Baca

Obaja 1:1-21

Nubuat tentang Edom

1:1 Penglihatan Obaja. Inilah firman Tuhan ALLAH mengenai Edom: Kami telah mendengar kabar dari TUHAN, dan seorang utusan telah dikirim di antara bangsa-bangsa, katanya, “Bangkitlah, dan mari kita bangkit berperang melawannya!”

1:2 “Lihat, Aku akan membuatmu kecil di antara bangsa-bangsa, kamu akan sangat dihina.

1:3 Keangkuhan hatimu telah menipumu, kamu yang tinggal di celah-celah batu, di tempat kediaman yang tinggi. Kamu berkata dalam hatimu, ‘Siapa yang akan menurunkan aku ke tanah?’

1:4 Sekalipun kamu terbang tinggi seperti burung rajawali, sekalipun kamu meletakkan sarangmu di antara bintang-bintang, dari sana pun Aku akan membawamu turun,” Firman TUHAN.

1:5 “Kalau perampok datang kepadamu pada malam hari betapa kamu akan dibinasakan! Akankah mereka hanya mencuri secukupnya saja? Jika pemetik buah anggur datang kepadamu, bukankah mereka akan meninggalkan sisa-sisa petikan?

1:6 Betapa kaum Esau digeledah, betapa harta bendanya yang tersembunyi akan dicari-cari!

1:7 Semua teman sekutumu akan mengusirmu sampai ke perbatasan, semua sahabat-sahabatmu akan menipumu dan menang melawanmu. Mereka yang makan rotimu akan memasang jebakan untuk kamu. Kamu tidak akan menyadarinya.”

1:8 “Pada hari itu,” kata TUHAN, “Aku akan membinasakan orang-orang bijaksana dari Edom dan orang-orang berpengertian dari Pegunungan Esau.

1:9 Lalu, para pejuangmu, hai Teman, akan gentar. Pada akhirnya, semua orang dari Pegunungan Esau akan mati dibantai.

1:10 Oleh kekerasan terhadap saudaramu, Yakub, kamu akan dirundung malu, dan kamu akan diputus untuk selama-lamanya.

1:11 Pada hari kamu berdiri di seberang, pada hari itu orang-orang tidak dikenal mengangkut kekayaannya, dan orang-orang asing melewati pintu gerbangnya, dan membuang undi atas Yerusalem, kamu adalah salah seorang dari mereka.

1:12 Akan tetapi, jangan kamu memandang rendah saudaramu pada hari ia menjadi orang asing. Jangan kamu bergembira atas anak-anak Yehuda pada hari kehancurannya. Juga, jangan berbicara dengan bangga. pada hari kesedihannya.

1:13 Kamu seharusnya tidak masuk ke pintu gerbang umat-Ku pada hari malapetakanya. Betul, kamu seharusnya tidak memandang remeh pada penderitaannya pada hari malapetakanya. Juga, jangan mengambil barang-barangnya, pada hari malapetakanya.

1:14 Kamu seharusnya tidak berdiri di persimpangan jalan untuk menghalangi di antara orang-orang yang terluput, dan kamu seharusnya tidak menyerahkan mereka yang tertinggal pada hari kesesakannya.

1:15 Karena Hari TUHAN sudah dekat atas semua bangsa. Sama seperti yang kamu telah lakukan, demikianlah akan dilakukan kepadamu, perbuatanmu akan berbalik menimpa kepalamu sendiri.

1:16 Sebab, sebagaimana kamu telah minum di gunung-Ku yang kudus, biarlah segala bangsa akan minum terus-menerus. Ya, mereka akan minum dan meneguk, dan mereka tidak akan seperti sebelumnya.

Sion Terluput dari Hukuman TUHAN

1:17 Akan tetapi, di atas Gunung Sion akan ada pembebasan, akan ada kekudusan; dan kaum keturunan Yakub akan menduduki tanah miliknya.

1:18 Keturunan Yakub akan menjadi api dan keturunan Yusuf menjadi nyala api, dan keturunan Esau akan menjadi jerami. Mereka akan terbakar di dalamnya Dan, tidak akan ada yang selamat yang tinggal di rumah Esau, demikianlah TUHAN telah berfirman.

