling lengkap tentang penggenapan dari semua nubuat yang ditulis tentang kesengsaraan Israel dan kemuliaan akhir di bawah Kristus.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yoel Introduksi: 1:3 (Yoel 1:1)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: ()

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!