1:19 Orang-orang di selatan akan memiliki Pegunungan Esau, orang-orang dari dataran rendah akan menduduki tanah orang Filistin. Mereka akan menduduki ladang Efraim dan ladang Samaria, dan suku Benyamin akan memiliki daerah Gilead.

1:20 Orang-orang Israel yang tertangkap akan memiliki tanah orang Kanaan sampai ke Zarfat, dan orang-orang Yerusalem yang tertangkap, yang berada di Sefarad, akan memiliki kota-kota di selatan.

1:21 Penyelamat-penyelamat akan naik ke Gunung Sion, untuk menghakimi Pegunungan Esau, kerajaan akan menjadi milik TUHAN.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kehancuran Edom disebabkan kesombongan dan kekerasan mereka

Isi Pasal

Penghinaan Edom karena berdosa terhadap umat Allah.

Garis Besar

1:1 Kehancuran Edom,
1:3 karena kesombongan mereka,
1:10 dan karena kekerasan terhadap Yakub.
1:17 Keselamatan dan kemenangan Yakub.

Judul Perikop

Nubuat tentang Edom (1:1-16)
Keluputan hanya di Sion (1:17-21)

Tokoh

Allah, Obaja.

Nama dan Tempat

ALLAH, Benyamin, Daerah Bukit, Edom, Efraim, Esau, Filistin, Gilead, Israel, Kanaan, Negeb, Obaja, Samaria, Sefarad, Sion, Teman, TUHAN, Yakub, Yehuda, Yerusalem, Yusuf

Kesimpulan

Jika manusia dalam kesombongan dan rasa aman duniawi mereka berani menantang yang maha kuasa, tantangan mereka akan diterima, dan Allah akan dengan cepat merendahkan mereka. Allah tidak akan membuat manusia menderita untuk menjadi sombong dengan penghinaan terhadap umat-Nya, ataupun merasa senang melihat penderitaan mereka.

Fakta

ay. 17. Setelah hari pembalasan, yang untuknya Kristus datang ke bumi, janji pembebasan dan penyucian umat akan digenapi. Kerajaan-kerajaan di dunia nantinya akan menjadi kerajaan-kerajaan milik Tuhan dan Kristus-Nya, yang akan memiliki kuasa-Nya yang besar, dan memerintah.

Dengar

Program Studi Alkitab

Obaja Introduksi: 1:11 (Obaja 1:1)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Obaja (Obaja 1)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • TUHAN mengirim seorang utusan ke antara bangsa-bangsa untuk membuat bangsa-bangsa bangkit untuk berperang melawan Edom. (Ob 1:1)
  • Orang Edom memiliki keangkuhan di hati mereka dan percaya bahwa mereka tidak dapat dijatuhkan ke tanah. (Ob 1:3)
  • Orang-orang yang bersekutu dengan Edom akan menipu dan mengkhianati Edom. (Ob 1:7)
  • Edom akan diliputi rasa malu dan dibinasakan untuk selama-lamanya karena kekerasan yang dilakukan Edom kepada saudaranya Yakub. (Ob 1:10)
  • Pada hari itu, orang-orang asing memasuki gerbang Yerusalem dan mengangkut kekayaannya. (Ob 1:11)
  • TUHAN menyuruh Edom untuk tidak menertawakan, bersukacita, atau menjarah kekayaan Yehuda pada hari kesukarannya. (Ob 1:12,13)
  • TUHAN mengatakan bahwa perbuatan Edom sendiri akan berbalik menimpa kepala Edom. (Ob 1:15)
  • Beberapa di Gunung Sion akan dapat terluput meskipun ada kesulitan di Yehuda. (Ob 1:17)
  • Tidak akan ada orang yang selamat di Edom setelah penghakiman TUHAN. (Ob 1:18)
  • Mereka yang berasal dari tanah Negeb kemudian akan memiliki gunung Esau. (Ob 1:19)
  • Gunung Esau kemudian akan dihakimi dari gunung Sion. (Ob 1:21)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!